Banking

Cara Transfer Uang Lewat HP dengan Mudah & Cepat

Cara Transfer Uang Lewat HP dengan Mudah & Cepat

Melakukan pengiriman uang atau transfer saat ini bukanlah hal yang sulit, di mana kamu tidak perlu susah payah untuk pergi ke bank ataupun mencari mesin ATM terdekat. Di era yang super canggih ini, banyak orang terutama golongan millennial yang sudah paham cara transfer uang lewat HP.

Dengan mengetahui cara transfer uang lewat HP, secara tidak langsung kamu telah meminimalisir waktu untuk pergi ke bank ataupun ATM sehingga lebih efektif. Selain itu, kamu juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas struk ATM pastinya.

Nah, jika kamu adalah seorang pemula dan ingin memanfaatkan teknologi perbankan dalam hal transfer uang, maka ada beberapa cara transfer uang lewat HP yang bisa kamu lakukan. Berikut penjelasannya.

Melalui SMS Banking

Cara transfer uang lewat HP yang pertama adalah dengan SMS Banking. Seperti namanya, SMS Banking sama sekali tidak bergantung pada internet dan tidak harus dilakukan menggunakan smartphone, melainkan HP biasa juga bisa selama pulsa kamu mencukupi untuk biaya administrasi SMS Banking.

SMS banking merupakan layanan perbankan yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Tak hanya transfer, SMS Banking juga bisa memudahkan kamu untuk cek saldo, membeli pulsa dan membayar tagihan listrik.

Cara transfer uang lewat HP dengan SMS Bankin cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan nomor HP mu dengan datang langsung ke bank, selanjutnya kamu hanya dapat melakukan transaksi dengan satu nomor yang sudah Anda daftarkan. Selain itu, kamu juga akan memperoleh notifikasi setiap kali ada transaksi perbankan melalui SMS.

Mobile Banking

Cara transfer uang lewat HP selanjutnya adalah dengan Mobile Banking. Berbeda dari SMS Banking, Mobile banking membutuhkan HP smartphone Android untuk menginstal layanan Mobile Banking. Namun untuk melakukan transaksi Mobile Banking, kamu hanya membutuhkan koneksi internet.

Aplikasi Mobile Banking juga mewajibkan kamu untuk mendaftarkan satu nomor telepon untuk melakukan transaksi Mobile Banking. Sehingga, kamu perlu datang langsung ke Bank terdekat untuk aktivasi. Khusus Mobile Banking proses transfer yang dilakukan antar rekening atau antar bank bersifat real time.

Internet Banking

Tidak berbeda dari Mobile Banking proses internet banking juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan koneksi internet. Yang membedakannya adalah Internet Banking memiliki limit transaksi yang lebih besar (berbeda kebijakan di tiap bank) dibandingkan Mobile Banking. 

Selanjutnya Internet Banking juga membutuhkan alat kecil bernama token untuk mendapatkan kombinasi angka yang dimasukkan untuk verifikasi pengiriman. Proses pendaftarannya bisa kamu lakukan dengan mendaftar langsung ke bank untuk memperoleh token, user id, dan password login.

Aplikasi dompet digital

Terakhir, cara transfer uang lewat HP bisa kamu lakukan dengan menginstal aplikasi dompet digital seperti OVO, GOPAY, DANA, atau LINKAJA lewat smartphone kamu. Memanfaatkan internet, beberapa aplikasi tersebut memang saat ini sedang naik daun karena dinilai efisien dalam melakukan transaksi termasuk transfer uang. Selain itu, dengan melakukan transfer lewat beberapa aplikasi ini, kamu juga tidak lagi perlu mengetahui kode bank. Cukup dengan memilih nama bank dan nomor rekening tujuan, kamu sudah bisa melakukan transfer ke mana dan kapan saja.

OVO awalnya bekerja sama dengan perusahaan Grab untuk metode pembayaran online transportasi namun terus mengalami penrkembangan yang kini juga dilakukan untuk pembayaran belanjaan di marketplace seperti Tokopedia, bill restoran, transfer ke bank, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan GOPAY yang sebelumnya merupakan metode pembayaran GOJEK kini sudah merambah untuk pembayaran tagihan, belanja di market place dan juga transfer antar bank.

Sedangkan untuk DANA dan LINK AJA saat ini masih baru memulai eksistensinya. Namun mengingat pengguna dompet digital sudah cukup mewabah, DANA dan LINKAJA juga berpotensi menyusul kedua kompetitornya OVO dan GOPAY.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan transfer uang ke rekening bank. Dari beberapa cara di atas, cara mana yang paling kamu sukai untuk mengirim uang?

Nah, selain untuk mengirim uang, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi transfer tersebut untuk membeli reksa dana. Bukan hanya untuk bersenang-senang, reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat membantu kamu menjamin masa depanmu lebih aman.

Ajaib merupakan salah satu platform yang mempermudah kamu dalam memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja secara online. Kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana dengan memulai menentukan tujuan investasi kamu, apakah untuk dana pendidikan, dana darurat, dana pensiun, dan sebagainya. Semuanya bisa kamu tentukan di awal. Setelahnya, kamu hanya perlu menyimpan dana dengan melakukan transfer secara online, lalu biarkan manajer investasi yang akan membantu kamu mengelola dana tersebut. Kamu hanya perlu memonitor berapa return yang kamu dapatkan. Mudah bukan?

Bacaan menarik lainnya:

Departemen Perbankan Syariah. (2015). Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019. Jakarta: OJK,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait