Bisnis & Kerja Sampingan

Adakah Cara Transfer Garuda Miles? Ini Jawaban Pastinya

cara transfer garudamiles

Ajaib.co.id – Bisakah kita melakukan transfer GarudaMiles untuk hadiah bagi orang lain? Bagaimana cara transfer GarudaMiles? Simak jawabannya di artikel ini. 

Kamu yang biasa menggunakan pesawat sebagai moda transportasi pasti akrab dengan istilah miles atau mileage. Miles adalah sebutan untuk program loyalti yang didapatkan dari transaksi kartu kredit, pembelian tiket pesawat, atau menginap di hotel.

Miles ini nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran dan berbagai kemudahan lainnya yang biasanya bersifat eksklusif. Prinsipnya, semakin sering kamu terbang, belanja menggunakan kartu kredit, atau menginap, makin banyak miles yang akan kamu dapatkan.

Kalau kamu penasaran dengan sistem GarudaMiles, baca artikel yang sudah disiapkan oleh redaksi Ajaib berikut ini.

Frequent Flyer Program GarudaMiles

Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Badan Usaha Milik Negara juga punya program loyalti FFP (Frequent Flyer Program) bernama GarudaMiles yang menawarkan banyak keuntungan. Selain itu, karena tergabung dalam SkyTeam, miles yang didapatkan pelanggan Garuda Indonesia bisa lebih banyak saat memesan tiket maskapai SkyTeam lainnya.

Apakah Bisa GarudaMiles Ditransfer?

Sampailah kita pada pertanyaan “bisakah GarudaMiles ditransfer pada pemegang akun lain? Misalnya ditransfer pada akun orangtua atau anak?” dan “bagaimana cara transfer GarudaMiles?”

Ya, buat kamu yang sering bepergian dan punya banyak miles terkadang pasti ingin memberikan miles pada orang yang disayang mulai dari membelikan tiket hingga upgrade fasilitas. Namun, jawaban dari pertanyaan di atas adalah: GarudaMiles tidak bisa ditransfer, namun bisa ditukarkan dengan Award Ticket dan Upgrade Award baik untuk Garuda Indonesia maupun maskapai partner.

Award Ticket GarudaMiles

Award Ticket adalah tiket hasil penukaran miles yang bisa kamu berikan sebagai hadiah pada orang lain. Karena Garuda Indonesia tergabung dalam SkyTeam, maka ada beberapa maskapai lain yang tiketnya bisa kamu peroleh dari miles.

Maskapai tersebut adalah Citilink, Korean Air, Etihad Airways, Air France & KLM, Aero Mexico, Aeroflot, Aerolinas Argentinas, Air Europa, China Airlines, China Eastern, Czech Airlines, Delta Air Lines, Kenya Airways, Middle East Airlines, Saudi Airlines, TAROM, Vietnam Airlines, Xiamen Airlines, dan All Nippon Airways.

Upgrade Award GarudaMiles

Berbeda dengan Award Ticket yang ada di layanan pembelian tiket, Upgrade Award membuat kamu bisa menaikkan kelas penerbangan dari Ekonomi terendah ke First Class atau Business Class hanya dengan menukarkan sejumlah miles.

Kamu bisa melakukan Upgrade Award GarudaMiles di bandara setelah sebelumnya mengisi formulir permohonan kenaikan layanan kelas penerbangan. Upgrade Business Class Domestik bisa dilakukan maksimal 1 jam sebelum penerbangan, upgrade Business International harus dilakukan 2 jam sebelum penerbangan, dan upgrade First Class harus dilakukan 4 jam sebelum penerbangan.

Keuntungan Menjadi Anggota GarudaMiles

Jika kamu sering terbang menggunakan Garuda Indonesia, tak ada salahnya untuk bergabung menjadi anggota GarudaMiles karena punya banyak keuntungan dan prioritas yang akan memudahkan perjalananmu.

Secara umum, GarudaMiles punya 4 tingkatan, yaitu GarudaMiles Blue, GarudaMiles Silver, GarudaMiles Gold, dan GarudaMiles Platinum.

Fasilitas Garuda Miles Blue

  • Welcome bonus hingga 1.000 miles
  • Mendapat miles berupa award miles dan tier miles
  • Menukarkan miles dengan Award Ticket
  • Menghadiahkan Award Ticket
  • Menukarkan miles dengan Upgrade Award
  • Menghadiahkan Upgrade Award
  • Prioritas dalam waiting list reservasi tiket berdasarkan harga/kelas tiket, jarak penerbangan, dan tingkat keanggotan.

Fasilitas GarudaMiles Silver

Tingkatan GarudaMiles Silver ini bisa diraih jika sudah memiliki minimal 10.000 tier miles atau 10 penerbangan. Kamu bisa mendapatkan fasilitas berikut di tingkatan Silver:

  • Mendapat miles berupa award miles dan tier miles
  • Menghadiahkan Award Ticket
  • Menukarkan miles dengan Upgrade Award
  • Menghadiahkan Upgrade Award
  • Konter check-in khusus di bandara Soekarno-Hatta
  • 5kg tambahan kuota bagasi
  • Prioritas dalam waiting list reservasi tiket berdasarkan harga/kelas tiket, jarak penerbangan, dan tingkat keanggotan.

Fasilitas Garuda Miles Gold

GarudaMiles Gold ini bisa didapatkan dengan minimal 30.000 tier atau 30 penerbangan. Berikut adalah daftar fasilitas yang bisa kamu dapatkan jika ada di tingkatan ini:

  • Mendapat miles berupa award miles dan tier miles
  • Menukarkan miles dengan Award Ticket
  • Menghadiahkan Award Ticket
  • Menukarkan miles dengan Upgrade Award
  • Menghadiahkan Upgrade Award
  • Konter check-in khusus Gold atau Sky Priority di bandara Soekarno-Hatta
  • Prioritas saat boarding
  • Pemberian tag bagasi khusus
  • 15 kg tambahan kuota bagasi
  • 25% tier bonus
  • Prioritas dalam waiting list reservasi tiket berdasarkan harga/kelas tiket, jarak penerbangan, dan tingkat keanggotan.
  • Bisa menukarkan miles sebagai akses masuk Lounge
  • Mendapat penawaran spesial akses ke lounge mitra GarudaMiles

Fasilitas Garuda Miles Platinum

Tak hanya bisa digunakan untuk mempermudah penerbangan, jika kamu ada di tingkatan Platinum, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Bukan hanya bisa menghadiahkan Award Ticket dan Upgrade Award, kamu juga bisa menjadi tamu VIP pada acara eksklusif Garuda Indonesia.

Selain itu, kamu bisa check-in di konter premium khusus anggota GarudaMiles Platinum, masuk ke Garuda Executive Lounge untuk bandara domestik & internasional, tambahan bagasi 20 kg, 25% tier bonus, dan punya prioritas dalam penanganan bagasi maupun reservasi tiket.

Jika kamu sudah menjadi anggota GarudaMiles Platinum, kamu harus punya minimal 45.000 tier miles atau 45 kali penerbangan. Nah, bagi yang sudah punya keanggotaan GarudaMiles namun kebetulan tidak bisa terbang namun ingin mempertahankan tingkatan keanggotaan, kamu bisa membeli miles resmi melalui Garuda Indonesia.

Miles yang sudah dibeli bisa digunakan untuk meningkatkan akumulasi miles kamu sehingga tetap bisa menukarkan Award Ticket atau Upgrade Award, berdonasi lewat program amal GarudaMiles atau belanja di penerbangan.

Kamu bisa membeli miles dalam kelipatan 1.000 seharga Rp275 ribu per 1.000 miles. Pembelian maksimal yang diijinkan adalah 50 ribu miles setiap tahun periode.

Itu dia jawaban dari pertanyaan mengenai cara transfer GarudaMiles. Tenang, walau tidak bisa ditransfer langsung, bukan berarti kamu tidak bisa memanfaatkan miles yang kamu miliki untuk menyenangkan diri sendiri atau orang lain.

Kamu bisa buka www.garuda-indonesia.com sebagai akses untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap. Dengan membuka dan menggunakan website tersebut, kamu juga bisa mengakses berbagai informasi seperti bagasi tambahan berbayar, melihat waktu keberangkatan untuk penerbangan, dan berbagai hal lainnya.

Artikel Terkait