Dunia Kerja

Plus Minus Dominasi Digital Marketing di Dunia Pemasaran

Plus Minus Dominasi Digital Marketing di Dunia Pemasaran

Digital Marketing Adalah Genre Pemasaran Baru yang menjadi salah satu aktivitas pemasaran jenis baru yang menggunakan perangkat elektronik dan jaringan internet, memanfaatkan serangkaian taktik marketing serta media digital, di mana penjual bebas berkomunikasi dengan calon konsumen yang sedang mengalokasikan waktunya di online.

Hal-hal yang berfungsi efektif di media televisi, radio dan iklan cetak tidak selalu efektif di media online, begitu pun sebaliknya. Untuk bisa efektif di digital marketing, wajib mencermati teknologi yang memotori media online seperti website, iklan klik dan profil sosial media. Digital marketing menjadi makin penting bagi semua individu, apapun bisnis dan profesinya. Sangat penting untuk memahami cara menjangkau customer, investor, ataupun klien dengan menggunakan perangkat digital yang sedang  marak.

7 Fundamental Sukses Digital Marketing

Fundamental digital marketing sangat berbeda dengan fundamental marketing tradisional. Pengimplementasian ke-7 fundamental ini akan membantu kesuksesan pemasaran online:

1. Website yang flexibel; Di mana, website ini memungkinkan pengaturan sendiri, sehingga tak memerlukan biaya tambahan.

2. Content marketing yang fresh dan rutin diperbaharui; Konten perlu dibuat untuk menjaga konektifitas dengan para customer yang masing-masing berada di tingkat minat belanja yang berbeda terhadap produk/jasa yang dipasarkan. 

3. Membangun arus visitor yang stabil; Caranya dengan memanfaatkan beberapa media online berbeda untuk mengarahkan visitornya mengunjungi konten terbaru yang diupload di salah satu media online utama, mulai dari social media marketing, menggunakan SEO (search engine optimization) yang berfungsi untuk meningkatkan pencarian Google.

4. Otomatisasi pemasaran; Upaya untuk merangkul visitor yang menunjukkan ketertarikan terhadap produk/jasa yang dipasarkan, dengan cara mencermati informasi detail tentang mereka dan menuntun mereka melalui proses pembimbingan bertahap yang akan menggiring mereka untuk memahami manfaat produk/jasa, dan bagaimana cara membelinya.

5. Membangun image sosial perusahaan; Upaya untuk berpartisipasi di berbagai jaringan sosial yang bertujuan mendorong orang-orang yang terhubung melalui channel-channel ini terlibat dalam proses marketing yang berpotensi meningkatkan peluang mereka dalam berbisnis dengan perusahaan.

6. Mengimplementasikan sistem monitoring dan penelusuran; Cara ini bertujuan memonitor dan menelusuri semua interaksi pelanggan setia dengan perusahaan.

7. Proses Konversi Yang Dioptimalkan Dengan Baik; Proses memupuk relasi dengan pengunjung baru hingga mereka menjadi pelanggan, yang umumnya butuh waktu dan serangkaian tahapan. Seiring berjalannya waktu, tingkat konversi ini bisa diukur, dipetakan, ditargetkan, beserta aspek-aspek penentunya. Cobalah memanfaatkan emaul marketing untuk mempromosikan bisnis.

Prinsip-prinsip Pemasaran Tradisional Yang Mulai Pensiun

  • Biaya media besar berarti jangkauan pemasaran semakin efektif
  • Daya jangkau media berskala lokal & nasional.
  • Komunikasi bersifat 1 arah yang bertujuan menanamkan image dan pesan yang menarik tentang produk/jasa ke dalam benak konsumen, dalam jangka waktu tertentu, guna memancing respon minat yang diharapkan.

Dunia Kekinian Tanpa “What If”

Era digital marketing menolak ide penundaan pesan (paused) demi memberikan waktu bagi visitor untuk berinkubasi dan berimajinasi dalam mencerna pesan pemasaran online. Tiap detik adalah profit bisnis yang haram dilewatkan, karena tiap detik bernilai interaksi lebih lanjut dengan calon konsumen, demi menggiring mereka menuju transaksi. Vakum = potensi kerugian. Aktifitas, aktifitas, aktifitas. Itulah kuncinya.

Legacy-nya Digital Marketing

Tak ada “what if”, tak ada imajinasi, semua menjadi aktivitas kontekstual real time yang riuh demi mengamankan peluang transaksi, itulah warisan digital marketing era Milenial. Untuk sementara, itu adalah strategi terjenius dalam pusaran ekonomi yang menciut dan melambat. Tak ada yang bisa meneropong tren selanjutnya. Semoga nanti masih tersisa sedikit imajinasi untuk menemukan kreativitas marketing edisi berikutnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait