Properti

Model Rumah Sederhana dan Kiat dalam Mendesainnya

model rumah sederhana

Ajaib.co.id – Kamu sedang mencari referensi mengenai model rumah sederhana? Kami ada di artikel yang tepat. Pasalnya, redaksi Ajaib akan membagikan berbagai referensi mulai dari desain rumah minimalis modern hingga minimalis sederhana. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini.

Punya rumah dengan luas lahan yang minimalis seperti tipe rumah 21 atau 36? Jangan khawatir, jika kamu cukup kreatif dalam mengakalinya, kamu bisa membuat rumah sederhana tipe 21 atau rumah sederhana tipe 36 yang jadi impian banyak orang.

Mesti luas bangunan terbatas, selama kamu bisa mengatur aspek-aspek dalam rumah seperti ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi, hingga kamar tidur dengan benar, kamu bisa tetap memberi kesan yang luas lho.

Model Rumah Sederhana yang Pantas untuk Lahan Terbatas

Tidak bisa dipungkiri, memiliki rumah adalah sebuah kebutuhan primer bagi setiap orang. Karena, rumah menjadi tempat kita berpulang untuk melepas segala penat aktivitas sehari-hari. Hidup mengontrak atau menyewa memang bisa jadi solusi, tetapi justru tidak akan menyehatkan untuk kualitas finansialmu.

Walaupun sederhana, kita memang perlu memiliki rumah. Sekarang juga sudah banyak cara untuk bisa mendapatkan rumah sederhana, baik dengan membeli secara tunai, hingga cicilan KPR bank. Dengan perencanaan keuangan yang kuat, kamu bisa membeli rumah walau gaji kamu hanya sekitar Rp4 jutaan hingga Rp5 jutaan.

Karena itu, mumpung di usia muda, kamu memang harus memiliki tujuan untuk memiliki rumah. Tidak apa-apa jika kamu hanya mampu membeli model rumah sederhana. Karena, kamu bisa mengatasinya dengan permainan desain yang membuat model rumah sederhanamu menjadi tetap sedap sebagai tempat beristirahat sehari-hari.

Bagi kamu yang butuh inspirasi mengenai model rumah sederhana, redaksi Ajaib memiliki beberapa rekomendasinya. Dengan model rumah sederhana ini, kamu bisa memberikan kesan luas meskipun sebenarnya lahan yang kamu punya terbatas. Bagaimana modelnya? Simak paparannya di bawah ini:

Minimalis

Dalam beberapa tahun terakhir, model rumah sederhana minimalis menjadi favorit banyak orang, terkhusus untuk milenial. Karena, meskipun sederhana dengan lahan yang terbatas, desain minimalis bisa menonjolkan kesan modern yang memang nampak anggun dan indah.

Rumah minimalis ini juga cocok untuk pasangan yang baru menikah. Pasalnya, kamu hanya hidup berdua dengan pasanganmu, jadi rumah mungil memang pas untuk kamu. Jika rumah kamu kebesaran, akan banyak biaya yang kamu keluarkan untuk membuatnya atau memelihara rumah tersebut.

Terlebih lagi, dengan rumah besar tetapi hanya dihuni dua orang, akan repot untuk membuat rumah ini tetap bersih dan enak dipandang. Selain itu, dengan rumah yang mungil, kamu juga tidak perlu keluar uang tambahan untuk membeli berbagai properti ruangan.

Rumah sederhana juga bisa tetap terlihat asri. Misal, kamu punya sedikit lahan di belakang rumah, kamu bisa membuat taman kecil sebagai tempat kamu menanam berbagai tanaman. Kamu juga bisa memberikan walldecor agar rumah kamu tampak tidak kosong. Namun, pilihlah walldecor yang tidak terlalu banyak corak agar kesan bersih masih bisa kamu dapatkan.

Conch House

Model rumah sederhana conch house juga bisa jadi incaran kamu. Desain rumah yang diadaptasi dari gaya rumah Amerika Serikat ini memang cukup memikat. Pasalnya, Conch House bisa memberi kesan sejuk dan adem untuk rumah sederhana yang kamu huni.

Mengapa bisa terkesan sejuk? Karena conch house sendiri memang memanfaatkan material kayu sebagai bahan utamanya. Selain itu, lantai rumah ini juga tidak langsung menyentuh ke tanah. Di mana, kayu serta desain ini memang tidak membuat panas untuk penghuni yang ada di dalamnya.

Sayangnya, di balik kesejukan conch house, ada biaya yang cukup besar agar kamu bisa tetap nyaman. Pasalnya, material kayu memang membutuhkan perawatan khusus agar bisa awet. Namun, jika memiliki rumah yang unik dan sejuk adalah motivasi kamu, maka conch house bisa dibilang adalah pilihan terbaik untuk model rumah sederhana.

Kiat Desain Rumah Sederhana

Masih bingung perihal bagaimana mendesain rumah sederhana? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membagikan kiat-kiatnya berikut ini:

Buat Segalanya Sederhana

Banyak orang dalam mendesain rumah terlanjur kalap dan membuat desain yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena hal tersebut, kamu perlu mengevaluasi dulu, sebenarnya unsur-unsur apa saja yang kamu butuhkan di dalam sebuah rumah.

Perlu dicatat, sebenarnya kamu tidak perlu rumah yang begitu besar. Karena, kamu memang tidak memerlukan lahan melebihi 200 meter persegi jika anggota keluarga tidak melebihi 8 orang. Jadi, memiliki rumah yang begitu besar memang tidak ada manfaatnya.

Jika kamu membutuhkan rumah yang besar untuk menyimpan barang-barang kamu yang begitu banyak, ada baiknya kamu pertimbangkan untuk menjual barang-barang kamu saja. Caranya mudah, kamu hanya tinggal memilih-milih mana barang yang kamu butuhkan, dan mana barang yang sebenarnya sudah tidak kamu pakai.

Jika sudah difilter, barang-barang yang tidak terpakai tersebut bisa dijual di pasar preloved. Atau bahkan, kamu bisa membuat garage sale kamu sendiri. Selain menghemat ruangan, kamu juga bisa mendapat biaya tambahan untuk dekorasi rumah sederhana kamu.

Karena pada dasarnya, kamu tidak perlu rumah dengan ukuran melebihi 200 meter persegi kecuali kamu memang keluarga besar beranggotakan lebih dari 8 orang. Jika kamu beralasan membutuhkan rumah yang besar untuk menaruh semua barang-barang kamu, ada solusi praktisnya.

Mudah Direnovasi untuk Pengembangan

Banyak hal orang memutuskan untuk memilih model sederhana. Ada yang memang ingin, ada yang terkendala lahan, ada juga yang terkendala budget. Bagi yang terkendala budget, ada baiknya membuat desain rumah sederhana yang mudah untuk renovasi dan pengembangan.

Karena, jika nanti kamu sudah memiliki budget tambahan, kamu bisa dengan mudah untuk merenovasi atau mengembangkan rumah sederhana kamu tanpa perlu membongkar ulang rumahmu. Dengan begitu, kamu juga bisa menghemat uang untuk renovasi dan pengembangan.

Utamakan Sirkulasi Udara dan Cahaya

Tidak bisa dipungkiri, kelemahan rumah sederhana adalah terbatasnya sirkulasi udara dan cahaya. Namun, hal tersebut sebenarnya bukan masalah jika kamu bisa mengakalinya dari desain ruangan. Pasalnya, kamu bisa meninggikan atap rumah agar rumah sederhanamu tidak terkesan sempit.

Setelah meninggikan atap, kamu juga harus memastikan ada ventilasi di tiap sudut-sudut rumah kamu agar ada udara dan cahaya yang masuk. Bila udara bisa bersikulasi yang baik, meskipun di rumah dengan lahan terbatas, kamu tetap bisa merasakan kesejukan kok.

Itulah pembahasan mengenai model rumah sederhana yang bisa kamu ikuti. Kiat-kiat ini berlaku untuk rumah sederhana dengan satu lantai ataupun 2 lantai. Salah satu hal yang penting dalam rumah sederhana adalah keterbukaan kamu dengan ide-ide inovatif untuk memanfaatkan lahan yang terbatas.

Artikel Terkait