Bisnis & Kerja Sampingan

Macam-Macam Usaha Sampingan untuk Berbagai Profesi

jenis usaha sampingan

Ajaib.co.id – Bingung ingin buka usaha sampingan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, dan karyawan seperti kamu? Untuk macam-macam usaha sampingan sesuai profesi, kamu bisa cek d isini

Bisnis usaha sampingan kini bukan hanya dijalankan oleh orang-orang yang sudah tidak aktif bekerja saja, melainkan juga dijalankan oleh para karyawan yang masih aktif bekerja dan berkontribusi terhadap perusahaan.

Tentu saja, saat ini pasti kamu memiliki kesibukan yang berbeda-beda, ada yang berprofesi sebagai karyawan kantor, karyawan pabrik, ibu rumah tangga, bahkan mahasiswa.

Mungkin, kamu berpikir bahwa membuka bisnis usaha sampingan hanya cocok bagi mereka yang memiliki waktu luang yang banyak seperti ibu rumah tangga dan mahasiswa. Namun, anggapan tersebut tidaklah sebenarnya benar. Mengapa?

Karena jenis usaha sampingan yang bisa kamu jalankan saat ini begitu beragam, sehingga kamu tak perlu khawatir harus memutuskan mengundurkan diri terlebih dahulu sebagai karyawan di perusahaan tempat kamu bekerja. Di mana, kamu bisa menjalankan dua peran sekaligus, yaitu sebagai karyawan dan juga wirausaha.

Jenis Usaha Berdasarkan Profesi Kamu

Bagi kamu yang masih bingung untuk memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan. Di bawah ini adalah beberapa jenis usaha sampingan apa yang cocok dengan profesi kamu saat ini, kamu bisa simak artikel menarik berikut.

#1 Usaha Sampingan untuk Karyawan Pabrik

Mungkin bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai karyawan di sebuah pabrik, terkadang memiliki kendala dari segi waktu bekerja. Dikarenakan, biasanya kamu akan sering bekerja over time setiap harinya. Apakah ada jenis usaha sampingan yang cocok bagi karyawan pabrik dengan kendala yang kamu alami tersebut? Berikut ini pilihan bisnis sampingan yang bisa kamu pertimbangkan.

a. Jasa Cuci Sepeda Motor

Untuk membuka jasa cuci motor mudah dan bisa kamu lakukan di hari libur atau setelah pekerjaan selesai. Hanya dengan bermodalkan sabun cuci dan air, kamu bisa menawarkan jasa cuci motor kepada orang di sekitar rumah. Nah, jika dirasa bisnis atau usaha kamu sudah stabil dan berkembang, kamu bisa mulai merencanakan untuk merekrut karyawan dan mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pendapatan yang juga besar.

b. Usaha laundry

Bagi kamu yang masih memiliki waktu luang setelah bekerja, kamu bisa menghasilkan uang tambahan dengan mulai membuka jasa laundry. Untuk membuka jasa ini, kamu hanya membutuhkan modal mesin cuci dan juga detergen serta pengharum baju. Cara memulainya pun mudah, kamu bisa mulai dengan mempromosikan usaha kamu ke orang sekitar dan buatlah tanda di depan rumah bahwa kamu menyediakan jasa laundry. Usaha ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di sekitar kos-kosan mahasiswa ataupun karyawan.

c. Dropship produk fashion

Bagi kamu yang tidak memiliki modal sama sekali dan ingin menjalankan usaha tanpa mengganggu waktu bekerja, kamu bisa mulai dengan menjual produk fashion dan menjadi dropshiper. Hanya bermodalkan handphone dan internet, kamu sudah bisa mulai menjual produk secara online, kapan dan di mana saja tanpa perlu mengganggu pekerjaan kamu.

d. Menjual pulsa

Menjadi seorang karyawan pabrik pasti kamu pernah bukan menemukan teman ataupun karyawan lainnya yang kesulitan membeli pulsa di sekitar. Apalagi biasanya lokasi pabrik akan sedikit berjauhan dengan jalan raya. Hal ini bisa jadi salah satu peluang buat kamu yang ingi membuka usaha jualan pulsa. Selain mendapatkan keuntungan, kamu juga bisa membantu teman-teman kamu ketika membutuhkan pulsa di saat darurat tanpa perlu meninggalkan area pabrik.

Bisnis sampingan untuk karyawan pabrik di atas, bisa kamu jalankan dengan melibatkan orang-orang terdekat seperti anak atau pasangan hidup kamu.

#2 Usaha Sampingan untuk Rumah Tangga

Biasanya ibu-ibu rumah tangga suka sekali membuat makanan untuk suami dan anak-anak tercinta di rumah. Mengapa keahlian ini tidak digunakan oleh kamu sebagai ladang usaha yang menjanjikan. Padahal, usaha makanan memang menjadi salah satu jenis usaha sampingan dengan modal kecil dengan cuan yang lumayan.

Selain membuka usaha kuliner, misalnya dengan membuka jasa catering, membuat kue, dan sebagainya. Selain itu, ibu rumah tangga juga biasanya sering mengisi waktu luang yang dimiliki dengan menjahit. Bukalah jasa menjahit di rumah kamu, di mana kamu bisa memperkenalkan jasa menjahit kamu pertama kali kepada tetangga dekat rumahmu.

#3 Usaha Sampingan Mahasiswa

Kalo saat ini, kamu sebagai mahasiswa bingung ingin menambah uang jajanmu dengan cara apa. Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana yang berhubungan dengan jurusan kamu tentunya.

Jika kamu jurusan bahasa asing, menjadi penerjemah bahasa yang kamu kuasai cocok sekali untuk kamu, selain menambah jam terbang kamu, kamu juga juga bisa mendapatkan uang tambahan guna membantu biaya kuliah.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menjadi pekerja lepas dengan menawarkan jasa penulisan konten, jualan pulsa, desain grafis, fototografer, dan lain sebagainya. Saat ini, yang terpenting untuk kamu sebagai mahasiswa adalah lakukan dulu apa yang menjadi hobi kamu. Jika sudah, Ajaib rasa pasti kamu akan menemukan peluang usaha yang cocok dengan inginkan kamu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?

Jika kamu sudah mengetahui bisnis apa yang ingin kamu mulai, hal pertama yang harus kamu miliki adalah modal usaha. Di mana, modal usaha inilah yang akan menentukan sebera besar bisnis yang mungkin bisa kamu buat. Nah, jika saat ini kamu belum memiliki dana untuk modal usaha, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha.

#1 Gunakan Tabungan Kamu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan kamu sendiri. Pastikan kamu menggunakan tabungan untuk dana yang tidak terlalu penting dan hindari untuk menggunakan dana darurat yang digunakan untuk pendidikan ataupun kesehatan.

Selain itu, kamu juga bisa menyisihkan uang dari hasil pekerjaan utama kamu untuk tabungan modal. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa membangun bisnis sendiri. Meski ini dinilai cukup lama, ini juga bisa membantu kamu lebih aman dari jeratan utang ketika memulai bisnis. Sambil menunggu dana terkumpul, kamu juga bisa menjalankan bisnis dengan modal kecil, seperti menjadi dropshipper atau bisnis dengan modal kecil lainnya.

#2 Menjual Harta Pribadi

Jika kamu sudah mantap ingin memiliki bisnis dan tidak ingin memiliki utang, kamu bisa menjual barang yang kamu miliki untuk menjadi tambahan modal usaha, misalnya kendaraan, barang elektronik, atau perhiasan. Meski tidak mudah, kamu tetap harus bekerja keras untuk menjalaninya dan terkadang kamu harus mengorbankan banyak waktu, tenaga, hingga sebagian dari harta untuk bisa membuka usaha. Jadi, jika langkah ini kamu lakukan, pastikan kamu bisa mempergunakan uangnya dengan sebaik mungkin demi mengembalikan uang tabunganmu di kemudian hari nanti.

#3 Mencari Partner Bisnis

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak teman kamu untuk bergabung dalam mendirikan bisnis bersama. Pastikan kamu memilih partner dengan minat dan tujuan yang sama, sehingga jika bisnis kamu berjalan dengan baik, kamu tidak akan mengalami risiko bubar atau cekcok di kemudian hari. Selain itu, dengan memiliki rekan bisnis, beban kamu untuk mencari modal usaha menjadi lebih ringan.

Cobalah ajak teman kamu berdiskusi dan tawarkan keuntungan yang menarik. Jika mereka tertarik, tentu kamu bisa lebih terbantu dengan adanya rekan bisnis yang juga ikut serta membangun bisnis dari nol.

#4 Mencari Investor

Selain rekan bisnis, kamu juga bisa mencoba untuk mencari investor yang sekiranya cocok dengan bisnis kamu. Untuk mendapatkan investor dengan mudah, kamu terlebih dulu harus menyiapkan business plan yang bisa kamu berikan kepada investor. Pastikan kamu membuat business plan yang baik dan menarik, sehingga investor akan lebih mudah tertarik untuk memberikan modalnya untuk bisnis kamu. Seain itu, pastikan juga kamu mengetahui bahwa dengan adanya investor ini, maka mereka juga akan ikut terlibat dalam pengambilan keputusan penting dalam bisnis.

#5 Meminjam Uang ke Bank

Meminjam uang menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan pengusaha untuk mendapatkan modal. Cara ini bisa dilakukan ketika tabungan kamu tidak cukup, tidak ada aset yang cukup berharga untuk dijual, ataupun dengan alasan lainnya. Kamu bisa mengajukan pinjaman ke bank yang memiliki layanan pinjaman modal seperti KUR BRI.

Meski memiliki risiko tinggi dan kamu harus membayar kembali uang yang sudah dipinjam. Kamu diharuskan untuk menjalankan bisnis dengan benar dan strategi yang tepat. Ini bisa jadi salah satu penyemangat kamu dalam menjalankan bisnis.

Mulai Bisnis Sampingan dari yang Kecil Dulu

Ajaib menyarankan agar kamu memulai bisnis sampingan kamu dari hal yang sederhana terlebih dahulu, yaitu hobi. Jika kamu terus mengasah hobi yang dimiliki, kamu pasti akan menemukan momen di mana kamu bisa menjual bakatmu tersebut.

Itulah macam-macam usaha sampingan yang bisa kamu geluti baik itu sebagai karyawan, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Bagaimana pun usahakanlah agar memiliki menajemen waktu yang baik bagi pekerjaan utamamu dan usaha sampingan yang digeluti.

Nah, setelah kamu mendapatkan jenis usaha apa yang ingin kamu jalankan dan telah berhasil menjalankannya, serta mendapatkan keuntungan dari sana, jangan lupa mulai sisihkan sebagian besar pendapatan kamu dengan mendaftar ke rekening investasi, baik reksa dana maupun rekening saham. Di mana, dengan investasi, kamu bisa mendapatkan return atau keuntungan tannpa perlu melakukan usaha. Untuk modalnya pun bervariasi.

Ketika kamu ingin memulai investasi reksa dana, kamu bisa memulainya dengan modal mulai dari Rp10ribu. Sedangkan, untuk membeli investasi saham, kamu harus mengecek kembali berapa harga saham per lembarnya, kemudian kalikan 100 lembar. Karena minimal invetasi saham adalah 1 lot saham. Jadi, pastikan sebelum kamu membeli investasi saham, kamu mengeceknya terlebih dulu harga saham yang ingin kamu beli.

Ajaib merupakan salah satu platform atau aplikasi investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana dan saham dengan mudah, kapan dan di mana saja. Di mana, dengan Ajaib, kamu bisa membuka rekening investasi dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan modal minimal Rp10 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi di Ajaib.

Selain itu, Ajaib juga telah bekerja sama dengan banyak manajer investasi tepercaya yang dapat membantu kamu mengelola dana investasi dengan mudah, sekaligus membantu kamu mengenal perusahaan eminten saham sebelum kamu membelinya. Dengan begitu, kamu bisa berinvestasi secara tepat dan mendapatkan return sesuai dengan tujuan investasi kamu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk buka rekening investasi kamu di Ajaib sekarang!

Artikel Terkait