Milenial

Mengenal Contoh-Contoh Sedekah dalam Kehidupan Sehari-hari

Ajaib.co.id – Pada dasarnya, sesama manusia harus saling membantu satu dan lainnya. Di dalam ajaran Islam sendiri ada banyak istilah berupa perbuatan untuk saling tolong-menolong antar manusia, salah satunya adalah sedekah.

Sedekah merupakan perbuatan baik dengan menyisihkan harta benda yang dimiliki untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Kebanyakan orang menganggap sedekah sendiri mengacu pada harta berupa uang yang diberikan. Padahal, ada banyak contoh sedekah yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain.

Hal ini berarti melakukan sedekah tidak harus menggunakan uang atau harta benda lainnya. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kamu sudah melakukan sedekah dalam bentuk lain.

Hanya saja kamu tidak menyadarinya jika perbuatan kebaikan yang dilakukan merupakan salah satu contoh sedekah. Nah, agar kamu memahami contoh sedekah lainnya dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasan berikut ini.

Contoh Sedekah Sirriyyah

Contoh sedekah ini biasanya dilakukan secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari sifat riya. Sebagaimana firman Allah SWT:

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu”. (QS. Al Baqarah: 271)

Maksud dari firman ini adalah sedekah yang dilakukan kepada fakir miskin bertujuan untuk menutupi aib miskin mereka sehingga membantu mereka tidak tampak rendah di khalayak.

Dengan begitu mereka tidak harus merendahkan diri dengan merasa tangannya ada di bawah. Hal ini juga menjadi bagian dari berbuat baik kepada sesama terutama fakir miskin.

Sedekah dalam Kondisi yang Sehat

Contoh sedekah berikutnya mengacu pada Rasulullah yang menjelaskan sedekah paling utama adalah saat kamu dalam kondisi sehat serta berat untuk mengeluarkannya dan ada pada kondisi di mana kamu merasa khawatir miskin serta mengharapkan kekayaan.

Hal ini berarti menyegerakan sedekah saat kondisi masih sehat dan jaya adalah hal yang paling diutamakan.

Bersedekah di masa sehat, jaya, dan banyak harta juga mampu menjauhkan kamu dari sifat cinta harta serta berat memberi harta kepada sesama yang membutuhkan.

Sedekah dalam Keadaan Kebutuhan Wajib yang Telah Terpenuhi

Pada dasarnya, sedekah itu memang sangat baik dilakukan, hanya saja kamu jangan sampai lupa dengan kebutuhan sendiri dan keluarga yang harus dipenuhi. Sebagaimana firman Allah SWT:

“Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah, ‘Yang lebih dari keperluan.’ Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir”. (QS. Al Baqarah: 219)

Hal ini berarti sedekah boleh dilakukan ketika kamu mampu dan semua kebutuhan wajib diri sendiri maupun keluarga telah terpenuhi dengan baik.

Contoh Sedekah Sesuai dengan Kemampuan

Contoh sedekah berikutnya yang harus dilakukan adalah sedekah sesuai dengan kemampuan diri. Sedekah sesuai kemampuan maksimal bukan berarti kamu harus mengeluarkan semua harta yang dimiliki.

Mengingat hal utama yang harus dipenuhi saat bersedekah adalah tidak memiliki utang dan sudah menafkahi keluarga. Hal ini karena nilai dari sedekah itu sendiri tidak diukur sedikit atau banyaknya harta yang dikeluarkan.

Sedekah dengan Menafkahi Anak dan Istri

Tanpa disadari bahwa menafkahi keluarga merupakan salah satu contoh sedekah. Sebagaimana Rasulullah bersabda:

“Ada dinar yang kamu infakkan di jalan Allah, dinar yang kamu infakkan untuk memerdekakan budak dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Namun dinar yang kamu keluarkan untuk keluargamu (anak istri) lebih besar pahalanya.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, bersedekah dengan memberi bantuan kepada orang lain bisa dilakukan setelah kebutuhan keluarga berupa anak dan istri telah terpenuhi dengan baik.

Sedekah kepada Tetangga

Contoh sedekah yang mungkin sering kamu lakukan tapi tidak menyadarinya adalah sedekah kepada tetangga. Berbuat baik kepada tetangga tertuang di dalam Surah An-Nissa Ayat 36 yang menjelaskan bahwa tetangga merupakan orang terdekat yang selalu berinteraksi dengan kamu.

Sedekah yang dilakukan kepada tetangga terdiri dari dua kebaikan yaitu sedekah dan silaturrahim.

Ketika kamu memasak atau memiliki banyak makanan, ada baiknya memisahkannya untuk diberikan kepada tetangga.

Sedekah untuk Jihad Fi Sabilillah

Memberikan waktu dan tenaga untuk berjuang di jalan agama Allah SWT juga merupakan contoh sedekah. Selain itu, ikut dalam peperangan untuk menyelamatkan kaum muslimin dan berdakwah di suatu tempat juga bisa dikatakan sebagai jihad sekaligus bersedekah.

Misalnya saja, para lelaki Palestina yang turun ke medan perang dalam membela kehormatan muslim.

Dengan begitu, mereka tidak memiliki waktu cukup untuk berikhtiar mencari rezeki atau bersama keluarganya, maka kita bisa bersedekah kepada mereka.

Contoh Sedekah Jariyah

Contoh sedekah selanjutnya adalah sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun ia telah meninggal. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Apabila cucu Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga; sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak saleh yang mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

Hal ini berarti sedekah jariyah yang dilakukan di antaranya wakaf mushaf, pembangunan masjid, pembangunan untuk kebutuhan sehari hari bagi lembaga pendidikan, penyediaan sarana air bersih, menanam tanaman atau pohon agar buah dan manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang, serta proyek-proyek lain yang bermanfaat secara berkelanjutan bagi masyarakat.

Pada dasarnya, ada banyak contoh sedekah yang bisa kamu lakukan dan tidak harus berbentuk uang atau sedekah materi lainnya.

Bahkan, bagi kamu yang memiliki ilmu, kamu bisa bersedekah dalam bentuk ilmu seperti memberikan pengajaran bagi anak-anak yang membutuhkan pendidikan. Kamu bisa mulai untuk berbagi ke sesama tanpa harus menjadikan uang sebagai penghalang untuk bersedekah.

Selain mulai untuk bersedekah, tentunya kamu juga harus mengatur keuangan secara baik dan benar. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengatasi kondisi darurat ketika sedang membutuhkan biaya untuk hal tertentu. Oleh karena itu, penting mengatur dan merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan adalah dengan berinvestasi. Tidak hanya uang yang tersimpan, namun nilainya bisa meningkat ketika diinvestasikan. Salah satu instrumen investasi yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah investasi saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone kamu dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham. Kamu bisa membuat rekening saham langsung melalui aplikasi secara online untuk bisa mulai bertransaksi saham.

Dengan menggunakan aplikasi Ajaib untuk berinvestasi, kini kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan nilai yang terus bertambah.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi dan menghasilkan keuntungan sekarang.

Artikel Terkait