Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Pertimbangan untuk Sewa Kantor Pertamamu

Memutuskan untuk sewa ruang kantor pertama kamu sangat menarik sekaligus menakutkan. Jika kamu telah bekerja dari rumah, tempat sebagian besar bisnis kecil dimulai, biaya tambahan dapat menjadi hal yang menakutkan. Meninggalkan tuntutan rumah dan keluarga, bagaimanapun, dapat membuat perbedaan besar pada produktivitas kamu, dan memberi kamu ruang dan kebebasan untuk mempekerjakan lebih banyak staf.

Sebelum kamu terjun dan sewa ruang kantor pertamamu, kamu perlu menentukan kebutuhan dan anggaran kamu. Inilah yang perlu kamu pertimbangkan.

Menyewa Ruang Khusus atau Bekerja Sama?

Jika kamu memiliki tim kecil atau bekerja sendiri dan hanya perlu keluar dari rumah, ruang kerja bersama (atau yang lebih dikenal co-working space) memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Mereka sudah siap dengan meja dan kursi, Wi-Fi, dekorasi, dan sering menawarkan fasilitas seperti kopi dan makanan ringan.

Ini lebih terjangkau dan nyaman, dan tersedia di sebagian besar kota. Sedangkan, menyewa kantor dengan ruangan khusus membutuhkan sedikit usaha. Kamu harus menganggarkan furnitur, listrik, saluran telepon, Wi-Fi, dekorasi, dan pembuat kopi.

Memilih Lokasi yang Tepat

Jika kamu sudah memiliki staf, kamu ingin lokasi pusat yang mudah dijangkau. Pusat kota cenderung bergengsi, kelas atas, dan memiliki keunggulan transportasi yang nyaman, restoran di sekitar, pusat perbelanjaan, dan bar untuk bersantai dan bersosialisasi setelah bekerja.

Pada saat yang sama, lalu lintas dan parkir bisa menjadi mimpi buruk. Jika alamat kota benar-benar diperlukan, pastikan parkir dapat diakses untuk tim kamu dan klien potensial.

Ukuran dan Tata Letak

Untuk bisnis yang sedang tumbuh, ini mungkin pertanyaan yang paling sulit dijawab. Berapa banyak ruang kantor yang kamu butuhkan? Kamu membutuhkan ruang yang cukup untuk mengakomodasi jumlah karyawan yang akan kamu miliki hingga akhir masa sewa.

Jika ruang mulai menjadi sempit dan kamu terkunci dalam sewa panjang, Kamu memiliki opsi untuk memaksimalkan ruang yang lebih kecil, pertimbangkan jadwal yang fleksibel dan pekerja jarak jauh, yang merupakan pilihan menarik, dan mungkin membantu kamu menarik bakat yang lebih baik.

Panjang Waktu Sewa

Kamu dapat menghemat uang dengan menandatangani sewa yang lebih panjang karena pemilik dapat mengenakan tarif yang lebih rendah per bulan, tetapi apakah ruang tersebut memadai dalam setahun? Lima tahun?

Jika kamu yakin bahwa ruangnya memadai (atau jika persyaratannya masuk akal), sewa jangka panjang bisa menjadi strategi yang baik dalam jangka panjang. Jika sewa naik, kamu merasa sempit, kamu perlu menghindari biaya dan ketidaknyamanan bergerak, dan putuskan untuk tidak memperpanjang masa sewa.

Strategi Keluar

Jika perusahaan kamu melebihi ruangnya sebelum masa sewa habis, kamu harus memahami bagaimana kamu dapat memutuskan secara hukum sewa. Seringkali, sewa berisi ketentuan untuk keluar, pastikan kamu memahami berapa banyak pemberitahuan yang harus kamu berikan dan berapa biayanya. Jika tidak ada ketentuan dalam sewa, pastikan untuk menanyakannya sebelum menandatangani.

Pilihlah dengan Bijak

Jika kamu memutuskan untuk melakukan sewa ruang kantor, lakukan dengan bijak. Pertimbangkan pekerja kamu, siapa mereka atau siapa yang akan kamu pekerjakan.

Orang yang lebih muda mungkin lebih nyaman dalam konsep kantor terbuka yang trendi di mana mereka dapat berkolaborasi; orang tua mungkin lebih suka privasi kantor terpisah.

Budaya perusahaan kamu sangat bergantung pada konfigurasi dan suasana di sekitarnya. Semakin nyaman pekerja kamu, semakin bahagia mereka. Kebahagiaan mereka akan tercermin dalam kualitas pekerjaan mereka dan kesehatan mereka secara keseluruhan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait