Bisnis & Kerja Sampingan

Koleksi Barang Branded Ternyata Bukan Hanya Sekadar Hobi

Barang branded
Barang branded

Ajaib.co.id – Memiliki barang branded memang ada kepuasan tersendiri. Barang yang harganya di atas rata-rata ini diminati banyak orang karena menawarkan eksklusivitas dan kelas bagi pemakainya. Memang rata-rata yang memilikinya adalah mereka yang berpenghasilan menengah ke atas.

 Ada yang mengoleksi barang branded karena hobi dan sudah menjadi ciri khasnya. Rasanya ada yang kurang apabila tidak menggunakan barang mewah itu. Namun sebenarnya barang bernilai mahal ini bukan hanya sekedar hobi apabila kamu ingin mencoba sesuatu yang baru. Berbisnis barang dengan merk ternama ini bisa mendatangkan keuntungan juga untukmu jika kamu menjalaninya dengan serius.

Berbisnis barang branded

Memulai bisnis barang bermerk ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, sesuai dengan harga barangnya. Namun, tetap bisa kamu usahakan dan kamu serius mengingat banyak orang Indonesia yang berminat untuk membelinya. Di awal, kamu bisa membeli barang bermerek dengan jumlah yang sedikit dulu. Setelah laku, kamu bisa menambah jumlah barangnya.

Syarat berikutnya adalah kamu harus paham mana barang bermerk yang asli dan palsu. Jujur saja barang bermerk ini sangat mudah dibuat tiruannya, bahkan ada yang sulit dibedakan karena ada jenis barang super KW yang jauh lebih murah dan sangat mirip dengan barang aslinya.

Sedangkan apabila kamu salah menjual barang, tentu reputasimu akan turun. Misalnya pelanggan meminta barang bermerk yang asli, tapi ternyata kamu malah memberikan yang super KW. Mereka bisa saja tidak mempercayaimu lagi. Untuk itu reputasi yang baik di sini sangat penting.

Setelah itu agar barang bermerk yang kamu jual itu cepat laku, kamu harus bisa mencari pelanggan dengan cara yang tepat. Biasanya yang senang membeli barang branded ini adalah kaum menengah ke atas. Kamu bisa menemukan mereka dengan secara langsung masuk ke komunitas mereka. Atau bisa juga dengan memanfaatkan marketplace yang kini tersedia di Indonesia. Intinya kamu harus bisa menemukan pelanggan yang tepat.

Berbagai macam jenis bisnis barang branded

Jenis bisnis barang bermerk ini ada banyak lho. Kamu bisa mencoba salah satunya karena semuanya bisa diusahakan. Di bawah ini adalah berbagai macam jenis usaha barang bermerk tersebut:

1. Usaha barang bermerk preloved

Kamu ingin menjual kembali barang bermerk yang sudah kamu gunakan lama? Sangat bisa dilakukan. Harganya tidak harus turun, kamu bisa menaikkannya apabila barang bermerk itu adalah barang limited edition alias langka. Terlebih apabila dicari oleh banyak orang, harganya bisa berlipat-lipat naiknya.

Usaha barang bermerk preloved ini juga sangat diminati karena ada juga yang harganya jauh lebih murah ketimbang yang ada di pasaran pada umumnya. Kalau seperti ini agar tidak mengalami kerugian dari awal kamu memang sudah menyetok barang yang preloved dari awal sehingga dijual padamu di harga di bawah. Lalu, kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, tapi tetap di bawah harga pasar.

2. Membuka jasa titip

Membeli barang branded secara langsung dari toko resminya terkadang tidak lakukan oleh orang Indonesia karena tempatnya yang terlalu jauh, sedangkan mereka juga memiliki kesibukan tersendiri. Ada juga yang merasa kagok apabila membeli barang online karena takut malah paketnya akan nyasar ke suatu tempat, apalagi ini adalah barang mahal.

Oleh karena itu kamu bisa membuka jasa titip. Hal ini juga sangat diminati oleh para pemburu barang bermerk karena dengan itu mereka tidak perlu repot-repot mencari barang bermerk yang diinginkan selama ada orang lain yang bersedia mencarinya.

3. Menjual barang koleksi lama

Koleksi lama yang belum laku biasanya diminati juga oleh para pengoleksi barang bermerk. Kamu bisa mengincar koleksi lama ini di waktu-waktu tertentu. Biasanya para pemasok utama menjual barang-barang koleksi lama yang belum laku itu ketika pergantian musim, atau bahkan pergantian tahun.

Barang-barang itu biasanya di diskon dengan harga yang lebih murah ketimbang harga yang aslinya. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai lahan bisnis.

4. Menjual koleksi diffusion line

Para desainer barang merk ternama tidak hanya mendesain barang dengan harga yang mahal, mereka juga membuat barang-barang bermerk turunan ke bawahnya. Kualitasnya memang tidak sama dengan barang bermerek yang biasa mereka buat, tapi tetap bernilai karena membawa nama besar mereka. Desainnya pun terlihat sangat menarik.

Barang diffusion line ini harganya jauh lebih murah dari barang bermerk pada umumnya. Dan siapa yang merasa tidak bangga memiliki barang yang didesain oleh desainer ternama dunia? Ini juga bisa menjadi jalan yang kamu ambil dalam berbisnis barang bermerk ternama.

5. Menjual koleksi yang sedang diskon

Untuk lebih menarik banyak pembeli, kamu bisa mengadakan diskon di barang-barang bermerk yang kamu jual. Cara umum yang dapat dilakukan adalah kamu membeli barang-barang bermerek yang diskon, dan menjual kembali dengan harga diskon pula. Orang-orang menyukai barang yang diskon.

Kamu bisa menemukan barang diskon itu di acara-acara tertentu dan di waktu tertentu, jadi jangan sampai ketinggalan berita. Intinya kamu harus mencari informasi kapan barang-barang mewah itu didiskon.

Seperti itulah berbagai macam bisnis barang mewah yang dapat kamu lakukan. Jadi, ini bukan hanya sekedar hobi yang bisa dikoleksi. Ada berbagai macam jenisnya, dan kamu bisa mempraktikkan salah satu atau beberapa sekaligus. Tergantung yang mana yang paling bisa menguntungkanmu. Asalkan kamu ingat, harus menjual barang yang asli, dan menjaga kepercayaan para pembeli agar dagangan semakin laris.

Artikel Terkait