Banking

BCA Personal Loan: KTA BCA Khusus untuk Nasabah BCA

bca personal loan

Ajaib.co.id – BCA Personal Loan merupakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diterbitkan oleh Bank BCA untuk para nasabahnya yang telah mempercayai sistem penyaluran penggajiannya menggunakan payroll BCA. Oleh karenanya, salah satu syarat untuk pengajuan KTA BCA ini adalah wajib memiliki rekening bank BCA.

Pinjaman KTA yang diberikan kepada nasabah BCA ini bisa kamu gunakan untuk keperluan dan kebutuhan seperti renovasi, biaya pendidikan, travelling, dan juga modal usaha. Dan, tidak menutup kemungkinan untuk dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Nah bagi kamu yang merupakan seorang karyawan dan selalu menerima pembayaran gajimu lewat rekening BCA, kamu bisa mengajukan pinjaman KTA BCA hingga Rp100 juta dengan lamanya waktu angsuran mencapai 3 tahun (36 bulan). Bila kamu mengajukan pinjaman KTA BCA, kamu memperoleh beberapa manfaat di antaranya:

Keuntungan BCA Personal Loan

  • Kamu bisa meminjam dana hingga Rp100 juta.
  • Proses cepat dan mudah, serta proses pencairan KTA BCA hanya memakan waktu 14 hari.
  • Nasabah mendapatkan keringanan karena pinjaman yang diajukan tidak perlu adanya jaminan.
  • Waktu lamanya pinjaman bisa disesuaikan dengan kemampuan finansialmu, mulai dari 1, 2, dan 3 tahun.
  • Dalam melakukan pembayaran angsurannya, nasabah tidak perlu takut suku bunga akan berubah-ubah pada periode tertentu. Sebab, KTA BCA ini menawarkan fixed rate selama jangka waktu pinjaman yang telah dipilih oleh nasabah.
  • Bila kamu meminjam uang melalui KTA Personal Loan BCA, kamu akan mendapatkan proteksi asuransi untuk pinjamanmu.

Suku Bunga KTA Personal Loan BCA

Nasabah BCA bisa mengajukan pinjaman KTA dengan pilihan tenor 1, 2, dan 3 tahun. Dengan tingkat suku bunga flat sebesar:

  • Tenor 12 bulan = 1% per bulan.
  • Tenor 24 bulan = 1,03% per bulan.
  • Tenor 36 bulan = 1,07% per bulan.

Selama masa pinjaman berlangsung, kamu juga akan mendapatkan proteksi asuransi dengan besaran persentase sebagai berikut:

  • 12 bulan = 0,363%
  • 24 bulan = 0,693%
  • 36 bulan = 1,020%

Selain itu, Bank BCA memiliki rasio angsuran atau batas aman kredit bagi nasabah, yaitu 1/3 x gaji. Jadi, cicilan KTA BCA yang perlu kamu bayarkan maksimal 1/3 dari penghasilan bulananmu. Bila kamu memiliki gaji Rp6.000.000, berarti biaya angsuran maksimalmu setiap bulan Rp2.000.000. Di mana, pihak Bank BCA memiliki rasio plafon maksimum sebesar 4 x THP. 

Biaya-Biaya Lainnya Saat Mengajukan BCA Personal Loan

Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA di Bank BCA, ada baiknya kamu ketahui dulu biaya-biaya apa saja yang akan dibebankan kepada nasabah saat pengajuan KTA-mu disetujui antara lain:

  • Biaya provisi. Biaya ini merupakan sebuah imbal balik jasa dari persetujuan pinjaman KTA-mu di bank, untuk besaran biaya provisi di bank BCA yakni sebesar 1% dari jumlah pinjaman (minimum Rp100.000).
  • Biaya Pelunasan. Bagaimana bila kamu ingin melunasi seluruh pokok utang pinjaman KTA yang diajukan di Bank BCA, kamu akan dikenakan biaya pelunasan sebesar Rp200.000, bila kamu sudah melakukan pembayaran angsuran minimal 6 kali.
  • Denda Keterlambatan.  Dalam perjanjian kredit KTA BCA, kamu akan dikenakan suku bunga per tahun sesuai tenor yang dipilih dan denda keterlambatan bila kamu telat melakukan pembayaran sesuai jatuh tempo tagihan. Besaran biaya denda keterlambatan ini sebesar 0,28% per harinya. Jadi, bila kamu memiliki cicilan KTA sebesar Rp500.000, dan kamu sudah telat membayar selama satu hari, berarti denda keterlambatan untuk satu hari saja sebesar Rp1.400.

Biaya-biaya KTA di atas wajib kamu ketahui sebelum mengajukan KTA di sebuah bank. Sebab, mengetahui praktik dan karakteristik dari pengajuan KTA sangat bermanfaat bagi setiap nasabah agar pinjaman KTA-mu tidak mencekik keuanganmu nantinya.

Syarat dan Ketentuan Mengajukan KTA Personal Loan BCA

Syarat-syarat dalam pengajuan KTA BCA di antaranya:

  • Kamu harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan, Batam, Yogya – Solo, Palembang, Makassar, Bali, dan Surabaya.
  • Pastikan bahwa kamu pemegang kartu BCA.
  • Berstatus sebagai karyawan, wiraswasta, atau profesional yang sudah bekerja selama 2 tahun.
  • Minimal memiliki penghasilan Rp2.500.000 untuk nasabah yang tinggal di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Batam. Sedangkan, bagi kamu yang tinggal di daerah lainnya minimal penghasilan sebesar Rp2.000.000.
  • Berusia 21 – 55 tahun saat cicilan KTA BCA berakhir.
  • Dokumen pendukung yang perlu kamu persiapkan di antaranya; formulir aplikasi BCA Personal Loan, fotokopi KTP, slip gaji karyawan 3 bulan terakhir, fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi kartu kredit depan dan belakang, serta melampirkan NPWP bagi kamu yang mengajukan pinjaman KTA minimal Rp50.000.000 ke atas.

Proses Pengajuan KTA BCA

Proses pengajuan KTA BCA Personal Loan bisa kamu ajukan dengan mudah, yaitu datang langsung ke kantor cabang BCA atau via telepon lewat Halo BCA.

Lewat Bank

Bila kamu datang langsung pastikan kamu sudah mengunduh mengisi formulir aplikasi BCA Personal Loan di internet atau minta kepada petugas di kantor cabang BCA bersangkutan. Dan, jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen pendukung yang dijelaskan oleh Ajaib di poin-poin sebelumnya.

Dan, serahkan kepada petugas kemudian kamu tinggal menunggu hasil pengajuan KTA BCA-mu selama 14 – 21 hari.

Jika telah mendapatkan konfirmasi persetujuan dari pihak Bank BCA, kamu bisa tinggal tanda tangan akad perjanjian kredit. Maka dana yang kamu ajukan akan cair langsung ke rekeningmu.

Lewat Call Center BCA (Halo BCA)

Untuk mempercepat pengajuan KTA BCA, kamu bisa memanfaatkan layanan Halo BCA yang aktif selama 24 jam sehari untuk menjawab kebutuhan dan keperluan seluruh nasabah BCA. Termasuk keperluan pengajuan KTA-mu, Kamu bisa menghubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib sampaikan terkait keunggulan, syarat & dokumen pendukung, hingga bagaimana proses pengajuan BCA Personal Loan baik itu melalui kantor cabang ataupun lewat Halo BCA. Pinjaman uang yang bisa kamu peroleh dari KTA BCA yakni sebesar Rp5.000.000 – Rp 100.000.000, yang bisa kamu cicil hingga 36 bulan dengan besaran bunga berkisar 1% saja per bulannya. 

Artikel Terkait