Banking

5 Cara Sederhana untuk Menghindari Penipuan Kartu Kredit

menghindari penipuan kartu kredit

Semakin berkembangnya zaman, kejahatan juga makin beragam dan kreatif. Modus Penipuan kartu kredit juga makin banyak. Lalu, bagaimana cara menghindari penipuan kartu kredit ini? Simak ulasan beirkut ini.

Di era informasi seperti hari ini, informasi kartu kredit kamu berisiko dicuri. Untungnya, kamu dapat mencoba menghindari penipuan kartu kredit dengan menjaga informasi kartu kreditmu secara ekstra aman. Selalu waspada ke penipu yang mungkin mencoba menipu kamu agar memberikan rincian kartu kredit kamu.

Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit

Amankan Kartu Kredit

Salah satu cara paling sederhana untuk menghindari penipuan kartu kredit adalah dengan menjaga kartu kredit kamu aman dari pencuri. Letakkan kartu kredit kamu di dalam dompet dan letakkan di tempat yang paling susah di jangkau, agar tidak mudah diambil.

Jika kamu berbelanja di daerah dengan lalu lintas tinggi, bawalah dompet yang lebih kecil karena lebih sulit untuk dicuri. Untuk pria dan wanita, bawa hanya satu atau dua kartu kredit dan debit yang akan kamu gunakan hari itu. Tinggalkan semua kartu kredit lainnya di rumah.

Pencuri dapat mengambil gambar kartu kredit kamu dengan kamera atau ponsel, jadi jangan biarkan kartu kredit kamu ter-ekspos terlalu lama. Setelah kamu melakukan pembelian, segera simpan kartu kredit kamu. Pastikan kartu kreditmu tidak tertinggal.

Hapus Data Kartu Kredit dari Publik

Jangan melemparkan laporan tagihan kartu kredit kamu langsung ke tempat sampah; biasanya nomor kartu kredit lengkap kamu dicetak tepat waktu. Hancurkan laporan kartu kreditmu agar orang yang mengambil sampah tidak mendapatkan nomor kartu kredit kamu. Hal yang sama berlaku untuk kartu kredit lama yang telah kedaluwarsa atau dibatalkan.

Hindari Memberi Informasi Kartu Kredit

Hanya berikan nomor kartu kredit kamu atau informasi sensitif lainnya pada panggilan yang kamu lakukan. Tidak hanya itu, ketika kamu menelepon layanan pelanggan penerbit kartu kredit kamu, gunakan empat nomor terakhir di bagian depan kartu kredit kamu. Jangan mengirim e-mail atau pesan singkat dengan informasi lengkap nomor kartu kredit kamu. Banyak hacker yang bisa mendapatkan nomor kartu kredit kamu dan menggunakannya untuk membeli barang yang tidak akan kamu miliki.

Jangan berikan nomor kartu kredit kamu kepada siapa pun yang menelepon kamu untuk meminta nomor kartu kredit milikmu. Pencuri kartu kredit dikenal sebagai penerbit kartu kredit dan bisnis lain untuk menipu kamu agar memberikan nomor kartu kredit kamu. Memberikan informasi alamat lengkap dan nama-nama keluarga kandungmu adalah trik yang biasa mereka gunakan.

Berhati-hati Ketika Online

Jangan klik tautan email dari siapa pun yang terlihat seperti bank, perusahaan kartu kredit, atau bisnis lain yang menggunakan informasi pribadi kamu, bahkan jika email itu terlihat sah. Tautan ini sering merupakan penipuan phishing dan penipu ingin menipu kamu agar memasukkan informasi login kamu di situs web palsu mereka. Alih-alih, buka langsung situs web bisnis itu untuk masuk ke akun kamu, mereka malah mendapatkan informasi login akun bank-mu.

Pastikan kamu berhati-hati saat menggunakan kartu kredit online. Hanya masukkan nomor kartu kredit kamu di situs web aman yang kamu yakini 100% sah. Untuk memastikan situs web aman, cari https:// di url alamat dan tanda kunci di sudut kanan bawah browser internet kamu. Mengambil langkah-langkah tambahan ini akan membantu kamu menghindari penipuan kartu kredit.

Tinjau Laporan Kartu Kredit

Tagihan tidak sah pada kartu kredit kamu adalah tanda pertama penipuan kartu kredit. Jika kamu melihat tagihan yang tidak kamu lakukan, sekecil apa pun, segera laporkan tagihan tersebut kepada penerbit kartu kredit kamu. Penerbit kartu kredit kamu akan memberi tahu kamu apakah kamu harus menutup akun kamu dan mendapatkan nomor akun baru untuk menghindari penipuan kartu kredit.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait