Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

5 Alasan Utama Lakukan Transaksi di Forum Jual Beli

Forum Jual Beli

Di era yang serba internet ini, sudah pasti membawa dampak yang nyata dalam berbagai bidang. Sebagai contoh, dalam bidang jual beli, makin banyak toko online yang beroperasi. Pembeli dan penjual bisa melakukan transaksi di dunia maya, tanpa perlu bertatap langsung.

Selain melalui toko online, pembeli dan penjual juga bisa bertransaksi melalui sebuah forum. Biasanya, forum itu disebut dengan forum jual beli, biasa disingkat menjadi FJB. Seperti yang sudah diketahui bahwa forum adalah suatu bentuk diskusi antar dua orang atau lebih. Jika kamu aktif di forum jual beli, maka sudah dapat dipastikan topik yang didiskusikan atau dibahas ialah barang-barang yang akan diperjualbelikan.

Adapun keberadaan dari FJB ini semakin diminati karena beberapa alasan. Berikut penjelasan terkait alasan bagi orang-orang yang lebih suka melakukan transaksi jual beli di FJB.

1. Penjual dan pembeli bertemu dengan lebih mudah

Dalam FJB, penjual dan pembeli bisa langsung berdiskusi untuk transaksi jual belinya. Sehingga, respon dari kedua belah pihak bisa dikatakan lebih cepat daripada harus membeli di toko online.

2. Banyak produk barang dan jasa yang tersedia

Keberadaan forum jual beli tidak hanya melayani transaksi barang saja. Namun, transaksi di forum juga ada bisnis yang bergerak dalam bidang jasa. Semua yang dibutuhkan, baik barang maupun jasa sudah tersedia dalam FJB tersebut.

3. Langsung bertemu dengan tangan pertama

Bagi kamu yang sedang mencari barang dengan harga terjangkau, tanpa perlu khawatir harga dinaikkan, maka forum jual beli jadi pilihan yang tepat. Dengan membeli melalui FJB, kamu bisa langsung bertemu dengan tangan pertama. Tangan pertama maksudnya ialah produsen itu sendiri, bukan dari reseller atau dropshipper sehingga harga yang dibayarkan murni harga dari tangan pertama.

4. Bebas menjual barang dan jasa

Selama barang dan jasa yang ditawarkan adalah legal, maka dapat dipastikan bisa dicari di forum. Karena pada padasarnya, keberadaan forum jual beli untuk memudahkan penjual dan pembeli melakukan transaksi baik dalam hal barang atau jasa.

5. Pembeli dapat jaminan keamanan produk

Saat kamu memilih forum jual beli terbaik, berkualitas, dan terpercaya, maka jaminan keamanan produk sudah pasti diperoleh. Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan FJB yang ada. Hal itu karena pada umumnya keberadaan forum tersebut pasti akan mengedepankan jaminan keamanan. Sebab, FJB yang baik secara otomatis akan langsung menghapus produk barang dan jasa yang melanggar syarat dan ketentuan dari forum itu.

Itulah beberapa alasan yang patut dipertimbangkan sebelum transaksi di forum jual beli. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi pelaku bisnis maupun pembeli atau konsumen.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait