Banking

Serba-serbi Pegadaian, dari Gadai Barang Hingga Naik Haji

Ajaib.co.id – Pegadaian adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana secara tunai dengan cepat. Namun mekanisme pemberian pinjaman uang ini berbeda dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Sebab, ketika kamu ingin mendapatkan pinjaman uang, kamu perlu menyiapkan aset yang ingin dijadikan sebagai jaminan.

Saat ini, sudah tidak sulit rasanya bila kamu ingin mengajukan pinjaman uang melalui mekanisme kredit dengan jaminan. Lantaran, kini sudah semakin menjamurnya perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat seperti PT Pegadaian (Persero), PT Indogold Solusi Gadai, PT Jawa Barat Gadai, dll.

Untuk PT Pegadaian (persero) merupakan perusahaan gadai milik pemerintah, sedangkan PT Indogold Solusi Gadai dan PT Jawa Barat Gadai, adalah perusahaan milik swasta. Tercatat per 31 Oktober 2019, terdapat 23 perusahaan gadai milik swasta yang sudah mengantongi izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sedangkan 47 perusahaan gadai swasta lainnya berstatus terdaftar di OJK.

Oleh karenanya, saat kamu hendak mengajukan pinjaman uang di perusahaan gadai, kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan gadai tersebut sudah berlisensi atau terdaftar di OJK. Sebab, banyak kasus penipuan yang bermunculan mengenai perusahaan gadai bodong di Indonesia. Salah satunya adalah penerapan tingkat bunga yang sangat tinggi sehingga mencekik keuangan para peminjam di tempat gadai tersebut.

Selain itu, kamu bisa juga dirugikan oleh perusahaan gadai ilegal dengan penentuan harga barang yang kamu jadikan jaminan tidak sesuai dengan tingkat kewajaran, di mana banyak kasus hal ini akan berujung terhadap hilangnya barang-barangmu sebagai jaminan yang digadaikan kembali oleh perusahaan-perusahaan gadai bodong tersebut.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin melakukan transaksi gadai, salah satu tempat gadai yang Ajaib rekomendasikan adalah PT Pegadaian (persero) atau lebih dikenal oleh masyarakat sebagai Pegadaian. Mengapa? Sebab, Pengadaian adalah perusahaan gadai milik pemerintah yang sudah memiliki izin dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di mana hal ini bisa menjadi salah satu faktor jaminan keamanan, kualitas dan mutu pelayanan di tempat gadai tersebut. Berikut produk-produk Pegadaian yang perlu kamu ketahui:

Produk PT Pegadaian (Persero)

Di perusahaan gadai seperti Pegadaian, kamu akan ditawarkan dengan berbagai produk yakni pembiayaan, emas, dan aneka jasa lainnya. Selain kamu menggadaikan barang-barang milikmu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan produk atau layanan yang kamu pilih.

Misalnya saja, kamu memilih produk pembiayaan Pegadaian Arrum Haji, kamu akan mendapatkan pembiayaan untuk pendaftaran haji melalui tabungan haji dengan cara menggadaikan emas milikmu.

Kamu hanya perlu menggadaikan jaminan emas minimal Rp7.000.000 serta bukti SA BPIH SPPH & buku tabungan haji, kamu bisa memperoleh pinjaman Rp25.000.000 dalam bentuk tabungan haji.

Keunggulan dari produk Pegadaian Arrum Haji antara lain:

· Emas dan dokumen haji akan tersimpan aman.

· Mendapatkan langsung tabungan haji dan bisa digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji.

· Biaya pemeliharaan barang jaminan terjangkau.

· Jaminan emas milikmu bisa kamu gunakan untuk pelunasan biaya haji saat lunas.

Pegadaian Arrum Haji ini merupakan salah satu produk Pegadaian Syariah yang bisa kamu pilih tentunya dengan setoran yang ringan dengan memperhitungkan prinsip-prinsip syariah.

Pegadaian tidak hanya melayani untuk kegiatan pembiayaan saja, melainkan kamu juga bisa menabung emas dengan mudah melalui layanan Tabungan Emas, serta pengiriman uang melalui layanan Pegadaian Remittance.

Apakah Proses Pegadaian Hanya Bisa Dilakukan di Tempat?

Di era digitalisasi seperti saat ini, untuk mempersingkat waktumu saat ingin melakukan gadai barang-barang berharga, kamu bisa menggunakan dan memanfaatkan layanan Pegadaian Digital.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu perlu mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store dan App Store. Berikut langkah-langkahnya menggunakan Pengadaian Online via aplikasi:

· Aktifkan aplikasi Pegadaian Digital yang sudah kamu unduh di ponsel pintar milikmu, kemudian pilih menu Gadai di halaman home.

· Lalu klik menu Booking Service, setelahnya pilih jenis barang yang ingin digadai. Misalnya kamu ingin gadai perhiasaan, kamu bisa pilih menu Perhiasaan.

· Selanjutnya kamu perlu mengisi data tentang barang perhiasanmu yang ingin digadai, lalu kamu perlu upload foto dari perhiasaanmu tersebut, kemudian klik Selanjutnya.

· Kemudian akan muncul pada layar ponselmu terkait informasi atau lokasi gerai Pegadaian yang terletak paling dekat dengan posisimu saat ini. Kamu bisa pilih lokasi gerai yang kamu inginkan, lalu klik Selanjutnya.

· Selanjutnya, kamu perlu mengisi tanggal dan waktu kedatangan, dan klik Selanjutnya. Kamu akan mendapatkan nomor pengajuan gadai.

· Langkah terakhir, kamu perlu datang langsung ke lokasi gerai yang kamu pilih sebelumnya sesuai dengan tanggal dan waktu kedatangan dengan membawa ponselmu dan barang yang ingin digadai tersebut. Setelah kamu tiba di sana, kamu akan disambut dan dibantu oleh customer service untuk membantu pencairan danamu.

Bagi kamu yang ingin gadai barang melalui layanan Pegadaian Digital, layanan ini hanya menerima 8 jenis barang berharga seperti perhiasaan, tabungan emas, dan kendaraan. Untuk barang yang ingin kamu gadai bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini.

Pegadaian Bukan Hanya untuk Tempat Gadai Saja

Dengan banyaknya beragam produk pembiayaan yang bersifat produktif seperti untuk tabungan haji, pendaftaran haji, tabungan emas dan lainnya, Pegadaian bukan hanya dijadikan sebagai dewa penyelamat saja. Pegadaian juga berperan penting dalam mengedukasi nasabahnya terkait tujuan finansial yang ingin dicapai, bukan hanya digunakan untuk hal-hal konsumtif saja namun dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan positif seperti untuk biaya naik haji.

Bacaan menarik lainnya:

Lynch, A. W., & Musto, D. K. (2003). How investors interpret past fund returns. The Journal of Finance, 58(5), 2033-2058


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait