Emas

Jangan Tertipu, Kenali Kadar Emas Murni pada Perhiasan

kadar emas murni

Ajaib.co.id – Masih bingung dengan kadar emas murni yang ada di perhiasan? Lebih baik kamu simak ulasan berikut ini agar tidak tertipu saat membeli emas atau perhiasan.

Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase atau kadar emas murni yang terkandung dalam suatu logam.

Sejarah Emas

Emas dikenal sebagai logam yang langka dan memiliki sifat unik. Warna nya yang berkilau juga dipersepsikan orang sebagai zaman dahulu sangat bernilai dan digunakan sebagai alat pertukaran. Berdasarkan sifat unik yang dimilikinya, logam emas yang memiliki kadar kemurnian semakin tinggi akan semakin lunak logam nya.

Lunak yang dimaksud tentu saja bukan lunak atau empuk seperti makanan. Namun, lunak yang dimaksud adalah tak kuat menahan adanya tambahan detail yang diberikan.

Selain itu, logam mulia ini juga mudah berubah bentuk jika terkena panas. Oleh karena sifat logam yang terlalu lunak ini maka agak sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan durabilitas barang tersebut ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Maka emas harus dicampur oleh logam lain seperti perak, tembaga dan logam lain sehingga menghasilkan perhiasan emas yang memiliki durabilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari.

Karat Kadar Emas Murni

a. Emas 24 Karat artinya memiliki kandungan emas murni sekitar 99,00% hingga 99,99%,

b. Emas 23 Karat artinya kandungan emas murni 94,80% hingga 98,89%

c. Emas 22 Karat artinya kandungan emas murni 90,60% hingga 94,79%

d. Emas 21 Karat artinya kandungan emas murni 86,50% hngga 90,59%

e. Emas 20 Karat artinya kandungan emas murni 82,30% hingga 86,49%

f. Emas 19 Karat artinya kandungan emas murni 78,20% hingga 82,29%

g. Emas 18 Karat artinya kandungan emas murni 75,40% hingga 78,19%

h. Emas 14 Karat artinya kandungan emas murni 58,3% hingga 41,7%

i. 10 Karat artinya kandungan emas murni 41,7% s.d. 58,3%

Kamu pasti tidak ingin ditipu kan? Jangan ragu untuk untuk menanyakan berapa kadar emas dalam persentase (%) sebab sesungguhnya kandungan kadar emaslah yang dijadikan patokan harga emas dan nilai emas dalam perhiasan.

Perhiasan dengan kadar emas 18K hingga 22K adalah kombinasi paling sempurna yang bisa digunakan untuk membuatnya lebih cantik karena bisa mempertahankan bentuk perhiasannya. Jadi, lebih baik untuk konsultasi terlebih dahulu ya ke toko emas ataupun orang yang lebih memahami, sebelum kamu membeli atau membuat perhiasan yang terbuat dari emas murni!

Menghitung Kemurnian Emas

Untuk mengenal emas, kita terlebih dahulu mengenal istilah “kadar” dalam emas. Karat merupakan tingkat keaslian emas, atau jumlah kandungan kemurnian emas. Kadar emas murni dalam “karat”. Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Jadi emas kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%. Jadi bila emas kadar 22 karat dengan berat 15 gram maka kandungan emas murninya = 22/24 x 15 = 13.75 Gram.

Lalu adakah cara lain untuk mempermudah menentukan karat berdasarkan kadar? Acuannya adalah standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat.

Nah setelah mengatahui kadar emas murni, kamu bisa dengan mudah memulai investasi emas sesuai dengan kadar yang kamu inginkan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin membeli emas. Jika dirasa kamu belum mampu membeli emas dengan jumlah yang besar, kamu bisa mulai dengan menabung emas.

Ada banyak platform yang mempermudah kamu memulai investasi emas, misalnya saja Pegadaian. Melalui Pegadaian, kamu bisa dengan mudah menabung emas hanya dengan uang Rp10 ribu. Setelah dirasa cukup, kamu bisa mencetak emas sesuai dengan uang atau dana yang telah kamu tabung.

Namun, perlu diketahui juga melakukan investasi emas tidak bisa sembarangan, kamu juga harus bisa merawatnya dan bisa menyimpannya dengan baik dan benar. Setidaknya kamu harus memiliki deposit box yang membantu kamu menyimpan emas yang kamu miliki.

Nah, jika kamu tidak bisa dan kurang yakin untuk berinvestasi emas namun ingin tetap memiliki instrumen investasi, kamu bisa memulainya dengan berinvestasi reksa dana. Dengan memilih reksa dana, kamu bisa mendapatkan return sesuai dengan tujuan investasi kamu, apakah untuk pendidikan, pensiun, darurat, dan sebagainya.

Kamu juga bisa memilih return dan risiko yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Namun perlu diketahui, return tinggi juga memiliki risiko tinggi, sedangkan risiko rendah akan mendapatkan return yang juga rendah. Jadi pastikan kamu memilih jenis reksa dana sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk memulai berinvestasi reksa dana, kamu bisa mulai dengan membeli reksa dana melalui platform Ajaib. Salah satu platform reksa dana yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai keamanan dana yang kamu simpan didalamnya!

Bacaan menarik lainnya:

Ahmad, Komaruddin. (2004). Dasar-Dasar Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta: PT Rineka Cipta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait