Emas, Investasi

Tips Memilih Gelang Emas Rantai Buat Investasi

Tips Memilih Gelang Emas Rantai Buat Anda yang Niat Investasi

Ajaib.co.id – Emas dalam bentuk perhiasan bukan merupakan jenis investasi murni, akan tetapi justru banyak yang menyukainya. Sejak logam emas ditemukan dan dijadikan perhiasan, sudah banyak wanita memakai gelang emas. Kini emas bukan hanya simbol dari status sosial saja, melainkan jadi alat investasi yang paling bernilai. Model gelang emas rantai jadi perhiasan yang banyak diminati di pasaran.

Menjadikan perhiasan seperti gelang rantai sebagai investasi masih menimbulkan pro dan kontra. Ada yang bilang, perhiasan emas tetap menguntungkan yang dibuktikan sendiri. Sementara yang tidak setuju menganggap tidak adanya standarisasi harga jual beli seperti emas batangan membuat perhiasan emas tidak bisa dijadikan investasi. Perhiasan emas lebih cocok sebagai produk fashion.

Ketika emas sudah berbentuk perhiasan, ada nilai seni didalamnya seperti pembuatan dan bahan campurannya. Maka dari itu dalam penentuan harganya disertakan juga ongkos pembuatannya. Belum lagi dihitung berat dan kadar emasnya sehingga perhiasan emas lebih mahal daripada batangan.

Model Gelang Emas Rantai

1. Gelang Emas Rosalyn

Gelang ini memiliki variasi emas kuning dan emas putih, dengan pilihan nilai 12 karat (40% emas) atau 18 karat (70% emas) dengan berat sekitar 3-4 gram dengan panjang 17 cm. Gelang ini juga dilengkapi dengan pengait yang mempermudah kamu ketikan melepas atau memasangnya di tangan.

2. Italian Bracelet

Gelang emas ini dibuat dari emas 18 karat dengan variasi warna yellow gold, rose gold, dan white gold. Memiliki berat sekitar 1,5 gram sangat cocok buat kamu gunakan sekaligus jadikan investasi di masa depan.

3. Eg Bangle

Meski tidak berbentu rantai, emas ini juga sering dicari banyak orang. Di mana, gelang ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan desain klasik sehingga direkomendasikan untuk melengkapi penampilan. Gelang ini merupakan gelang emas putih senilai 18 karat dengan pemanis berupa butiran kristal Swarovski yang elegan dan dilapisi rhodium dengan berat sekitar 11,4 gr dan kadar emas 75%.

Tips Memilih Perhiasan Emas

Biar Anda tidak tertipu saat ingin transaksi perhiasan gelang emas rantai, ada baiknya mempelajari ilmu tentang perhiasan emas. Mari kita simak bersama tips dalam memilih perhiasan emas.

1. Kondisi Fisik

Perlu diingat, perhiasan emas tidak sepenuhnya murni dari emas. Emas memiliki sifat logam yang lunak, jadi makin tinggi kadar emasnya akan semakin buruk dan rawan rusak. maka, dalam pembuatannya, emas harus dicampur dengan logam lain agar bisa dibentuk dan tahan lama.

Untuk itulah kenapa perhiasan emas dengan kandungan 24 karat harus diperlakukan penuh kehati-hatian dalam pemakaian maupun perawatannya. Biasanya emas yang cocok untuk dijadikan perhiasan adalah emas yang memiliki kadar 75%. Sementara nilai karatnya antara 18-22 karat. Kombinasi tersebut merupakan yang paling sempurna untuk mempertahankan bentuk dari perhiasan emas itu sendiri.

2. Jenis Emas

Emas memiliki beberapa jenis, ada kuning, merah, dan juga putih. Emas putih sendiri punya macam-macam jenis yang awalnya terbuat dari campuran emas, timah, dan nikel. Kadarnya pun mulai dari 6 karat hingga 24 karat. Sementara yang ada di pasaran rata-rata kadarnya sebesar 14 dan 18 karat.

Harga beli emas putih juga lebih mahal dibandingkan emas kuning dengan kadar dan berat yang sama. Namun, harga jual kembali emas putih nilainya jatuh karena terdapat potongan biaya yang lumayan tinggi. Tetapi mau emas jenis manapun tetap saja bahan dasarnya dari logam yang sama walaupun berbeda campurannya.

3. Model Perhiasan

Karena disebut produk fashion, tentu model dan juga desain gelang emas rantai berbeda-beda mengikuti tren pasar. Model dan desain terbaru selalu memiliki harga yang tinggi. Namun, sebagai konsumen terkadang sulit membedakan mana model yang baru dan lama. Terlebih jika belinya di toko emas pinggir jalan.

Disinilah kenapa harga perhiasan emas tidak memiliki standarisasi. Tiap toko emas punya taksiran nilai yang berbeda. Apabila Anda menginginkan perhiasan emas untuk investasi, pilih yang desainnya sederhana tapi tidak ketinggalan zaman. Dengan begitu ketika dijual kembali harganya tidak berubah.

Paling penting adalah selalu teliti dan perhatikan hasil produksi dari perhiasan emasnya. Beberapa toko menggunakan teknik dan cara yang kurang tepat dalam memproduksi perhiasannya sehingga hasilnya mudah kusam dan warnanya luntur. Jika demikian sudah pasti nilainya berkurang drastis.

4. Perhatikan Ukuran Gelang

Ketika kamu ingin membeli gelang, pasti kamu ingin menggunakannya bukan? Jadi pastikan kamu memerhatikan ukurannya, apakah pas dengan pergelangan tangan kamu? Apakah kamu orang yang suka beraktivitas? Apa gaya kamu cenderung kasual? Ini bisa jadi acuan dalam mencari jenis dan ukuran perhiasan emas.

Hindari untuk tidak membeli perhiasan dengan ukuran yang terlalu ketat karena dapat mengganggu sirkulasi darah. Jangan juga terlalu longgar untuk menghindari perhiasan lepas atau terjatuh. Buat kamu yang berlengan besar, carilah gelang yang cukup tebal untuk mengimbangi ukuran lengan. Sebaliknya, untuk yang berlengan kecil, carilah gelang yang memiliki diameter agak besar namun tetap pas digunakan. Sedangkan, bagi yang memiliki lengan standar dan berisi, kamu bisa mengenakan gelang yang agak tipis.

Jadi, sebelum kamu membeli gelang emas rantai sebagai investasi sekaligus perhiasan emas, kamu harus benar-benar memahami tips yang sudah dijelaskan di atas, dengan begitu investasi kamu tidak akan menjadi sia-sia dan tetap menguntungkan. Yuk investasi emas sekarang menggunakan gelang emas rantai!

Investasi Menguntungkan Selain Perhiasan Emas

Selain emas, ada banyak instrumen investasi lainnya yang juga memberikan keuntungan buat kamu, misalnya reksa dana dan saham. Di mana, kedua investasi ini memiliki nilai yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kelebihannya dibandingkan investasi emas, kamu tidak perlu merawatnya dan tidak perlu menyimpannya di deposit box. Karena semua dana yang ada akan dikelola dengan mudah dan aman dengan manajer investasi melalui aplikasi investasi seperti Ajaib.

Selain itu, reksa dana dan saham juga tidak membutuhkan modal yang besar, mulai dari Rp10 ribu untuk reksa dana dan Rp100 ribu untuk saham, kamu sudah bisa berinvestasi di Ajaib.

Keuntungannya pun bermacam-macam, sesuai dengan jenis instrumen yang kamu pilih dan tujuan keuanganmu. Jadi tunggu apalagi? Mulai investasi sekarang untuk persiapkan masa depanmu dengan keuangan yang baik.

Artikel Terkait