Properti, Rumah Tangga Masa Kini

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Rumah Mewah

desain rumah mewah

Ajaib.co.id – Dalam desain rumah mewah, tentunya kamu paham betul bahwa biaya yang akan digunakan untuk membangun rumah sederhana maupun mewah akan sebanding dengan kemewahan yang kamu dapatkan. Namun kamu pastinya sudah mempersiapkan biayanya bukan?

Untuk desain terlihat mewah, beberapa hal yang perlu kamu terapkan adalah dengan memberikan nuansa-nuansa atau ornamen yang kokoh pula. Hal ini dilakukan agar desain rumah mewah kamu terlihat elegan dan megah.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Rumah Mewah

Ketika ingin membuat rumah mewah 1 lantai ataupun 2 lantai, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum membangunnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin membeli atau membangun rumah mewah. Apakah rumah tersebut dengan tempat kerja? Dekat dengan jalan raya? Punya lokasi strategis? dan masih banyak lagi. Pastikan kamu memilih lokasi yang tidak begitu jauh dari tempat beraktivitas sehari-hari dan jangan lupa juga pilih lokasi yang memberikan kamu kenyamanan dalam aktivitas di rumah.

2. Pekerjakan Tukang Profesional

Tukang bangunan punya peran penting dalam membangun rumah, apalagi untuk rumah yang mewah. Pilihlah yang sudah berpengalaman dan profesional, serta pastikan kamu mengetahui kemampuannya, bisa melalui testimoni dari orang lain yang pernah menggunakan jasanya, atau melakukan wawancara langsung.

Selain profesional, tukang bangunan juga haruslah orang yang jujur dan dapat dipercaya. Setelah mendapatkan tukang bangunan yang pas dan cocok, pilihlah arsitek yang profesional dan bisa membantu mewujudkan rumah impianmu. Memilih tukang dan arsitek secara asal-asalan hanya akan membuat kamu kecewa dan menghabiskan biaya karena hasilnya tidak sesuai keinginan. Lebih buruknya lagi, rumah kamu bisa terlihat jelek.

3. Hitung Setiap Detil Rumah

Dalam membangun rumah, kamu harus menghitungnya secara lebih rinci, mulai dari keran air di kamar mandi hingga jenis lantai yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya kamu tidak kaget dengan adanya biaya di luar dugaan. Mempertahankan anggaran bisa menjadi hal yang sulit dilakukan saat ingin membangun rumah mewah, belum lagi properti lainnya seperti peralatan elektronik, sofa, tempat tidur, hingga keran air; kecuali kamu ingin mau membangun rumah secara bertahap, tidak langsung selesai, dan tidak langsung diisi furnitur.

4. Keamanan & Privasi

Rumah adalah tempat kamu berlindung. Jadi, penting bagi kamu memerhatikan faktor keamanan. Biasanya, rumah mewah berada di komplek perumahan dengan pintu gerbang yang dijaga oleh staf keamanan yang siaga 24 jam. Namun, jika rumah mewah yang kamu beli tidak berada di tempat ini, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat pintu gerbang rumah sendiri dengan teknologi sistem pendeteksi gerakan untuk membukanya. Jika anggaran tidak cukup memadai, kamu bisa mempekerjakan seorang atau dua orang satpam pribadi untuk menjaga rumah.

Selain keamanan, di dalam rumah juga sudah seharusnya kamu mendapatkan privasi yang kamu butuhkan. Pastikan kamu memiliki suatu ruang di dalam rumah sebagai tempat untuk menjaga hal-hal yang sifatnya pribadi.

5. Rencana untuk Dijual Kembali

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi cobalah jadikan ini sebagai antisipasi. Mungkin di masa depan ada sesuatu yang terjadi sehingga kamu harus meninggalkan rumah mewah dan pindah ke tempat baru. Meski sama sekali tidak memiliki rencana untuk pindah, penting juga untuk mempertimbangkan hal ini.

Jadi, pastikan kamu membangun rumah yang memiliki nilai jual. Cobalah bangun rumah dengan desain yang kamu sukai, namun juga disukai banyak orang. Membangun rumah dengan desain yang terlalu spesifik menggambarkan karakter dan gaya hidup kamu, seingga akan mengakibatkan rumah tersebut sulit terjual, kecuali kepada orang yang memiliki kesukaan dan gaya hidup persis seperti kamu.

Terakhir, kamu bisa memutuskan untuk membeli rumah sendiri atau membuat bangunan baru. Itu semua bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga anggaran yang kamu butuhkan. Kelebihan membangun rumah sendiri yaitu kamu bisa membuat desain sendiri dengan penataan yang sesuai dengan gaya hidup. Namun, kelemahannya yaitu seringnya muncul biaya tak terduga karena salah perhitungan atau hal lainnya. Membeli rumah yang sudah jadi memang praktis, tetapi tidak bisa mendesain sesuka hati. Pilihlah mana yang paling memudahkan bagi kamu.

Ornamen yang Memberikan Kesan Mewah pada Rumah

Penambahan ornamen dinilai sangat penting, lantaran kebanyakan model rumah mewah terlihat minim nilai artistik karena penggunaan ornamen yang tidak sesuai dengan tema bangunan. Ini bahkan menjadikan desain rumah mewah tak layak dilirik. Jadi, membuat rumah mewah satu lantai atau rumah mewah 2 lantai, kamu harus memperhatikan nilai artistik.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai ornamen yang membuat desain rumah mewah kamu semakin menawan, antara lain :

1. Fasad Megah

Sebuah tampilan fasad atau yang bisa disebut dengan bagian depan rumah, dapat menjadi sebuah identitas bagi rumah mewah kamu. Ini bahkan akan menuai decak kagum dari pengunjung rumah kamu dimana saat pengunjung rumah kamu masuk langsung dikejutkan dengan sebuah nuansa yang sangat mewakili pemilik rumah.

2. Pilar Simetris

Tak hanya sekedar memperkuat keindahan desain rumah mewah kamu, namun dengan pilar simetris akan memperkuat konstruksi bangunan secara menyeluruh. Aplikasi sebuah pilar dalam desain rumah mewah akan menunjukkan nuansa megah dan multifungsi layaknya arsitektur klasik Yunani dan Roma. Sedangkan ciri yang paling umum pada rumah klasik adalah bentuk detail ukiran yang membuat rumah kamu terasa ethnic.

3. Foyer Luas

Area foyer merupakan area pertama yang akan terlihat manakala memasuki rumah. Foyer merupakan tempat pemisah antara teras dan ruang tamu dalam desain rumah mewah di luar negeri yang mengalami beberapa musim. Area foyer berfungsi untuk menghambat udara masuk ke ruang utama. Umumnya foyer akan berisi ragam karya seni dan foto keluarga.

4. Ruang Tamu

Ruangan ini adalah satu hal yang paling utama dalam sebuah desain rumah. Ruang tamu akan menunjukkan karakter pemilik rumah kepada siapapun yang bertandang. kamu dapat mendekorasi sofa berbahan kulit, pewarnaan nude untuk dinding dan berbagai dekorasi yang sarat akan unsur unik. Jangan lupa untuk menambah kesan mewah, ada baiknya jika menggunakan lampu hias kristal.

5. Kamar Tidur

Tidak cukup rasanya hanya dengan bangunan rumah yang super megah. Oleh karena itu, suatu tempat pribadi yang paling nyaman yakni kamar tidur ada baiknya di desain secara personal dan menggambarkan penghuni kamar tersebut. Sebuah kamar tidur di dalam rumah yang elegan umumnya memiliki tempat tidur sangat luas lengkap dengan lampu baca, sofa personal dan karpet lembut.

6. Kolam Renang

Denah rumah mewah 1 lantai maupun 2 lantai biasanya akan memberikan satu lokasi untuk kolam renang pribadi. Di mana, kolam ini bisa membantu pemilik rumah untuk berolahraga dan melakukan banyak kegiatan. Selain itu, kolam renang juga bisa memberikan nilai kemewahan dalam rumah.

Nah, demikian inspirasi desain rumah mewah dan apa saja yang membuatnya tampak kokoh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Untuk membangun rumah mewah dibutuhkan dana yang cukup besar untuk merealisasikannya. Salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan untuk memilikinya adalah dengan menabung. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menabung, salah satunya investasi reksa dana atau saham. Di mana, kedua jenis investasi ini akan memberikan return yang baik bagi investasi kamu.

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dan saham dengan mudah, kapan dan di mana saja. Hanya dengan modal mulai Rp10 ribu kamu sudah mulai berinvestasi dengan mudah. Yuk mulai investasi dan wujudkan rumah impian kamu sekarang!

Artikel Terkait