Banking

Sinarmas Internet Banking, Solusi Terbaik bagi Milenial

bank sinarmas

Ajaib.co.id – Pernahkah kamu dengar nama Sinarmas? Familiar banget kan? Ya, meskipun masa ngetopnya agak jauh ke belakang di tahun 2000-an. Meski begitu, untuk menjangkau targetnya saat ini, bank swasta dari bisnis Group Sinarmas ini hadir dengan Sinarmas Internet Bankin yang menjadi solusi bagi nasabah milenialnya.

Mengenal Bank Sinarmas

PT Bank Sinarmas Tbk didirikan pada tahun 2005. Kala itu PT. Sinar Mas Multiartha Tbk yang beroperasi di bawah group usaha Financial Services, mengambil alih PT. Bank Shinta Indonesia yang didirikan pada tahun 1989.

Selanjutnya PT. Bank Shinta Indonesia berubah nama menjadi Bank Sinarmas, dan tepat pada 13 Desember 2006 melakukan Initial Public Offering dan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia.

Guna mempertahankan daya saing di industri bank swasta Indonesia, pada tahun 2007 Bank Sinarmas memfasilitasi teknologi perbankan Phone Banking, Internet Banking, dan Automatic Teller Machine (ATM).

Nama Grup Sinar Mas selalu menjadi buah bibir. Kesuksesan, dosa, dan stigma lama bisnis konglomerasi yang dirintis Eka Tjipta Widjaja ini selalu bangkit lagi, meski jatuh berkali-kali, hingga kerap merajai headline media tanah air. Malah hingga kini pun, masih tercatat sebagai salah satu grup usaha terbesar di tanah air. 

Sinar Mas Group goyah di 2001 akibat menanggung utang USD13,5 miliar dari bisnis kelapa sawit serta pulp and paper, dan mereka menyalahkan sepenuhnya pada harga pasar internasional yang saat itu terjun bebas, ditambah country rating Indonesia juga sudah sangat rendah.

Meski begitu, kini Sinarmas kembali bangkit dan membuktikan bahwa mereka mampu bertahan di era milenial ini dengan memberikan layanan Sinarmas Internet Banking.

Mengenal Internet Banking Sinarmas

Sama dengan layanan internet banking bank lainnya, Sinarmas Internet Banking merupakan layanan yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah Bank Sinarmas untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, di mana pun dan kapan pun.

Dengan layanan ini, kamu sebagai nasabah Sinarmas bisa memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan mulai dari pengecekan saldo tabungan, transfer uang, histori transaksi, informasi kartu kredit, pembayaran berbagai tagihan, hingga layanan administrasi perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang.

Layanan Internet Banking Sinarmas

Untuk Internet Banking dari Sinarmas ini, kamu bisa menikmati dua pilihan produk perbankan, yaitu personal banking dan business banking.

1. Personal banking

Layanan ini diberikan untuk kebutuhan yang sifatnya personal atau pribadi seperti tabungan, penerimaan gaji atau hasil usaha, pengajuan kartu kredit, investasi di reksa dana, proteksi lewat bancassurance, serta pengajuan pinjaman.

2. Business banking

Layanan ini ditujukan bagi perusahaan yang memerlukan layanan perbankan untuk kebutuhan bisnis. Di mana, layanan ini menyediakan penagihan tagihan penjualan barang, pengiriman uang di dalam maupun ke luar negeri, giro, valuta asing, ekspor impor, dan pinjaman modal untuk membantu operasional perusahaan.

Kedua jenis produk layanan ini semua diberikan untuk kemudahan, keamanan, serta kenyamanan bertransaksi para nasabahnya. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan berupa token Simaskey maupun SMS token dengan mengirimkan kode One Time Password (OTP) sebagai verifikasi transaksi sehingga menjamin keamanan transaksi online.

Selain itu, Sinarmas Internet Banking juga memiliki fitur yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi secara online seperti:

  • Proses registrasi bisa dilakukan mesin ATM Bank Sinarmas.
  • Username dapat dibuat sesuai keinginan.
  • Memberikan informasi saldo dan riwayat transaksi (mutasi rekening) 10 hari terakhir.
  • Memudahkan proses transfer dana tanpa harus ke ATM secara online baik antar rekening maupun antar bank.
  • Memberikan informasi serta layanan administrasi bagi pemilik Kartu Kredit Bank Sinarmas.
  • Memberikan informasi produk investasi berupa reksa dana dan bancassurance.
  • Melakukan berbagai pembayaran tagihan dari rekening pribadi, seperti pembayaran tagihan telepon, internet, asuransi, kartu kredit, PLN, PAM, pajak, cicilan atau angsuran di Simas Finance maupun transfer melalui Virtual Account dengan mudah dan secara real time.
  • Membuka rekening tabungan maupun deposito secara online.
  • Membuka rekening tabungan maupun deposito syariah.
  • Memberikan akses untuk administrasi perbankan, seperti penggantian kata sandi, mendaftarkan nomor rekening agar memudahkan proses transfer ke rekening yang paling sering digunakan, hingga memberikan layanan penutupan rekening secara online.

Keunggulan & Kelemahan Internet Banking Sinarmas

Ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari layanan Sinarmas Internet Banking.

1. Keunggulan

  • Memberikan layanan pembukaan dan penutupan rekening secara online.
  • Sistem yang terintegrasi dengan berbagai produk dan layanan grup Sinarmas, seperti proses pembayaran premi Asuransi Sinarmas, kartu kredit Sinarmas, dan cicilan pinjaman KTA Sinarmas.
  • Menyediakan aplikasi mobile banking yang merupakan pengembangan dari layanan Sinarmas Internet Banking untuk layanan yang lebih personal.

2. Kekurangan

Meskipun sudah terintegrasi dengan berbagai layanan dari grup Sinarmas, namun kamu belum bisa mengajukan pinjaman secara langsung melalui sistem internet banking.

Selain itu, kamu tidak ada akses untuk pembelian surat berharga negara maupun akses pada AKSes (Acuan kepemilikan sekuritas) dan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) bagi para investor pasar modal.

Layanan ini juga belum terintegrasi bagi nasabah bank sehingga harus memiliki keanggotaan berbeda di masing-masing perusahaan.

Limit transaksi internet banking Sinarmas

Jenis TransaksiMin/ Transaksi (Rp)Max/ Transaksi (Rp) Min/ Hari (Rp)
Transfer ke Rekening Sendiri1.000Tidak Ada LimitTidak Ada Limit
Transfer ke Rekening Bank Sinarmas Nasabah Lain1.0002.000.000.0002.000.000.000
Transfer ke Rekening Bank Lainvia SKNvia RTGSvia Jaringan ATM1.000100.000.0011.000500.000.0001.000.000.00025.000.000500.000.0005.000.000.00050.000.000

*Limit transaksi menggunakan Otentikasi SMS OTP adalah Rp500 juta / transaksi

Cara Mengaktifkan Layanan Internet Banking Sinarmas

Untuk dapat menikmati layanan dan fitur ini, kamu harus melakukan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu. Yuk ikuti caranya di bawah ini.

  1. Datang ke ATM Bank Sinarmas.
  2. Masukkan kartu ATM, Pilih menu “Lainnya”.
  3. Pilih menu “Registrasi Ibank”.
  4. Masukkan PIN ATM.
  5. Masukkan PIN Registrasi baru.  
  6. Masukkan kembali Pin Registrasi baru.  
  7. Tampil layar konfirmasi sukses.
  8. Registrasi berhasil, ambil bukti struk registrasi dan kartu ATM.
  9. Di struk tercetak kode aktivasi : ACT-******************** (Contoh : ACT-81711031811919913).

Setelah berhasil mendaftar melalui ATM, maka langkah selanjutnya adalah proses aktivasi.

  1. Lakukan aktivasi melalui ibank Sinarmas.
  2. Masukkan Username : ACT-******************** (Contoh : ACT-abc1919919).
  3. Masukkan Password : PIN registrasi baru yang di ATM (6 digit angka).
  4. Klik Login.
  5. Masukkan e-mail yang masih aktif sesuai yang terdaftar di sistem Bank Sinarmas.
  6. Masukkan Nomor Handphone yang terdaftar di sistem Bank Sinarmas.
  7. Klik “Kirim”.
  8. Segera cek email, lalu klik hyperlink aktivasi Internet Banking di surel kamu.
  9. Masukkan SMS Token yang dikirimkan ke nomor handphone kamu. Jika kamu belum terima SMS Token dapat menekan tombol “Resend SMS”.
  10. Klik “Kirim”.
  11. Buat user name / login name sebanyak 8 s/d 20 karakter (Kombinasi huruf dan angka).
  12. Buat password  sebanyak 8 s/d 20 karakter (Kombinasi huruf dan angka).
  13. Masukkan kembali password.
  14. Klik Aktifkan.
  15. Tampil layar konfirmasi, klik “Konfirmasi”.
  16. Tampil layar sukses, nasabah bisa pilih “Tutup” atau “Lakukan Transaksi”.

Itulah beberapa hal mengenai Sinarmas Internet Banking yang bisa jadi solusi buat kamu para milenial. Nah, karena layanan ini belum bisa membantu kamu membuka reksa dana atau rekening saham tapi kamu ingin memilikinya, kamu bisa coba mendaftar di Ajaib.

Di Ajaib, kamu bisa memulai investasi baik reksa dana maupun saham, kapan dan di mana saja. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memulai investasi dengan modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan. Ajaib tetap jadi pilihan keren untuk kaum milenial! Yuk investasi sekarang!

Artikel Terkait