Asuransi & BPJS

Asuransi Jasindo & Perusahaan Asuransi Lainnya

asuransi jasindo

Ajaib.co.id – Asuransi Jasindo merupakan perusahaan asuransi milik Indonesia yang sudah ada sejak di zaman kolonial Belanda. Bisa dibilang perusahaan asuransi ini sudah banyak berkiprah dalam memajukan pembangunan di Indonesia.

Perusahaa asuransi ini sendiri dulunya bernama NV Assurantie Maatshappij Nederlandern dan Bloom Vander EE yang berdiri sejak tahun 1845. Kedua perusahaan ini didirikan oleh Pemerintah Belanda untuk menunjang urusan Belanda yang saat itu berkuasa di Indonesia. Kedua perusahaan asuransi tersebut berlokasi di Jakarta.

Ketika Indonesia merdeka, atas perintah dari Presiden Soekarno, banyak perusahaan rintisan Belanda yang dinasionalisasikan. Salah satunya adalah kedua perusahaan asuransi Belanda yang telah disebutkan sebelumnya dan berganti menjadi nama Asuransi Jasindo.

Fokus terhadap Pembangunan di Indonesia

Mereka menjadi perusahaan asuransi yang memfokuskan kepada pembangunan yang ada di Indonesia dan sudah memiliki banyak prestasi hingga ke dunia internasional. Hal ini karena kinerja mereka yang baik dalam menyediakan jasa asuransi yang dibutuhkan oleh banyak orang dengan berbagai macam keperluannya.

Tugas Asuransi Jasindo ini menjamin bahwa pembangunan yang ada di Indonesia berjalan dengan lancar, dan jika ada kecelakaan yang terjadi, mereka akan siap berada di depan untuk mengatasi masalah yang terjadi karena kecelakaan tersebut.

Meski berfokus pada pembangunan, tapi asuransi Jasindo memiliki banyak produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kamu bisa memercayakannya pada Jasindo. Di bawah ini adalah produk-produk dari asuransi Jasindo yang patut kamu ketahui:

Jasindo Health

Seperti telah disebutkan sebelumnya, asuransi Jasindo memiliki produk yang beragam, salah satu contohnya adalah produk asuransi kesehatan ini. Asuransi kesehatan ini pun cukup lengkap karena mencakup rawat inap, rawat jalan, medical check up, lalu ada perawatan gigi, operasi, dan masih banyak lagi. Sistem kerjanya juga berbeda dengan BPJS Kesehatan yang harus ada rujukan dari dokter terlebih dahulu.

Jasindo Sekolah

Jika kebanyakan produk asuransi yang berkaitan dengan sekolah adalah untuk tabungan pendidikan masa depan, lain halnya dengan produk Jasindo satu ini yang lebih fokus pada melindungi para siswa dan mahasiswa yang mengalami kecelakaan selama masa sekolah mereka. Premi yang dibayarkan pun cenderung murah dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin mendaftar asuransi ini.

Jasindo Minyak dan Oil Gas

Produk asuransi Jasindo ini menjamin penggantian kecelakaan selama proses kerja di perusahaan minyak dan oil gas. Dan pemberian ganti rugi pun akan disampaikan setelah klaim kecelakaan itu terjadi. Dan sepertinya tidak banyak perusahaan asuransi lain yang menyediakan asuransi khusus seperti ini.

Jasindo Agri

Karena berfokus pada pembangunan Indonesia, maka Jasindo pun berusaha ada di semua sektor pembangunan, termasuk di sektor agri Indonesia. Dengan asuransi ini peternak, petani, dan nelayan akan lebih sejahtera karena ketika mengalami kerugian karena ada kecelakaan, bencana alam, atau hal lain yang merusak sumber mata pencahariannya. Asuransi ini akan membuat mereka merasa lebih aman dalam menjalankan pekerjaan.

Jasindo Aviation dan Satelit

Merupakan salah satu asuransi paling unik yang dikeluarkan oleh Asuransi Jasindo. Asuransi ini melindungi aktivitas penerbangan yang ada di Indonesia dan memberikan perlindungan pada aktivitas satelit yang dimiliki oleh Indonesia. Ketika terjadi kerusakan maka akan ada ganti rugi yang dibayarkan oleh asuransi ini. Seperti yang telah mereka lakukan dulu terhadap salah satu satelit Indonesia yang mengalami pemutakhiran, dan menjadi prestasi yang sangat bagus.

Jasindo Pengangkutan

Asuransi ini menjamin keamanan dan keselamatan ketika pengiriman barang atau benda lainnya dilakukan melalui udara, darat, dan laut. Dengan adanya asuransi ini jika terjadi hal yang tidak diinginkan, akan dilakukan pembayaran ganti rugi sesuai dengan klaim yang dibuat.

Jasindo Mudik

Produk-produk Jasindo memang terbilang unik. Dan ini adalah salah satunya.Produk ini menjamin mereka yang melakukan mudik tetap aman dan nyaman karena jika terjadi masalah yang tidak diinginkan mereka akan mendapatkan ganti rugi. Jasindo Mudik ini bisa digunakan oleh siapa saja, berlaku untuk semua orang yang melakukan mudik di hari raya besar agama mereka.

Jasindo OTO

Produk asuransi ini dikhususkan pada mereka yang memiliki kendaraan bermotor. Asuransi ini berlaku untuk mereka yang mengalami kecelakaan, kendaraannya mengalami kerusakan karena hal lain seperti misalnya kebakaran, dan juga berlaku untuk mereka yang kendaraannya hilang bukan karena kelalaian pribadi. Jadi, jangan ragu untuk mengasuransikan kendaraan yang kamu miliki.

Jasindo Kebakaran

Merupakan asuransi yang dikhususkan pada mereka yang mengalami kerugian akibat kebakaran. Akibat kebakaran ini bermacam-macam seperti akibat kebakaran dari tersambar petir, dari kejatuhan pesawat terbang, ledakan, dan kemudian diperluas lagi menjadi bencana alam yang cukup besar seperti gempa bumi, banjir, kerusuhan, dan berbagai macam bencana besar lainnya.

 Jasindo Rekayasa

Asuransi ini diperuntukkan bagi proyek-proyek besar yang dilakukan oleh rekayasa industri yang sedang melakukan pembangunan. Misalnya saja pembangunan gedung, pembangunan jembatan, pembangunan jalanan. Asuransi seperti ini memang diperlukan ketika melakukan pekerjaan yang cukup berisiko.

Jasindo Travel

Seperti namanya, asuransi ini dikhususkan bagi mereka yang melakukan perjalanan cukup jauh. Asuransi ini berlaku untuk perawatan medis selama dalam perjalanan ketika mengalami jatuh sakit, bantuan darurat karena terjadi bencana alam atau hal lain, dan santunan jika terjadi kecelakaan atau meninggal.

Jasindo Kelautan

Asuransi ini dikhususkan untuk segala kegiatan yang terjadi di laut. Misalnya saja aktivitas pelayaran, aktivitas pengangkutan barang menggunakan laut, dan masih banyak lagi. Kapal yang tenggelam pun bisa diberikan ganti rugi dengan asuransi ini.

Perusaahaan Asuransi Lainnya, selain Jasindo

Selain Jasindo, di Indonesia memiliki banyak perusahaan asuransi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Apa saja perusahaan asuransi terbaik di Indonesia? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Asuransi Prudential

Prudential merupakan salah satu asuransi terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai produk asuransi mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, dan juga investasi. Perusahaan asuransi ini telah beroperasi di Indonesia pada tahun 1995.

2.  Asuransi BNI Life

BNI Life Insurance merupakan salah satu anak perusahaan dari  PT Bank Negara Indonesia (Bank BNI) yang bekerja di sektor asuransi jiwa. Produk asuransi ini sudah ada sejak November 1996 dengan nama Asuransi BNI Jiwasraya, yang bergerak disektor asuransi jiwa. Ini merupakan perusahaan gabungan antara BNI dan Jiwasraya. Kemudian, sejak tahun 2007 sejak Jiwasraya menjual sahamnya, mereka berganti nama menjadi BNI Life Insurance (Asuransi BNI Life)

3. Asuransi Sinarmas

Asuransi ini menjadi salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia dengan beberapa produk asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi mobil dan motor, asuransi perjalanan, dan jenis lainnya.

4. Asuransi Cigna

Asuransi Cigna dari PT Asuransi Cigna adalah perusahaan asuransi jiwa yang berdiri sejak tahun 1990 dan telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan ini merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat.

5. Asuransi AIA

Asuransi AIA atau AIA Financial juga termasuk dalam salah satu daftar perusahaan asuransi yang terdaftar dan serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan menjadi salah satu anak perusahaan dari AIA Group.

6. Asuransi ABDA

Asuransi ABDA dari PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk merupakan perusahaan yang didirikan di Jakarta pada 12 Oktober 1982. Asuransi ini bergerak dibidang asuransi kerugian, dengan beberapa pertanggungan seperti Kebakaran, kendaraan bermotor, pengangkutan, kesehatan, kecelakaan, dan sebagainya.

7. Asuransi AXA Mandiri

Sebagai salah satu perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak tahun 1991, AXA mandiri atau AXA Mandiri Financial Services memiliki beberapa produk asuransi seperti asuransi jiwa, kesehatan, aset dan investasi.

8. Asuransi ACA

Asuransi ACA atau PT Asuransi Central Asia (ACA) menjadi perusahaan yang bergerak dibidang asuransi umum dan telah berdiri sejak tahun 1956 dengan nama Maskapai Asuransi Oriental NV.

9. Asuransi Allianz

Allianz adalah perusahaan multinasional yang bergerak dibidang keuangan dengan bisnis utamanya adalah asuransi. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1890, pada tahun 2013 lalu pernah peringkat ke-25 perusahaan terbesar di dunia menurut majalah Forbes.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait