Berita

Bank Negara Indonesia (BBNI) dan Rencana Akuisisi Bank Kecil

Sumber: BNI

Ajaib.co.id – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) terhembus kabar akan melakukan akuisisi bank kecil sebagai langkah strategis Bank BNI masuk ke bank digital. 

“Bahwa manajemen BBNI siap membidik bank kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I atau BUKU II sebelum peraturan OJK terkait penggolongan bank resmi berubah menjadi kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI),” tutur Pejabat Kementerian BUMN seperti dilansir Antara, Senin (18/10).

Pejabat yang mengetahui rencana akuisisi tersebut menambahkan, Bank BNI juga akan melirik perusahaan fintech

“BBNI sebagai perusahaan publik ingin selalu ingin mencatatkan performa baik serta positif dan melakukan penyesuaian diri dengan perkembangan kebutuhan nasabah dari waktu ke waktu,” tanggapan Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank BNI, YB Hariantono.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai strategi tersebut adalah dengan melakukan ekspansi anorganik. 

“Dengan memperhatikan permodalan BBNI yang semakin solid dan kuat, kinerja yang semakin baik, bahkan di atas target yang sudah di proyeksikan, maka BBNI saat ini dalam kondisi memasuki tahapan yang lebih serius untuk mewujudkan semua opsi yang ada,” tutur YB pada Kontan.co.id, Senin (18/10). 

Sebagai perusahaan terbuka dan sudah listing di BEI, semua aksi korporasi yang dilakukan BBNI harus tunduk pada prinsip governance yang berlaku dan menghormati masing masing pihak terkait.

Oleh karena itu, lanjut YB, Bank BNI belum belum dapat menyampaikan nama target maupun partner yang akan digandeng Bank BNI kedepannya. 

YB menuturkan, kesepakatan ekspansi anorganik tersebut akan diumumkan pada waktu yang tepat nantinya. Rencana akuisisi BBNI ini  memang mengarah pada akuisisi bank, bukan fintech. Pasalnya, secara regulasi bank tidak bisa melakukan akuisisi langsung terhadap perusahaan non bank, termasuk fintech.

Akuisisi perusahaan keuangan non bank harus dilakukan lewat perusahaan modal ventura. Sedangkan Bank BNI belum memiliki modal ventura sampai saat ini. 

YB melanjutkan,  Bank BNI saat ini tengah fokus melakukan digitalisasi produk perbankan dan proses bisnis secara digital baik untuk melayani konsumer banking maupun bisnis banking. 

“BBNI akan mendigitalkan platform internal, membangun produk digital dan memodernisasi layanan eksisting, serta mengembangkan ekosistem digital dengan layanan API open banking,” pungkas YB. Dengan layanan BNI API, BBNI dapat melakukan lebih banyak kolaborasi dengan para fintech serta e-commerce.

Sumber: Penjelasan Bank Negara Indonesia (BBNI) terkait rencana akuisisi bank kecil, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait