Ajaib, Pengumuman

Panduan Lengkap Cara Membeli dan Menjual Saham di Ajaib

Panduan Lengkap Cara Membeli dan Menjual Saham di Ajaib

Membeli dan menjual saham secara online adalah cara paling mudah melakukan investasi saham untuk pemula. Dengan jual-beli saham online, kamu bisa hemat waktu, biaya lebih rendah dan lebih cepat dalam melakukan transaksi saham. Kamu bisa menemukan semuanya itu di Ajaib. Tapi sebelumnya kamu harus membuka rekening saham dulu.

Daftar Akun Ajaib & Buat Rekening RDN di Ajaib

Sebelum memulai investasi saham di Ajaib, hal pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah mendaftar akun di aplikasi Ajaib.

Ikuti Langkah-langkah Membuka Rekening Saham di Ajaib dan isi rekening RDN kamu jika pendaftaran sudah berhasil dilakukan. Di mana, rekening RDN atau Rekening Dana Nasabah ini akan menyipan saldo kamu yang nantinya dapat digunakan untuk mulai berinvestasi saham di Ajaib.

Layaknya dompet digital, kamu perlu setor (top-up) RDN untuk mulai berinvestasi. Pasalnya, semua transaksi jual dan beli akan menggunakan RDN sebagai sumber dana. Nantinya, jika kamu mau menarik keuntungan investasi, kamu harus menarik (withdraw) dari RDN ke rekening asal kamu.

Biaya Transaksi Perdagangan Saham

Sebelum mulai transaksi jual beli saham di Ajaib, perlu diketahui juga bahwa setiap transaksi jual-beli saham umumnya akan dikenakan beberapa komponen biaya yang terpisah dan biaya yang dikenakan tidak terlalu besar untuk setiap transaksi.

Di Ajaib, biaya transaksi yang dikenakan lebih murah. Berikut besaran persentase yang dibebankan kepada investor Ajaib dari jumlah transaksi:

Biaya Broker (Beli)Biaya Broker (Jual)
0,1513%0,2513%
Keterangan: biaya di atas sudah termasuk biaya broker, biaya levy (Bursa Efek Indonesia (BEI), KPEI, KSEI) 0,0433%, PPN biaya broker 11%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.

Cek Saham-Saham Pilihan di Aplikasi Ajaib

Setelah akunmu terverifikasi dan sudah mengisi ulang saldo RDN maka kamu sudah bisa melakukan pembelian saham di Ajaib. Jika kamu bingung untuk memilih saham apa saja yang ingin kamu beli, kamu dapat melihat daftar emiten di aplikasi Ajaib yang sudah dikelompokkan berdasarkan Strategi Saham Populer dan Kategori. Kamu tinggal memilih daftar emiten yang sesuai dengan trading plan kamu.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Ajaib.
  2. Pilih ‘Market‘, lalu pilih kamu dapat mencari saham sesuai dengan strategi investasi kamu, dapat dipilih berdasarkan Strategi Saham Populer seperti Bullish Uptrend, Penghasil Dividen Tertinggi, Growth Investor, dan Strategi lainnya. Atau bisa juga memilih sesuai Kategori, seperti: Top Gainer, Top Loser, Saham Day Trading, Top volume, dan lainnya.
cari saham - Aplikasi Ajaib

Jika ada beberapa saham yang ingin kamu beli atau ingin kamu pantau pergerakannya real-time, kamu dapat menambahkannya ke Watchlist dengan cara:

  1. Pilih emiten yang kamu ingin pantau, lalu akan muncul halaman detail saham.
  2. Klik pada icon Bintang yang ada di bagian atas sebelah kanan. Maka emiten saham ini akan muncul di Watchlist kamu.
fitur advanced charting Aplikasi ajaib

Tapi, jangan lupa juga untuk membaca dulu informasi seputar emiten seperti profil perusahaan dan informasi keuangan emiten tersebut. Klik salah satu kode saham atau emiten maka akan muncul semua informasi tentang emiten tersebut

Setelah memilih saham apa saja yang ingin kamu beli, sekarang saatnya kamu untuk kamu beli saham-saham pilihan kamu. Tapi sebelumnya pastikan kalau saldo RDN kamu sudah terisi ya!

Baca: Cara Isi Ulang dan Tarik Dana Saldo RDN Ajaib

Cara Membeli Saham di Ajaib

Setelah saldo RDN terisi, buka kembali Watchlist Saham yang sudah kamu buat dan mulai beli saham-saham tersebut atau membeli saham lain yang kamu inginkan. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih salah satu saham yang ingin kamu beli, setelah melihat performa dan analisisnya, lalu pilih ‘beli’.
  • Akan ada 2 tipe order, yaitu Limit Order dan Auto Order. Gunakan tipe Limit Order untuk beli atau jual saham dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Sedangkan tipe Auto Order memiliki durasi aktif dan syarat harga yang kamu tentukan.
  • Lalu, tentukan harga dan jumlah lot yang akan dibeli.
  • Jika kamu ingin mengaktifkan fitur Stop Loss/Take Profit agar tidak kehilangan momentum untuk meraih potensi profit, kamu bisa menekan toggle yang ada di sebelahnya. Kamu bisa memilih, ingin mengaktifkan kedua fitur Stop Loss & Take Profit, atau hanya salah satunya.
Fitur take profit ajaib
  • Jika sudah sesuai, lalu klik Beli.

Lakukan cara tersebut untuk membeli saham-saham lainnya. Untuk melihat apakah pesananmu telah berhasil, kamu bisa melihat pada Tab Riwayat yang ada di laman Portofolio.

Lalu, jika ingin melihat performa saham yang kamu beli, kamu bisa cek di laman Portofolio

Jangan lupa untuk menyalakan notifikasi, supaya kamu bisa mendapat informasi terbaru mengenai harga saham yang ada di watchlist-mu.

Cara Menjual Saham di Ajaib

Jika kamu ingin menjual saham yang sudah dibeli untuk take profit, berikut adalah cara untuk menjual saham di Ajaib:

  • Buka halaman Portofolio.
  • Pilih saham yang ingin dijual, lalu akan muncul pilihan jual atau beli, dan pilih ‘jual’.
  • Kamu akan masuk ke halaman Order Book. Tap pada harga yang sesuai, lalu isi jumlah lot saham yang ingin kamu jual.
  • Masuk ke halaman konfirmasi order, cek kembali apakah jumlah lot saham yang akan kamu jual sudah benar. Setelah itu pilih ‘jual’
  • Order jual pun terkirim
  • Cek status ordermu pada tab Riwayat di laman Portofolio.

Hasil penjualan saham tersebut akan otomatis masuk ke saldo pending RDN. Mengapa pending? Ini karena penyelesaian transaksi saham akan memakan waktu 2 hari kerja (T+2). Meskipun demikian, dana hasil penjualanmu sudah bisa digunakan untuk beli saham lainnya.

Simak Jam Buka Bursa Saham Terbaru 2023

Lalu, pasar saham buka jam berapa? Jam perdagangan Efek di pasar reguler atau bursa saham di Bursa Efek Indonesia sejak April 2023 megalami perubahan, berikut detailnya:

  • Jam perdagangan saham Setiap hari Senin-Kamis, Sesi I mulai pukul 09.00-12.00 WIB dan Sesi II mulai pukul 13.30 – 15.49 WIB.
  • Hari Jumat, Sesi I akan dimulai pukul 09.00 – 11.30 WIB dilanjutkan dengan Sesi II pukul 14.00 – 15.49 WIB.

Pada Pasar Reguler umum ini, ada sesi Pra Pembukaan, Pra penutupan, dan Pasca penutupan. Berikut jadwalnya:

  • Sesi Pra pembukaan pukul 08.45 – 08.59 WIB.
  • Sesi Pra Penutupan pukul 15.50.00 – 16.00.59 WIB dan Pasca Penutupan pukul 16.01 – 16.15 WIB.

Untuk transaksi jual beli X-TRA Day Trading Ajaib, bisa membaca artikel Maksimalkan Profit Anda dengan X-TRA Day Trading Ajaib Sekuritas

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Sebagai aplikasi trading saham terbaik, Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman trading yang lebih cepat, aman, dan handal. Yuk #JadiTraderHandal bersama Ajaib sekarang! Proses pendaftarannya mudah dan 100% online.

Ada berbagai fitur menarik yang tersedia untuk membantu Anda memaksimalkan potensi profit dari trading saham, salah satunya X-TRA Day Trading. Anda dapat menikmati X-TRA buying power hingga 7x lipat untuk maksimalkan potensi cuan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib sekarang! Untuk investor crypto, Anda juga dapat mendownload aplikasi trading Ajaib Kripto di Play Store dan App Store.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait