Berita

Kabar Baik! Menkop Restui UMKM Pakai Aset Pemerintah

bisnis umkm

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) punya kabar bagus untuk para pebisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dia merestui para pengusaha UMKM memakai aset pemerintah yang menganggur.

Menkop mengatakan hal tersebut karena meyakini ada banyak brand-brand kopi lokal mampu bersaing dengan produk asing. Bahkan, kualitas dan cita rasa kopi Indonesia jauh lebih baik.

“Kita harapkan produk lokal bisa meningkat dari segi volume bisnisnya, asalkan dikonsep dengan baik maka akan memiliki value yang tinggi,” kata Teten dalam keterangan tertulis di M Bloc Space, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Seperti diberitakan Liputan6.com, untuk memberikan dukungan penuh kepada kopi nasional, Teten sangat mendukung aset pemerintah yang menganggur untuk dimanfaatkan oleh UMKM. Salah satu lahan milik pemerintah yang dimanfaatkan adalah M Bloc Space.

Sekarang, tempat tersebut dijadikan marketplace untuk berbagai produk, seperti kuliner, fashion, termasuk kedai kopi. Bahkan tempat tersebut ramai dikunjungi oleh generasi milennial yang gemar menghabiskan waktu mereka di tempat tongkrongan. “Model seperti ini yang akan mendapatkan market yang paling bagus di kalangan anak muda, selain komersial juga edukasi untuk masyarakat,” ucap Teten memberikan penjelasan.

Agar kopi lokal dapat bersaing dengan kopi luar negeri, Teten terus mencari lahan pemerintah yang menganggur lainnya atau kutang dimanfaatkan untuk dijadikan seperti M Bloc Space. Atau bisa saja dijadikan tempat seperti pasar malam, desa wisata dan sejenisnya.

CEO M Bloc Space serta penggagas Kopi Penyangga Bumi, Handoko Hendroyono, di tempat yang sama seperti Teten mengatakan, M Bloc sudah jauh berkembang bahkan tumbuh karena banyak brand lokal yang hadir dan sangat eksis. Brand-brand lokal seperti inilah, kata Handoko, yang membuat M Bloc Space menjadi tempat yang menjadi favorit dalam beberapa bulan terakhir.

“Kita harus bersatu, berkolaborasi seluruh stake holder (BUMN, masyarakat dan lain-lain) untuk memajukan brand lokal,” ucap Handoko.

Tak hanya brand lokal, Handoko memaparkan, pihak M Bloc Space bakal berkolaborasi membuat event-event kopi. Bukan hanya di M Bloc Space, tetapi juga di banyak tempat lain yang berada di Jakarta Selatan. Diharapkan, tempat-tempar seperti ini bisa menyedot banyak turis asing yang ingin menikmati kopi lokal milik Indonesia.

Sementara itu, di tempat terpisah, Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan, sebagai BUMN Peruri memiliki tanggung jawab untuk memajukan serta mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupannya.

“Acara Kopi Penyangga Bumi ini merupakan kolaborasi Rumah Kreatif BUMN Karawang dengan Creative Hub M Bloc, diharapkan semakin banyak BUMN maupun swasta yang tertarik berkolaborasi memajukan petani kopi di Indonesia dan menjadikan kopi Indonesia memiliki nilai jual di tingkat dunia,” harap Dwina.

Peruri bersama M Bloc, tambah Dwina, sangat terbuka untuk mengakomodir kolaborasi kreatif dari berbagai komunitas dalam mewujudkan gagasan para milenial maupun industri kreatif untuk meningkatkan peran UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Artikel Terkait