Berita

Jasa Marga (JSMR) Siapkan Capex Senilai Rp9 T di Tahun 2022

Sumber: Jasa Marga

Ajaib.co.id – Di tahun 2022 ini PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menyiapkan capital expenditure (capex) atau belanja modal senilai Rp 9 triliun.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, menjelaskan bahwa dana capex tersebut rencananya akan digunakan untuk pengembangan ruas-ruas tol baru di tahun 2022.

“Capex juga akan digunakan untuk pengembangan bisnis prospektif perusahaan serta untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimum jalan tol,” ungkap Dwimawan kepada Kontan.co.id pada Minggu (23/1).

Di sisi lain, Jasa Marga juga telah menyusun beberapa strategi bisnis, di antaranya adalah dengan melakukan penambahan dan pengembangan konsesi untuk mempertahankan posisi JSMR sebagai market leader.

Sementara itu, dari lini bisnis operasional JSMR akan memperkuat dan monetisasi kompetensi inti dalam bidang pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol.

“Serta di lini bisnis prospektif kami akan melakukan pengoperasian dan pengembangan rest area – saat ini JSMR group melalui anak usaha mengoperasikan 27 rest area dan tengah membangun 2 rest area, serta mengembangkan lini bisnis prospektif lain yakni seperti iklan, utilitas, pengembangan kawasan (toll corridor development), dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, pada tahun 2022 ini Jasa Marga juga akan aktif berpartisipasi dalam pelelangan yang diselenggarakan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

JSMR menargetkan untuk terus menambah perolehan ruas jalan tol baru yang memiliki kelayakan baik melalui skema bisnis dan pendanaan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur pemerintah. Dengan demikian perseroan dapat berkontribusi dalam peningkatan ekonomi di Indonesia.

Sementara itu, saat ini JSMR bersama konsorsium telah dinyatakan sebagai pemenang lelang untuk Ruas Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,65 Km.

“Saat ini Jasa Marga bersama konsorsium juga tengah berpartisipasi dalam pelelangan Ruas Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 Km,”

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa di tahun 2022 Jasa Marga akan menggarap dan menyelesaikan beberapa proyek tol, salah satunya adalah dengan menambah pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B SS Danowudu-Bitung sepanjang 12,65 km.

“Sehingga seluruh Jalan Tol Manado Bitung sepanjang 39 km akan beroperasi penuh,” tambahnya.

Kemudian ada juga proyek Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km yang telah selesai pembangunannya. Rencananya proyek ini akan dioperasikan bersamaan dengan ruas Cinere-Jagorawi seksi 3 (PT TLKJ) yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

“Selain itu tahun ini juga JSMR masih mengerjakan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket III Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km dengan progress konstruksi saat ini 59,64%. “Proyek ini kami targetkan penyelesaian di kuartal I tahun 2023,” katanya.

Adapun di awal tahun ini juga Jasa Marga rencananya akan segera memulai pembangunan ruas tol Yogyakarta – Bawen Seksi I sepanjang 8.25 km yang saat ini sedang dalam tahap pengadaan penyedia jasa konstruksi.

Sumber: Jasa Marga (JSMR) Siapkan Belanja Modal Rp 9 Triliun Tahun 2022, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait