Ekonomi

Inventaris Adalah Aset Penting Perusahaan, Ini Manfaat dan Cara Mengelolanya

inventaris-adalah

Inventaris adalah barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan dalam rangka proses produksi. Mulai dari mesin, perlengkapan, sampai peralatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Namun, sebenarnya inventaris juga mencakup sumber daya lain yang tak selalu berbentuk fisik. 

Melakukan pengelolaan inventaris dengan baik akan memaksimalkan keuntungan perusahaan. Itulah kenapa penting untuk melakukan pendataan terhadap perlengkapan dan peralatan yang dimiliki suatu perusahaan. 

Inventaris Adalah Bagian Penting Perusahaan? 

Menurut KBBI, inventaris adalah daftar keseluruhan barang milik industri baik itu sekolah, kantor, perusahaan, maupun pemerintah yang digunakan sebagai alat untuk kegiatan operasionalnya. Secara umum, inventaris berarti suatu daftar yang di dalamnya berisikan sumber daya penting dan aset suatu perusahaan. 

Sementara jika dilihat dari sisi akuntansi, arti inventaris tidak hanya sekedar catatan jumlah dan kondisi barang saja. Namun, lebih mendetail, termasuk bagaimana cara mendapatkan barang dan dari mana sumber dananya. Data yang dikumpulkan inilah yang akan dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan laporan keuangan

Melihat pengertian tersebut, inventaris barang adalah hal yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Namun, masih banyak yang kerap mengabaikannya dan hanya mendata secara asal saja. Padahal, semua data yang ada dalam daftar harus benar dari segi jumlah dan kualitas barang. 

Apabila pencatatan barang tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka proses lainnya akan terganggu. Adanya kesalahan data pencatatan bisa memberikan dampak besar, salah satunya kerugian pada perusahaan. Itulah kenapa penting melakukan inventaris dengan baik. 

Tujuan Inventarisasi

Inventarisasi dilakukan guna membantu kelancaran administrasi perusahaan. Tujuan inventarisasi agar aset bisa diawasi dengan baik. Selain itu, ada beberapa tujuan yang bisa diketahui dari pelaksanaan inventarisasi, antara lain: 

  1. Menjaga sarana dan prasarana milik kantor.
  2. Memudahkan untuk mengontrol inventaris terhadap penggunaan budget perusahaan.
  3. Menjadi bahan pertimbangan untuk pengadaan dan pemeliharaan barang.
  4. Membantu merencanakan, memelihara, menyalurkan, dan menyimpan aset milik perusahaan.
  5. Menjadi pedoman untuk menghitung nilai kekayaan aset.
  6. Mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.
  7. Menjadi bahan rujukan saat terjadi kecurangan pegawai atau pencurian aset kantor.
  8. Memeriksa dan melakukan kontrol keluar masuknya barang, termasuk barang hibah.

Beberapa contoh inventaris kantor yang biasanya masuk aset atau pendataan, seperti komputer, printer, meja, kursi, kendaraan, lemari arsip, pesawat telepon, dan lain sebagainya. 

Manfaat Manajemen Inventaris

Sebagai pelaku usaha atau bisnis, tentunya sangat penting untuk melakukan pengadaan inventaris. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari dilakukannya manajemen inventaris. 

1. Memudahkan dalam Mengendalikan Aset

Salah satu manfaat inventaris adalah memudahkan dalam mengendalikan aset. Dengan adanya data terkait aset, perusahaan bisa tahu apa saja barang yang dimiliki dan siapa yang menggunakannya. Pengendalian itu juga akan berguna jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang. 

Selain itu, adanya data yang benar dan valid, maka ketersediaan perlengkapan yang dimiliki juga jelas. Saat melihat data, pelaku usaha bisa melakukan restock pada sumber daya yang sudah habis atau mau habis. 

2. Dokumentasi Aset Bisnis

Jika pencatatan inventaris dilakukan dengan teliti, muka jumlah aset dan sumber daya yang dimiliki perusahaan bisa diketahui. Secara otomatis mudah untuk melakukan fungsi kontrol pada keberadaan aset dan pelacakan aset. 

3. Mengurangi Pemborosan dan Penyusutan

Manfaat dari inventaris adalah membantu mengurangi pemborosan dan penyusutan. Hal ini karena inventaris memberikan pengaruh pada aliran dana yang digunakan. Pelaku usaha bisa memastikan jadwal restock, belanja bahan, dan mengurangi risiko penyusutan tak terhitung.

4. Meningkatkan Layanan Konsumen

Memiliki pengelolaan inventaris yang baik, secara tidak langsung pelaku usaha bisa meningkatkan layanan konsumen karena produk selalu tersedia. Tentu saja konsumen akan merasa puas dan memilih barang dari perusahaan yang stok persediaan barangnya selalu ada. 

Cara Mengelola Inventaris dengan Baik

Setelah melihat tujuan dan peran secara tidak langsung dari inventaris, sekarang kamu tahu jika itu hal penting, bukan? Beberapa orang mungkin bingung bagaimana cara melakukan pengelolaan inventaris dengan baik. Nah, berikut beberapa caranya. 

1. Melakukan Pencatatan Produk dengan Lengkap

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengelola inventaris adalah melakukan pencatatan produk dengan lengkap. Jika produk tersebut umum, mungkin bisa hanya dengan mencatat nama barang saja. Namun, ada baiknya jika diberi ID number atau serial number

Dengan nomor unik itulah, kamu bisa mencatat lebih jelas. Selain itu, bisa juga mencatat merek barang, kapan pembelian barang, kapan terakhir kali melakukan perbaikan atau perawatan, serta info lainnya. 

2. Melakukan Stok Opname Secara Berkala

Salah satu cara untuk mengelola inventaris bisa dilakukan dengan stok opname. Perlu diketahui, melakukan stok opname secara berkala menjadi solusi terbaik dibandingkan melakukannya hanya sesekali saja. 

Tujuannya agar data yang dimiliki merupakan data terbaru yang sebenarnya cocok dengan kondisi terakhir. Melalui stok opname secara berkala, tentu kamu bisa melihat progres dari setiap barang yang ada. 

3. Menentukan Penanggung Jawab yang Kompeten

Ada lagi cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengelola inventaris adalah menentukan penanggung jawab. Ada baiknya untuk memilih penanggung jawab yang kompeten dan teliti. Pastikan juga jika penanggung jawab yang dipilih mampu melakukan inventory control. Dengan begitu, data yang diberikan pasti benar. 

4. Meningkatkan Keamanan

Meski sudah memilih penanggung jawab yang kompeten, ada baiknya untuk meningkatkan keamanan. Salah satunya dengan memasang CCTV di beberapa area tertentu untuk mengawasi kondisi sekitar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pencurian atau kecurangan.

Nah, dengan menerapkan beberapa cara di atas, tentunya bisa membuat pendataan inventaris benar adanya. Selain itu, melalui pendataan, pelaku usaha bisa mengurangi pengeluaran budget berlebih. Setelah mengetahui pengertian inventaris adalah penting untuk mengelolanya dengan baik agar keuntungan semakin besar.

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait