Milenial

Cara Mengetahui Terjemahan Indonesia Inggris Menyenangkan

cara belajar bahasa inggris

Ajaib.co.id – Bagi orang dewasa, belajar terjemahan Indonesia Inggris sangat menantang sekaligus melelahkan. Hal itu terjadi bisa karena salah metode belajar. Coba ikuti 10 cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan berikut ini.

Menonton film

Apakah kamu hobi nonton film? Kalau iya, menonton film berbahasa Inggris merupakan salah satu cara cepat belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan. Karena selain bisa melihat film, kamu juga bisa belajar bahasa, khususnya mengenai percakapan sehari-hari. Baik bahasa formal, non formal, termasuk frasa.

Kamu bisa menonton film berbagai genre. Namun jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan percakapan yang tidak terlalu cepat dan artikulasi jelas, coba tonton film animasi atau anak-anak. Jangan lupa ajak adik atau keponakan menonton film animasi biar lebih seru.

Media menonton pun banyak. Apalagi saat ini terdapat layanan video on demand. Sebut saja Netflix, iflix, Hooq, dan GoPlay. Fitur layanan tersebut bisa diatur menggunakan terjemahan bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

Melihat video YouTube

Melihat video di YouTube bisa menjadi pilihan belajar bahasa Inggris. Lihat video apapun di sana, tetapi pilih yang berbahasa Inggris. Misalnya tutorial makeup, review game, vlog jalan-jalan hingga kuliner. Beberapa vlogger Indonesia juga membahas tentang cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Seperti Nessie Judge dan Sacha Stevenson. Jadi paket datamu tak terbuang sia-sia melihat vlog edukatif mereka.

Selain YouTube, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial lain, misalnya dengan mengikuti artis melalui Instagram dan belajar dari setiap postingan mereka. Untuk membuat kamu belajar bahasa inggris secara mudah ini bisa jadi salah satu cara. Kenapa? Karena dalam diri kamu ada ketertarikan sehingga kamu bisa mempelajarinya dengan mudah.

Mendengarkan lagu

Terkadang mendengarkan lagu membuat seseorang semangat belajar atau semakin produktif bekerja. Oleh karena itu, pilih lagu favorit, lalu dengarkan perlahan. Kemudian cari tahu atau terjemahkan lagu tersebut. Kamu bisa membuat kamus sendiri dari lagu yang telah kamu dengar. Untuk mengasah kemampuan bahasa inggrismu dan menambah kosakata baru, kamu bisa mendengarkan dan mencatatnya secara langsung.

Menurut penelitian, lagu dengan lirik repetitif akan mendorong memori seseorang. Hal itu dapat dilihat dari lagu anak-anak, seperti The Wheels on the Bus Go Round and Round. Kalau kamu sudah memahami lagu berbahasa Inggris, mungkin kamu perlu melatih pendengaean dengan audiobook.

Mendengarkan audiobook

Ketika berbicara dengan teman dari negara lain, kamu tidak bisa meminta untuk mengulangi perkataannya. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan audiobook antara lain bisa mengulang kalimat atau kata sampai kamu memahaminya, memilih suara audiobook berdasarkan jenis kelamin, usia, hingga kecepatan berbicara, dan dapat didengarkan di mana saja.

Rutin mendengarkan audiobook membantu kamu dalam mengasah kemampuan listening,. Sehingga ketika diajak ngobrol oleh teman dengan bahasa Inggris, kamu bisa lebih fasih berbahasa Inggris dan mampu memahaminya.

Memiliki teman ngobrol

Ada pepatah yang mengatakan, practice makes perfect. Keterampilan berbahasa Inggris akan semakin sempurna, kalau kamu mempraktikkan setiap hari. Apalagi jika berbicara Inggris setiap hari dengan orang asing (native speaker).

Bagaimana kalau tidak punya teman asing yang native speaker? Ajak ngobrol temanmu yang jago berbahasa Inggris, yang tidak sering mengeluhkan kemampuanmu. Tetapi ia yang mendukung kemajuan dan mau membenarkan tata bahasamu. Alternatif lain, untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu cobalah temukan teman ngobrol di kursus daring (apapun topik kursusnya) berbahasa Inggris.

Belajar di aplikasi

Jika kamu ingin belajar intensif tetapi susah meluangkan waktu, pilih saja kelas bahasa Inggris di aplikasi. Saat ini, banyak aplikasi yang memberikan layanan translate belajar bahasa Inggris di Indonesia. Ada yang gratis, ada pula berbayar. Tetapi harganya pun cukup terjangkau. Di bawah ini adala beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan.

1. Google Translate

Selain bisa diakses lewat websitenya, Google Translate juga memiliki bentuk aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Aplikasi ini juga memiliki hampir seluruh bahasa yang ada di dunia atau setidaknya total 109 bahasa.

2. Bing Translator

Bing Translator merupakan layanan yang dikembangkan oleh Microsoft dan mampu menerjemahkan hingga 5.000 karakter, tersedia dalam 60 bahasa, dan dilengkapi fitur pendeteksi otomatis untuk mempermudah pengguna dalam mengetahui bahasa asli teks sebelum diterjemahkan ke bahasa lain.

3. Yandex Translate

Yandex Translate bisa kamu coba untuk menerjemahkan bahasa asing ke Bahasa Indonesia dan telah tersedia dalam 94 bahasa dan dapat menerjemahkan bahasa sampai batas maksimal 10.000 kata. Aplikasi ini juga dibekali fitur menarik, seperti voice input, on screen keyboard dan auto spelling untuk memperbaiki tulisan yang typo.

4. iTranslate

iTranslate merupakan penyedia jasa penerjemah bahasa asal Austria yang sudah ada sejak 2009 dan mampu menerjemahkan setidaknya 80 bahasa asing.

iTranlsate berbentuk aplikasi sehingga kamu bisa mengunduhnya di smartphone secara gratis. Tampilan yang dimiliki aplikasi ini cukup sederhana dan rapi sehingga mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan dalam offline mode sehingga pengguna tidak perlu mengaksesnya dengan jaringan internet.

5. Oxford Dictionaries

Kini Oxford Dictionaries berkembang mengikuti zaman dengan membuat versi digitalnya. Dengan tampilan situs yang simple, kamu bisa mengakses dan mengetik kata yang ingin diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan sebaliknya dengan mudah.

Tak hanya diterjemahkan, Oxford juga akan memberikan deskripsi yang jelas mengenai kata yang dicari. Selain sebagai translator, layanan ini juga memiliki fitur tambahan seperti tips penulisan dan pribahasa.

Bergabung di forum

Kalau kamu hobi terhadap suatu hal, coba ikut bergabung dalam forum internasional. Ini bukan forum resmi, melainkan forum ngobrol tentang suatu hal. Misal kamu yang suka nge-game bisa bergabung di forum game internasional atau buat penggemar makeup bisa ngobrol ke Ulta atau Sephora.

Dengan demikian kamu akan mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Karena kamu sudah menguasai topiknya. Saatnya kamu tingkatkan percakapanmu. Jangan takut salah.

Membaca buku

Buku tak sekadar memberikan informasi. Ia juga memperlancar kepiawaian dalam berbahasa Inggris. Pilih buku favoritmu dan baca sampai tuntas. Kalau kamu malas membeli buku fisik, ganti dengan e-book. Tetapi lakukan hal ini terus menerus agar kemampuanmu terus terasah.

Tak ada kata terlambat dalam belajar bahasa Inggris. Anak-anak, remaja, maupun orang dewasa bisa mempelajarinya. Pasalnya, seseorang yang menguasai bahasa Inggris akan mendapatkan pendidikan baik, pekerjaan dan gaji tinggi, hingga kesempatan untuk ditugaskan ke luar negeri.

Jika merasa kemampuan berbahasamu payah, coba 10 cara cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan ini.

Artikel Terkait