Milenial

Hal Penting Sebelum Mengetahui Cara Daftar VPN

Ada beberapa hal penting yang harus dipahami sebelum memahami cara daftar VPN agar tidak memberikan bahaya bagi keamanan data.

Ajaib.co.id – Cara daftar VPN mungkin jadi kata kunci yang cukup dicari belakangan ini. Hal ini tentu saja muncul dari kemudahan dalam mengakses internet saat ini memang menjadi hal yang cukup bermanfaat. Pasalnya, kamu dapat mendapatkan berbagai macam informasi secara lengkap melalui internet.

Mulai dari informasi yang menambah wawasan hingga yang bersifat hiburan. Akan tetapi, ada beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh setiap negara termasuk Indonesia terhadap beberapa situs tertentu karena dianggap mengandung unsur-unsur yang dilarang.

Alhasil, kamu tidak akan dapat mengakses beberapa situs karena kebijakan yang telah ditetapkan. Namun, hal tersebut bisa diantisipasi dengan menggunakan bantuan VPN. VPN atau Virtual Private Network kini sudah cukup dikenal oleh banyak pengguna internet. Cara daftar VPN atau cara menggunakannya pun cukup mudah.

Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan atau mengetahui cara daftar VPN. Hal ini jelas menyangkut keamanan kamu dalam mengakses konten di internet. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan dan mengetahui cara daftar VPN.

Pengertian VPN

Virtual Private Network atau VPN merupakan layanan koneksi yang dapat kamu gunakan untuk mengakses beberapa website secara aman dan pribadi dengan mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan setiap pertukaran data yang terjadi. Tujuan dari penggunaan VPN ini adalah mendapatkan koneksi internet secara aman, pribadi dan mengakses setiap jaringan secara remote.

Bisa dikatakan juga dengan menggunakan VPN kamu dapat mengkoneksikan semua gadget yang digunakan baik smartphone atau laptop ke internet untuk dapat mengakses suatu situs yang tidak dapat diakses di negara tempat kamu tinggal. Pada dasarnya, cara kerja VPN seperti melakukan enkripsi di setiap pertukaran data sebelum koneksi publik di suatu tempat membacanya.

Ketika VPN diaktifkan maka internet akan terhubung dengan menggunakan jalur khusus dan tidak menggunakan jalur atau jaringan utama. Lalu, server VPN akan meneruskan koneksi ke situs yang ingin diakses. Koneksi yang digunakan akan dikenali sebagai koneksi melalui jaringan server VPN bukan jaringan utama.

Manfaat Menggunakan VPN

Pada dasarnya, VPN digunakan untuk akses remote pada suatu jaringan. Misalnya saja jaringan kantor menggunakan VPN untuk mengakses internet di mana saja selama masih terhubung dengan internet. Selain itu, ada beberapa manfaat yang dihasilkan saat menggunakan VPN seperti berikut ini:

ByPass

Kemudahan dalam mengakses melewati pembatasan geografi pada situs streaming atau video.

Pengamanan Data pada Jaringan Publik

Dengan menggunakan VPN, kamu dapat melindungi pertukaran data antara WiFi atau jaringan internet yang berbahaya. Misalnya saja di beberapa jaringan internet publik seperti cafe, mall, bar, dan masih banyak lainnya.

Data Pribadi Menjadi Anonim

Dalam menggunakan VPN, data pribadi dan lokasi yang akan diberikan bukanlah realtime atau secara langsung, melainkan lokasi server VPN. Hal ini bisa dilakukan untuk menjaga privasi kamu seperti kata sandi, alamat rumah, nomor rekening, dan berbagai informasi sensitif lainnya.

Data Sudah Dienkripsi

Proses pertukaran data antara jaringan dan suatu situs, sudah dienkripsi sehingga informasi yang akan ditampilkan sudah terenkripsi dan bukan data mentah saja.

Kekurangan VPN

Manfaat yang dihasilkan oleh penggunaan VPN ini juga diiringi dengan kekurangan saat menggunakannya. Pasalnya, penggunaan VPN dapat memberikan beberapa dampak yang cukup merugikan. Berikut beberapa kekurangan dari penggunaan VPN:

Terjadinya Penjualan Data

Kekurangan dalam penggunaan VPN biasanya terjadi pada jenis VPN gratis, di mana adanya penjualan data secara ilegal. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan VPN secara gratis.

Koneksi akan Terasa Lambat

Saat menggunakan VPN, biasanya akan terjadi pembatasan bandwith internet, di mana IP Address yang kamu gunakan akan dijadikan Network Endpoint sehingga internet yang terkoneksi dengan VPN kecepatannya berkurang.

Adanya Serangan Man in the Middle

Risiko terjadinya man in the middle atau serangan pada sistem komputer melalui jaringan cukup besar. Di mana, hacker yang menjadi pelaku akan berada di tengah jalur komunikasi dan dapat mencuri, membaca, membajak, hingga menyisipkan malware pada data kamu.

Risiko Terjadinya Kebocoran Data hingga Alamat IP

Risiko yang satu ini cukup memberikan dampak berbahaya pada data-data kamu. Apalagi jika banyak data-data penting yang ada di dalam perangkat. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat menggunakan VPN khususnya yang gratis.

Dapat Melacak Aktivitas Online

Di beberapa jenis VPN khususnya yang gratis, biasanya akan ditanamkan tracker yang dapat melacak setiap aktivitas pengguna dan dapat dibagikan ke pihak ketiga sehingga data-data yang dikumpulkan dapat dijadikan acuan untuk melakukan kejahatan.

Cara Daftar VPN secara Mudah

Setelah kamu memahami beberapa hal penting sebelum mengetahui cara daftar VPN, kamu bisa mulai memilih jenis VPN terbaik untuk mengakses data secara aman. Cara daftar VPN dan menggunakannya cukup mudah. Biasanya VPN dapat digunakan dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu unduh di smartphone atau desktop. Berikut ini penjelasan mengenai cara daftar VPN dan cara menggunakannya di beberapa perangkat:

Cara Daftar VPN di Smartphone

Ada banyak pilihan aplikasi VPN di smartphone yang mudah digunakan seperti ExpressVPN, Tunnelbear, Avira Phantom VPN, dan masih banyak lainnya. Sebaiknya kamu menggunakan jenis VPN yang berbayar dengan harga terjangkau untuk mendapatkan keamanan dan jaminan pada data-data di smartphone kamu. Adapun cara daftar VPN dan menggunakannya di smartphone di antaranya:

●      Mengunduhnya melalui Playstore pada Android dan App Store pada IOS.

●      Setelah itu, pada VPN berbayar kamu akan diminta membuat akun dan masuk menggunakan akun yang sudah dimiliki.

●      Pada VPN berbayar kamu akan diminta untuk membayar sejumlah biaya untuk menggunakan layanan VPN atau menggunakan free trial dengan jangka waktu tertentu.

●      Setelah itu kamu sambungkan VPN dengan koneksi internet, lalu kamu sudah bisa menggunakan internet untuk mengunjungi berbagai macam situs yang tadinya tidak dapat diakses.

Cara Daftar VPN di Desktop

Cara daftar VPN dan menggunakannya di desktop, tidak jauh berbeda dengan menggunakan smartphone. Berikut penjelasannya:

●      Mengunduh aplikasi atau software di website resmi penyedia VPN

●      Setelah itu, pada VPN berbayar kamu akan diminta membuat akun dan masuk menggunakan akun yang sudah dimiliki.

●      Pada VPN berbayar kamu akan diminta untuk membayar sejumlah biaya untuk menggunakan layanan VPN atau menggunakan free trial dengan jangka waktu tertentu.

●      Setelah itu kamu sambungkan VPN dengan koneksi internet, lalu kamu sudah bisa menggunakan internet untuk mengunjungi berbagai macam situs yang tadinya tidak dapat diakses.

Memahami cara daftar VPN dan memilih jenis yang resmi adalah hal terpenting untuk memberikan keamanan pada data-data kamu. Oleh karena itu, pilihlah jenis VPN yang aman dan berbayar untuk memudahkan aktivitas kamu. Memilih jenis VPN, sama halnya dengan memilih layanan instrumen investasi.

Kamu harus memilih layanan investasi yang dapat memberikan jaminan keamanan dan tentunya keuntungan saat menggunakannya. Salah satu media investasi yang memberikan layanan investasi adalah Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di saham dan reksa dana.

Kamu bisa berinvestasi secara mudah dan online melalui smartphone. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait