Perencanaan Keuangan

8 Rahasia untuk Bisa Menjadi Crazy Rich Asian

Sumber: Nikkei Asian Riview

Ajaib.co.idCrazy rich asian, mereka tidak hanya kaya, tetapi sangat kaya raya. Namun, untuk menjadi kaya raya tidak hanya tentang mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Dibutuhkan perencanaan keuangan yang bijak untuk membawa kamu ke target finansial yang diimpikan.

Meskipun kita tahu bahwa bahwa tidak semua individu terlahir kaya raya dan mewarisi kekayaan yang tidak habis-habis seperti karakter Nick Young di film Crazy Rich Asians, yang merupakan keturunan salah satu keluarga terkaya di Asia dan juga satu-satunya pewaris kekayaan keluarga tersebut, bukan berarti kamu tidak dapat menjadi salah satu orang kaya raya di Asia.

Sudah menjadi rahasia umum jika privilege dalam kehidupan menjadi faktor penting individu mencapai impiannya. Individu yang terlahir kaya raya akan jauh lebih mudah mendapatkan apapun yang diinginkan dibandingkan individu yang lahir dari keluarga biasa saja dan harus bekerja keras hingga sukses. Tapi, faktanya tidak semua orang sukses yang kini menjadi miliarder berasal dari keluarga kaya raya, lihat saja mantan CEO Alibaba, Jack Ma atau investor ternama George Soros.

Berikut adalah beberapa rahasia dari crazy rich asian dalam mengelola keuangannya yang bisa membantu kamu membangun kekayaannya sendiri dan menjadi bagian dari mereka.

Mengembangkan Money Habit Sejak Dini

Apakah kamu ingin mencapai target finansial, misalnya pensiun dini dan hidup dengan kebebasan finansial? Mulailah dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang berhubungan dengan uang. Kamu bisa mencontoh Adam Khoo, crazy rich asian asal Singapura yang menghasilkan jutaan pertamanya di usia 26 tahun. Ia mengatakan bahwa menabung merupakan cara yang paling efektif bagi individu jika ingin menjadi kaya raya. 

Contoh lain dari pengusaha sukses yang menjadikan menabung sebagai prioritas dalam hidup adalah pendiri IKEA, Ingvar Kamprad. Ia terkenal akan gaya hidupnya yang hemat meski sudah memiliki kekayaan lebih dari US$60 miliar. Salah satu kebiasaan hidup hemat yang diterapkan dalam hidupnya adalah mengendarai mobil berusia 20 tahun dan membeli pakaian di pasar loak.

Melunasi Utang

Salah satu kesulitan individu untuk menabung adalah banyaknya utang yang harus dilunasi karena gaya hidup yang boros. utang kartu kredit, pinjaman renovasi rumah, hingga utang cicilan mobil. Uang yang kamu simpan dan mendapatkan bunga 0,5% tentu akan sia-sia ketika kamu harus membayar bunga 2 hingga 3% pinjaman. Untuk melihat kekayaanmu tumbuh, pertama-tama yang harus dilakukan adalah melunasi semua utang.

Ada beberapa metode membayar utang yang bisa kamu terapkan, di antaranya snowball debt yang mengharuskan kamu membayar utang dengan bunga yang paling tinggi atau avalanche debt yang berfokus dengan membayar utang mulai dari nominal yang kecil. Metode apapun yang kamu gunakan, pastikan sesuai dengan kondisi finansial.

Fokus Pada Pengembangan Karir

Banyak individu yang mudah terjebak dengan return potensial yang menjanjikan sehingga pensiun di usia 45 tahun merupakan keputusan yang tepat, tapi nyatanya sikap ini justru malah mengabaikan pengembangan karir yang sudah kamu bangun sejak awal. Investasi memang terus menumbuhkan pendapatan kamu setiap saat, tetapi sumber pemasukan utama dari pekerjaan penuh waktu memiliki peran yang krusial di kehidupan untuk membayar biaya operasional. 

Jika kamu bekerja cukup keras, biasanya akan ada kenaikan gaji setiap tahun di tingkat 10 hingga 15%, tergantung bagaimana perusahaan tempat kamu bekerja menghasilkan keuntungan di tahun tersebut. Selain itu, kamu juga berpeluang mendapatkan bonus akhir tahun serta promosi jabatan. Pengembangan karir merupakan kendaraan yang tepat untuk membangun kekayaan, pensiun lebih nyaman, memiliki dana warisan untuk cucu, dan mendapatkan predikat crazy rich asian.

Menjauh dari Orang-orang yang Boros

Melepaskan gaya hidup mewah untuk mencapai target finansial masih belum cukup, kamu juga harus menghindari lingkungan sosial yang memiliki gaya hidup boros. Jika masih berada di lingkaran pertemanan tersebut, kamu akan menciptakan kebiasaan finansial yang buruk dan merugikan kondisi finansial. Misalnya, menggunakan uang alokasi anggaran hiburan melebihi batas. 

Uang yang sudah kamu simpan perlahan-lahan akan segera raib tanpa bekas jika kamu masih bergaul dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup boros. Kamu bisa menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang yang memiliki visi dan perspektif terhadap uang yang sama, misalnya mereka yang berinvestasi, mereka yang menabung secara berkala, atau mereka yang memiliki kontrol terhadap keuangan.

Ingat, crazy rich asian yang asli tidak terobsesi dengan penampilan luar dan pendapat orang lain tentang mereka. Orang-orang ini menghargai kebebasan finansial lebih dari status sosial dan sepatu desainer terbaru. Mulai menjalin hubungan dengan orang-orang yang bijak terhadap finansial agar kebiasaan baik tersebut menular pada dirimu.

Diversifikasi Portofolio

Kamu mungkin sudah sering mendengarkan adagium ini sebelumnya, “jangan meletakkan semua telur di satu keranjang”. Aset yang seimbang dan sudah didiversifikasi akan membantu kamu mendapatkan return yang stabil selagi berpegangan pada profil risiko.

Jika kamu memiliki profil risiko yang rendah, kamu bisa mempertimbangkan untuk mendiversifikasikan aset di Ajaib yang merupakan platform investasi saham dan reksa dana. Ajaib menyediakan reksa dana berdasarkan profil risiko yang kamu terima, mulai dari yang rendah seperti reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap atau risiko tinggi seperti reksa dana saham. 

Bangun Dana Darurat

Ini rekomendasi yang tidak pernah kami lupakan. Sesuai namanya, dana darurat membantu individu di masa-masa yang sulit seperti penghematan, sehingga kamu tidak harus menyentuh alokasi anggaran investasi atau tabungan pensiun sebelum waktunya. Mulailah membangun dana darurat setiap bulannya sebelum kamu harus membayar tagihan dan utang yang lebih besar.

Berapa nominal ideal dari dana darurat? Mengingat fungsinya untuk membayar pengeluaran tak terduga dengan jumlah yang besar seperti biaya rumah sakit atau renovasi rumah, setidaknya kamu perlu memiliki dana darurat senilai tiga hingga enam bulan biaya operasional. Simpan di akun rekening tabungan terpisah dari rekening pengeluaran yang biasa kamu gunakan sehari-hari.

Sumber: 8 secrets to becoming a Crazy Rich Asian, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait