Banking

Besaran Bunga Tabungan BCA Sesuai Jumlah Saldonya

Ajaib.co.id – Setiap produk simpanan dari perbankan selalu memberikan reward berupa bunga keoada nasabahnya. Begitu pula Bank BCA yang memiliki berbagai produk rekening tabungan. Besaran bunga tabungan BCA sendiri diberlakukan berbeda sesuai dengan jumlah saldo nasabah dalam rekening.

Besaran suku bunga selalu menjadi hal yang ditekankan dalam penawaran produk simpanan perbankan selain juga aksesibilitasnya. Namun faktanya, sangat jarang kita mendapatkan keuntungan dari bunga tabungan kita jika hanya memiliki produk simpanan biasa.

Pada dasarnya, bunga tabungan yang diberikan memang tidak terlalu besar. Biasanya perbankan menerapan sistem suku bunga yang berbeda sesuai dengan jumlah simpanan yang dimiliki. Hal inilah yang kerap tidak disadari oleh nasabah hingga menghasilkan banyak keluhan atas bunga yang tidak seberapa.

Bank BCA sebagai salah satu perbankan ternama di Indonesia juga menerapkan hal serupa. Jadi jika kamu baru membuka rekening BCA dan penasaran berapa bunga yang bakal kamu dapatkan, coba cek penjelasan Ajaib di bawah ini.

Berapa Bunga Tabungan BCA yang Diberikan Untuk Nasabahnya?

Tabungan menjadi keharusan bagi masyarakat modern saat ini sebagai akun simpanan maupun sumber pembiayaan sehari-hari. Tak sedikit pula yang punya beberapa rekening tabungan sekaligus karena berbagai alasan. Biasanya jenis tabungan yang dimiliki disesuikan dengan tujuan penggunannya.

Berbeda dari produk keuangan investasi, umumnya orang tak begitu peduli dengan suku bunga tabungan. Sebagian besar yang dipedulikan adalah aksesibilitasnya untuk kenyamanan transaksi sehari-hari. Apalagi saat ini fungsi debit card sebagai alat pembayaran tak kalah jika dibandingkan dengan kartu kredit.

Namun toh tetap saja banyak orang bertanya-tanya besaran bunga yang ditawarkan oleh produk simpanan perbankan. Karena itu, tak ada salahnya mengetahui besaran bunga tabungan yang kamu miliki. Ajaib akan menjelaskan bunga tabungan per tahun yang bisa kamu nikmati sesuai dengan besaran tabungan yang kamu miliki.

Kali ini, kita akan membahas bunga tabungan BCA dari salah satu unggulannya yaitu Tahapan BCA. Jadi jelas sekali bahwa tabungan yang dibahas bukanlah yang sifatnya investasi ya. Jenis simpanan ini bisa digunakan untuk banyak jenis transaksi antara lain tarik, setor, transfer dana, membayar berbagai tagihan, dan alat pembayaran.

Status Bank BCA sebagai Bank BUKU 4 di Indonesia jelas menjadi alasan tambahan mengapa begitu banyak orang ingin membuka tabungan BCA. Namun sebenarnya, besaran bunga tabungan BCA tidak terlalu menggiurkan.

Besaran bung per tahunnya maksimal hanya sebesar 1% saja, Itupun jika dana yang kamu simpan cukup besar. Namun kalau saldo di rekeningmu hanya berkisar Rp 5 juta per bulan, rasanya hasil dari bunga yang kamu terima tidak cukup untuk jadi tambahan dana tunaimu.

Berikut tabel besaran suku bunga untuk tabungan Tahapan BCA sesuai dengan jumlah saldo yan tersimpan.

Jumlah saldo Suku bunga berlaku per tahun
Kurang dari Rp1 juta 0,00%
Rp1 juta sampai Rp50 juta 0,10%
Rp50 juta sampai Rp500 juta 0,25%
Rp500 juta sampai Rp1 miliar 0,50%
Lebih dari Rp1 miliar 1,05%

Dari daftar di atas, kita tahu bahwa bunga tabungan memang relatif rendah dan tidak bisa memberikan keuntungan maksimal. Bahkan bank besar seperti BCA saja tidak bisa menawarkan suku bungan tabungan BCA yang memuasikan. Apalagi, BCA menerapkan sistem perhitungan saldo terendah per tahun untuk menetapkan suku bunga yang diberikan.

Hal serupa juga berlaku di banyak jenis simpanan biasa dari bank lainnya. Karena itu, bunga dari saldo tabungamu rasanya tidak akan bisa bertanggung jawab membuatmu lebih kaya dari sebelumnya. Menabung di bank memang tidak bisa jadi sumber pengembalian yang memuaskan karena besarannya sangat rendah.

Meski demikian, Tahapan BCA memiliki kelebihan lainnya seperti jaringan yang luas dan limit transfer yang lebih besar. Namun, hal ini juga tergantung pada jenis kartu debit yang kamu miliki atas tabunganmu.

Berikut tiga jenis kartu yang bisa kamu pilih:

1. Paspor Blue

Kartu debit ini memiliki limit pengambilan uang tunai hingga Rp7 juta per hari lewat ATM. Selain itu, kamu bisa melakukan transfer hingga Rp25 juta per hari jika memiliki kartu berwarna biru ini. Dikenakan biaya administrasi sebesar Rp15.000 per bulan untuk penggunaannya.

2. Paspor Gold

Kartu berwarna kuning emas ini memungkinkan kamu menarik tunai lewat mesin ATM maksimal Rp10 juta. Selain itu, kamu juga bisa melakukan transfer hingga Rp50 juta per hari. Saldomu akan dipotong Rp17.000 setiap bulan untuk biaya administrasi.

3. Paspor Platinum

Jenis kartu ini cocok untukmu yang butuh limit transaksi keuangan harian yang tinggi. Pemilik kartu ini bisa melakukan transfer hingga maksimal Rp100 juta. Namun, batas tarik tunai via ATM sama dengan tipe gold yaitu Rp10 juta per hari. Pemilik kartu berwarna hitam ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp20.000 per bulan. 

Apakah kamu merasa bunga tabungan BCA terlalu rendah? Maka kamu mungkin sebaiknya mempertimbangkan untuk menyimpan uangmu dalam bentuk deposito agar tidak menyusut. Strateginya adalah menyimpan uang kebutuhan harian di tabungan yang lebih mudah diakses, dan sisanya di rekening deposito atau tabungan berjangka yang bunganya lebih menguntungkan.

Ada sejumlah produk deposito BCA yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa menanyakan variannya dengan menghubungi Halo BCA secara langsung untuk memutuskan mana yang pas buatmu. Sekarang paling tidak kamu tahu bahwa tidak bisa menggantungkan keuntungamu hanya dari bunga tabungan BCA saja.

Investasi Jauh Lebih Baik Untuk Tambah Untung

Menabung di bank tidak akan memberikan keuntungan dengan besaran suku bunga yang ditawarkan kurang dari 1% tahun. Bahkan bisa saja pendapatan yang kamu hasilkan dari bunga itu akan habis terkikis biaya administrasi bulanan. Dewasa ini, produk tabungan hanya sekedar dompet untuk menyimpan danamu dan memudahkankan ketika akan diakses sewaktu-waktu.

Kalau mau untung, kamu harus berinvestasi. Deposito yang disebutkan sebelumnya juga bisa memberikan hasil yang lebih baik dari tabungan. Namun kalau ingin hasilnya yang lebih progresif maka kamu harus memiliki instrumen investasi lainnya.

Jika ingin lebih mengembangkan uangmu maka investasi adalah jawaban tepat. Salah satu yang bisa dicoba adalah reksa dana. Kalau kamu masih pemula maka Ajaib bisa menuntunmu melakukan investasi yang aman dan menguntungkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait