Berita

Gencar Akuisisi, Sarana Menara (TOWR) Raih Kredit Rp14 T

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) mendapatkan fasilitas pinjaman berasal dari sejumlah bank melalui dua anak usahanya yaitu PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Iforte Solusi Infotek (Iforte) dengan nilai mencapai Rp14 triliun.

Protelindo merupakan Perusahaan dari anak usaha TOWR dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%. Sedangkan Iforte merupakan Perusahaan dari anak usaha dari Protelindo dengan kepemilikan saham 99,99%.

“Pinjaman yang didapatkan oleh anak usaha TOWR merupakan transaksi terpisah dan tidak berhubungan satu sama lain,” tutur Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Irfan Ghazali.

Lanjutnya, mengingat transaksi tersebut adalah jenis transaksi yang satu jenis transaksi dan seluruh pinjaman diberikan kepada Protelindo, maka keterbukaannya dilakukan dalam satu hal keterbukaan.

Adapun, nama perbankan yang telah menandatangani memberikan fasilitas kredit ke anak usaha TOWR adalah Bank BNI dengan nilai Rp3 triliun, Bank BTPN senilai Rp2 triliun, Bank CIMB Niaga dengan nilai Rp1 triliun, Bank HSBC Indonesia senilai Rp1 triliun, Bank Mandiri dengan nilai Rp2 triliun, Bank Mizuho Indonesia senilai Rp2 triliun, dan MUFG Bank Ltd. kantor cabang Jakarta mencapai nilai Rp 3 triliun.

“Bahwa pinjaman tersebut akan digunakan oleh anak usaha TOWR (Protelindo) untuk membiayai kebutuhan umum perusahaan termasuk didalamnya dengan tujuan untuk membiayai potensi akuisisi oleh Protelindo,” tutur Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Irfan Ghazali.

Pada waktu yang bersamaan, anak usaha TOWR juga melakukan penandatanganan perjanjian fasilitas perubahan kesembilan dengan BCA menjadi senilai total Rp2 triliun, dari plafon awal tercatat hanya senilai Rp500 miliar. 

Perjanjian perubahan fasilitas bergulir senilai juga ditandatangani oleh Protelindo dengan Bank Danamon dan Maybank pada tanggal 16 September 2021 kemarin. Protelindo menambah fasilitas dari Bank Danamon menjadi senilai total Rp2 triliun dari semula yang hanya sebesar Rp1 triliun, sementara dengan Maybank menjadi senilai Rp1 triliun dari sebelumnya hanya tercatat Rp500 miliar. 

Sumber: Mau Akuisisi SUPR, Sarana Menara (TOWR) Raih Fasilitas Kredit Rp14 Triliun, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait