Berita

Uang Beredar Luas (M2) pada Maret 2024 Capai Rp8.888,4T

M2 (Jumlah Uang Beredar)

Likuiditas perekonomian Indonesia, atau yang dikenal sebagai uang beredar dalam M2, menunjukkan pertumbuhan yang lebih tinggi pada Maret 2024. Data terbaru menunjukkan bahwa posisi M2 mencapai Rp8.888,4 triliun, mengalami pertumbuhan sebesar 7,2% (yoy), melebihi pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5,3% (yoy).

uang beredar dan komponennya maret 2024

Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan uang beredar sempit (M1) sebesar 7,9% (yoy) dan uang kuasi sebesar 6,2% (yoy). Penyaluran kredit pada Maret 2024 juga menunjukkan kenaikan signifikan sebesar 11,8% (yoy), sementara tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat tumbuh sebesar 18,0% (yoy) setelah mengalami kontraksi pada bulan sebelumnya.

Namun, aktiva luar negeri bersih mengalami kontraksi sebesar 1,1% (yoy) setelah pertumbuhan pada bulan sebelumnya. Informasi lebih lanjut mengenai statistik uang beredar dan analisis terkait dapat ditemukan melalui tautan yang tersedia.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Sebagai aplikasi Pilihan #1 Investor Indonesia, Ajaib hadir untuk memberikan pengalaman trading yang lebih cepat, aman, dan handal. Yuk mulai berinvestasi di saham, reksa dana, hingga Aset Kripto di platform Ajaib. Proses pendaftarannya mudah dan 100% online.

Ada berbagai fitur menarik yang tersedia untuk membantu Anda memaksimalkan potensi profit dari trading saham, salah satunya X-TRA Day Trading.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib sekarang! Untuk investor crypto, Anda juga dapat men-download aplikasi trading Ajaib Kripto di Play Store dan App Store.

Sumber: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_268124.aspx dengan pengubahan seperlunya.

Artikel Terkait