Perencanaan Keuangan

Seberapa Pentingkah Kebutuhan Tersier Dipenuhi Manusia?

Ajaib.co.id – Dalam menjalani kehidupan, manusia tidak terlepas dari yang namanya kebutuhan. Setiap harinya manusia membutuhkan sesuatu untuk dapat bertahan hidup dan sudah menjadi bagian dari psikologi. Sejatinya kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan manusia yang paling utama adalah primer, berasal dari kata primus atau pertama. Maka, secara naluriah kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok manusia agar mampu bertahan hidup. Contohnya, sandang (pakaian), pangan (makanan), papan (tempat tinggal). Tanpa pangan manusia bisa mati, sedangkan tanpa adanya sandang dan papan manusia beresiko terserang penyakit.

Sementara itu kebutuhan sekunder ada di tengah-tengah antara kebutuhan primer dan tersier. Kebutuhan ini muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi, di mana tujuannya adalah sebagai penunjang hidup manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Apabila kebutuhan sekunder ini tidak bisa dipenuhi, tak akan mengancam kehidupan manusia. Pasalnya, takaran kebutuhan sekunder masing-masing orang berbeda-beda tergantung dari kemampuannya. Contoh kebutuhan sekunder adalah handphone, kendaraan, hiburan, perabotan rumah tangga, sepeda, dan lain-lain.

Nah, terakhir ada yang dinamakan kebutuhan tersier. Bisa dibilang kebutuhan satu ini merupakan puncak dari kebutuhan manusia setelah primer dan sekunder. Ada hasrat dari dalam diri manusia untuk mendapatkan sesuatu yang mewah atau bernilai tinggi, walaupun sebetulnya tujuannya demi kesenangan dan kepuasan diri.

Oleh karena itu, disini kita akan membahas lebih luas mengenai kebutuhan tersier manusia. Seberapa pentingkah kebutuhan ini harus terpenuhi?

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan manusia yang paling atas dan baru bisa didapat setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada dasarnya, kebutuhan ini sama sekali tidak mengancam manusia jika tidak dapat dipenuhi. Semua tergantung bagaimana kemampuan manusia itu sendiri dalam memenuhinya.

Secara umum, kebutuhan tersier ini dimaknai sebagai kebutuhan seseorang untuk mengonsumsi barang-barang serba mewah. Tujuannya pun beragam, baik itu untuk meningkatkan derajat hidup, demi harga ini, gengsi atau sebagai status sosial.

Di sisi lain, tingkat ekonomi masing-masing individu sangat berbeda. Maka dari itu, mereka yang mampu memenuhi kebutuhan satu ini adalah masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi. Ada beberapa faktor yang membuat manusia berkeinginan memenuhi kebutuhan tersier, yaitu karena status sosial, lingkungan tempat tinggalnya, tingkat pendidikan, serta pergaulan.

Kebutuhan tersier punya sifat yang prestisius sehingga bisa dikatakan kebutuhan ini sebagai sebuah hiburan dan juga kesenangan. Bahkan ada juga mereka yang ingin mendapatkan kebutuhan satu ini karena ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain. Atau hanya untuk memperlihatkan bahwa ia mampu secara finansial.

Pada intinya kebutuhan tersier merupakan bagian hasrat atau keinginan seseorang sebagai eksistensialnya. Jadi, apakah kebutuhan ini penting semua tergantung individunya.

Contoh Kebutuhan Tersier

Bicara soal kebutuhan manusia tentu tidak akan ada habisnya. Namun, yang pasti kebutuhan sandang, pangan, papan, dan juga kesehatan adalah hal mutlak untuk dipenuhi. Sisanya tergantung bagaimana kemampuan tiap-tiap orang.

Ada sejumlah barang yang dikategorikan ke dalam kebutuhan tersier. Barang-barang ini biasanya tergolong mewah dan hanya segelintir orang yang bisa membelinya. Apa saja itu? Berikut contoh-contohnya:

1.   Rumah Mewah

Loh! rumah kan termasuk kebutuhan primer, kok bisa nyasar ke kebutuhan tersier?

Memang betul, akan tetapi rumah yang dikatakan sebagai bangunan mewah seperti halnya villa atau bertingkat layaknya istana tetap masuk dalam kategori tersier ini. Pasalnya tidak semua orang bisa membangun rumah mewah.

2.   Liburan ke Luar Negeri

Jika kamu pernah atau sering berwisata ke luar negeri, itu artinya kamu termasuk orang dengan golongan ekonomi kelas atas. Liburan ke luar negeri hanya sebagai sarana hiburan saja dan tidak berpengaruh terhadap layak atau tidaknya hidup seseorang.

3.   Kendaraan Mewah

Kendaraan pribadi sebenarnya masuk dalam kebutuhan sekunder. Namun, yang membuat kendaraan tergolong kebutuhan tersier yakni kendaraan mewah dengan harga fantastis yang tidak berpengaruh kepada kelangsungan hidup manusia.

Kendaraan mewah bisa bermacam-macam, seperti mobil mewah, motor besar, hingga jet pribadi.

4.   Perhiasan

Cincin, anting berlian, kalung emas adalah barang-barang yang tergolong ke dalam kebutuhan tersier. Perhiasan tidak menjadi inti dari kebutuhan manusia karena tidak mempengaruhi kelangsungan hidup.

Perhiasan seringkali digunakan untuk meningkatkan derajat seseorang atau status sosial.

Tips Mengelola Keuangan Supaya Kebutuhan Terpenuhi

Kebutuhan primer harus jadi yang utama, sedangkan kebutuhan sekunder merupakan penunjang. Sementara kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang didasarkan pada masing-masing prioritas seseorang.

Namun, jangan lupa bahwa untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut kamu harus dapat mengelola keuangan. Berikut tipsnya untuk kamu:

1.   Bikin Daftar Pengeluaran

Kalau kamu merasa gajimu lebih sering habis sebelum akhir bulan, coba buat daftar pengeluaranmu sendiri. Hal ini untuk mengetahui apa saja yang dibelanjakan selama satu bulan.

2.   Kategorikan ke Masing-Masing Kebutuhan

Penting bagi kamu untuk mengelompokkan pengeluaran. Cari tahu mana yang masuk kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Tujuannya supaya kamu dapat menetapkan mana yang paling di prioritaskan dalam memenuhi kebutuhan hidupmu.

3.   Utamakan Kebutuhan Pokok

Lupakan status sosial ataupun gengsi. Kamu harus mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu setelah menggolongkan pengeluaranmu berdasarkan jenis kebutuhan. Baru setelah itu kamu bisa menyisihkan untuk keperluan lainnya.

4.   Investasikan Untuk Masa Depan

Lebih penting mana, membeli barang mewah atau berinvestasi untuk masa depan? Jika kamu punya uang lebih dua-duanya tidak akan jadi masalah, tapi tentunya dalam hidup ini harus ada prioritas. Terutama jika penghasilanmu tidak besar, maka investasi jadi sangat penting untuk mempersiapkan masa depan.

Minimal kamu menyisihkan 10% dari gajimu untuk investasi. Jenis investasi yang direkomendasikan adalah reksa dana atau saham. Namun, jika kamu berinvestasi melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa pilih dua-duanya.

Keuntungan yang kamu dapatkan bisa 30%-60% dalam beberapa tahun ke depan tergantung seberapa besar kamu berinvestasi. Maka dari itu, prioritaskan untuk jangka panjang dan keuntungannya akan bisa kamu nikmati kemudian jika kamu rutin setiap bulan untuk investasi.

Artikel Terkait