Properti

Tips Menata Interior Ruang Tamu agar Terlihat Nyaman

interior ruang tamu

Ajaib.co.id – Ruang tamu adalah muka dari sebuah hunian keluarga dan gengsi pemilik rumah. Tak heran banyak yang berusaha membuat ruangan yang nyaman sekaligus berkesan dengan memilih interior ruang tamu terbaik. Salah satu kuncinya adalah dengan memilih tempa yang pas untuk ruang tamunya.

Orang Indonesia biasa memberikan perhatian lebih saat mendesain ruangan untuk menerima tamu ini. Hal ini ada kaitannya dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang memang masih kerap mengunjungi satu sama lainnya. Berbeda dengan sejumlah negara barat yang lebih menitikberatkan pada ruang keluarga, untuk rumah orang Indonesia maka ruang tamu adalah panggung utama.

Menata ruang tamu sendiri bukan hal yang mudah. Meskipun secara fungsi tidak selalu digunakan setiap hari namun satu ruangan ini sangat penting sekali fungsinya. Harapannya agar tamu yang datang bisa merasa nyaman dengan tampilan yang terbaik pula.

Hanya saja tidak mudah menata ruang tamu jika memiliki luas yang terbatas. Biasanya masalah ini dialami oleh model rumah minimalis dengan tipe yang kecil. Jika demikian maka kamu harus jeli dalam pemilihan konsep dan gaya desain, penggunaan elemen dekoratif, dan menentukan ukuran furniture.

Tips Dekorasi Interior Ruang Tamu dengan Tema yang Berbeda

Rumah yang kecil umumnya memiliki ukuran ruang tamu yang minimalis, yakni 3 x 3 meter. Tak perlu merasa kecil hati karena memiliki ruang tamu yang mungil. Kamu tetap bisa memiliki desain ruang tamu yang ciamik kok meskipun lahannya terbatas.

Bahkan berarti kamu mendapatkan tantangan untuk memiliki interior rumah yang pas untuk membuat rumahmu cantik sekaligus nyaman. Lalu, jika kamu ingin menata interior ruang tamu kamu sebaik mungkin agar tercipta susasana yang nyaman, maka kamu harus memikirkan beragam bentuk barang yang multifungsi dengan jumlah sedikit.

Dengan mengusung ide desain ruang tamu minimalis, kamu bisa menciptakan suasana nyaman dengan desain ruang tamu yang juga hemat biaya karena jumlah perabot yang sedikit. Mengutamakan fungsi desain interior ruang tamu dengan perabot multifungsi akan sangat direkomendasikan untuk mendapat kenyamanan yang sesuai dengan budget kamu.

Saat ini kamu juga bisa mencari berbagai item dekorasi interior lewat e-commerce dan memanfaatkan promo yang ada. Dekorasi ruang sekarang memang sedang jadi tren tersendiri sehingga tersedia banyak varian item yang uni, cantik namun tetap murah meriah.

Tak perlu keluar dana fantastis untuk bisa menata interior ruang tamu idamanmu asalkan kamu mau bersikap kreatif. Tak perlu juga menyewa jasa interior designer karena kamu bisa mencari inspirasi lewat internet. Salah satu hal paling basic dalam menata interior ruang adalah menetukan tema yang akan diusung.

Tema yang kamu pilih akan jadi acuanmu dalam memilih item yang akan digunakan. Termasuk pula jenis perabotan, warna cat, desain langit-langit dan berbagai aspek minor lainnya. Jangan asalh pilih perabotan sesukamu karena akan membuat ruang tamumu terkesan berantakan dan aneh.

Jika kamu ingin mendekorasi interior ruang tamu kamu dengan biaya yang murah dan suasana ruang tamu yang nyaman, berikut beberapa ide yang bisa kamu terapkan :

1. Ruang Tamu Bertema Hangat

Untuk mendapatkan tema hangat warna yang bisa kamu gunakan untuk tembok kamu adalah warna-warna seperti kuning, krem, punch dengan penataan lampu ruangan menggunakan permainan gypsum. Selanjutnya untuk kusen, pilihlah warna putih untuk menekannya tema yang kamu usung itu.

Untuk lantai, penggunaan parket akan menambah suasana hangat ruang tamu kamu yang dipadukan dengan karpet lantai wol dimana diatasnya diletakkan meja kayu berukuran sedang. Selanjutnya sofa berukuran tiga orang berwarna krem atau broken white bisa menjadi pilihan.

Namun karena pemilihan warnanya cenderung terang maka kamu harus lebih berhati-hati dalam penggunaan sehari-hari. Dinding ruanganmu akan lebih mudah kotor sehingga harus ekstra hati-hati untuk maintanance.

2. Ruang Tamu Bertema Colorful

Untuk mendapatkan ruang tamu yang memiliki suasana colorfull, kamu bisa melakukan beberapa cara yakni dengan memanfaatkan wallpaper bertema abstrak untuk satu tembok. Selanjutnya padukan dengan kursi berwarna kalem dan bantal monokrom.

Kamu bisa menggunakan motif untuk desain yang digunakan namun jika ruanganmu kecil sebaikya pilih pula motif berukuran kecil. Belakangan desain bertema shabby sedang digandrungi oleh para wanita untuk desain yany colorful namun tetap berwarna.

Selanjutnya padu padankan dengan lantai keramik putih dan meja kayu kecil. Tambahkan hiasan kaca gantung dengan model minimalis untuk memberi kesan ruangan yang luas. Bisa memilih perabitan dengan warna kalem untuk kombinasi yang seimbang.

3. Ruang Tamu Bertema Family

Untuk menciptakan ruang tamu yang sekaligus menjadi ruang keluarga kamu dapat meletakkan meja kecil dengan karpet wol kecil berukuran 1 : 3 dengan ruangan kamu. Penggunaan cat tembok berwarna monokrom bisa kamu gunakan untuk menciptakan suasanya yang modern dengan sentuhan hiasan dinding yang tidak mencolok.

Ruang tamu dengan tema keluarga ini biasanya dipilih oleh pemilik rumah dengan ruangan yang terbatas. Bukan hanya berfungsi menerima tamu namun juga tempat berkumpul bersama keluarga. Karena itu, perabot yang dipilih juga harus multifungsi.

Jika biasanya interior ruang tamu hanya berupa sofa tamu dengan kapasitas terbatas, kamu bisa memilih sofa yang lebih sesuai dengan kebutuhan keluarga. Biasanya tema ini juga dipilih oleh keluarga yang relatif jarang menerima tamu dan hanya melakukannya di hari-haro tertentu saja.

4. Ruang Tamu Bertema Vintage

Ruang tamu vintage bisa kamu ciptakan dengan budget yang murah. Yakni dengan mengaplikasikan bentuk kursi kayu, meja kayu dan cat tembok bernuansa pudar seperti broken white. Tema untuk interior ruang tamu ini biasanya dipilih untuk yang menyukai tema lawasan dan sempat jadi tren tersendiri.

Tantangan dari penggunaan tema ini adalah memastikan perabotan yang dipakai tetap bersih dan nampak terurus. Namun jika kamu memang menyukai gaya ini maka bisa berkreasi dengan berbagai iten vintage. Misalnya saja hiasan dinding dengan motif batik atau kerajinan kayu.

Untuk kusen, kamu bisa mengaplikasikan warna coklat tua untuk jendela dan pintu. Selain itu, nuansa vintage bisa kamu tonjolkan dengan penggunaan karpet merah dan bantal kursi hijau. Namun pilihlah warna dengan nuansa yang pas agar tidak terlalu mencolok dan membuat ruanganmu terlalu sesak.

5. Ruang tamu Bernuansa Alam

Desain ruang tamu dengan nuansa alam bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan warna-warna cerah. Misalkan saja tembok berwarna putih dengan kursi dari anyaman rotan yang dipadukan dengan meja bundar kayu. Selanjutnya tambahkan hiasan seperti daun dalam pot yang sedikit tinggi di sudut ruangan.

Bantulah pencahayaan dengan bentuk lampu gantung minimalis. Untuk menambahkan kesan natural, bisa dengan menggunakan berbagai jenis tanaman hidup namun yang bersifat indoor. Kamu bisa memilih jenis tanaman sesuai yang kamu sukai. Kalau tak suka tanamana besar, kaktus atau sukulen bisa jadi pilihan tepat.

Penggunaan material kayu adalah kunci untuk tampilan interior ruang tamu bernuansa alam. Terkini pula ada tren rustic dengan memanfaatkan hiasan dari cemara, ilalang dan berbagai kreasi tanaman kering lainnya.

Menata interior ruang tamu memang bukan perkara gampang bagi yang tidak terbiasa melakukannya. Namun, kamu bisa berkreasi dengan mencari sebanyak mungkin inspirasi. Setelah itu, padu padankan mana yang paling cocok bagimu dan sesuai dengan tema yang kamu inginkan.

Artikel Terkait