Dunia Kerja

Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnya dengan Benar

Contoh Surat Kuasa dan Cara Membuatnya dengan Benar

Jika kamu sedang memiliki urusan penting, dan tidak dapat hadir memenuhi waktu yang ditetapkan. Mungkin saja kamu sedang berada di luar kota dan untuk hadir akan sangan memakan waktu atau membutuhkan biaya yang tidak murah. Maka otomatis kamu membutuhkan beberapa contoh surat kuasa untuk bahan referensi dalam membuat surat kuasa yang bisa mewakili kamu dan kebutuhanmu saat ini.

Dalam contoh surat kuasa, beberapa hal dinilai cukup penting agar surat kuasa kamu sah di mata hukum atau diakui legalitasnya. Sebelum menunjukkan beberapa contoh surat kuasa, ada baiknya jika kamu mengetahui apa itu surat kuasa fungsi dan cara membuat surat kuasa.

Surat kuasa merupakan surat yang ditulis untuk memberikan kuasa atau bentuk wewenang kepada orang lain yang dipercaya untuk mengurus atau menghadiri sebuah acara, pertemuan atau rapat yang bersifat penting. 

Namun satu hal penting yang tidak boleh diabaikan, bahwa dalam memberikan surat kuasa, kamu harus memastikan bahwa orang yang diberi surat kuasa bisa dipercaya, sehingga kegunaan surat kuasa lebih efektif dalam menjalankan kuasanya sesuai dengan isi surat kuasa. Nah, lalu apa saja jenis surat kuasa? Simak penjelasan berikut :

Surat kuasa perseorangan

Surat kuasa perseorangan adalah salah satu surat kuasa yang diberikan seseorang kepada orang lain yang dipercaya dalam mewakili tugas seseorang yang memberi kuasa. Surat kuasa ini memiliki legalias atau berkedudukan hukum jika ditandatangani diatas materai. Surat kuasa perseorangan dapat kamu temui dalam keseharian seperti surat kuasa untuk pengambilan gaji, mengambil barang pesanan dan sebagainya.

Surat kuasa kedinasan

Surat kuasa kedinasan merupakan surat kuasa yang dibuat perusahaan kepada karyawannya yang dipercaya untuk menyelesaikan urusan yang berkaitan dengan perusahaan. Surat kuasa ini biasanya diberikan perusahaan dalam rangka mediasi antar perusahaan, kepegawaian atau penyelesaian sengketa perusahaan.

Surat kuasa istimewa

Surat kuasa istimewa merupakan surat kuasa yang diberikan individu kepada sebuah lembaga atau perorangan yang ditunjuk untuk menyelesaikan sebuah perkara, yang umumnya berkaitan dengan masalah pengadilan. Misalkan surat kuasa istimewa yang diberikan kepada pengacara. 

Itulah beberapa jenis surat kuasa yang perlu kamu ketahui. Namun, perlu kamu tahu bahwa perencanaan dalam membuat surat kuasa dibutuhkan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan surat kuasa. Berikut beberapa perencanaan yang perlu kamu lakukan sebelum membuat surat kuasa, antara lain :

  1. Penulisan huruf besar di tengah kertas ‘Surat Kuasa’.
  2. Nomor surat
  3. Identitas pemberi surat kuasa dan penerima surat kuasa harus detail dan rinci.
  4. Tujuan pemberian surat kuasa yang jelas. 
  5. Tempat, tanggal bulan dan tahun surat kuasa dibuat. 
  6. Masa berlaku surat kuasa.
  7. Tanda tangan di atas meterai oleh pembuat surat kuasa. 

Nah, itulah contoh surat kuasa yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat surat kuasa yang baik dan benar. Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait