Investasi

KSEI Adalah Lembaga Penting di Pasar Modal, Apa Peranannya?

ksei adalah

Ajaib.co.id – KSEI adalah akronim dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau Indonesia Central Securities Depository. Saat ini, lembaga yang didirikan 23 Desember 1997 ini menjadi Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) untuk pasar modal Indonesia. KSEI pun akhirnya memperoleh izin resmi usaha di tanggal 11 November 1998.

Apa itu kustodian? Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal mengartikan kustodian sebagai Pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Dengan kata lain, jika kamu ingin melakukan investasi saham dengan membuka rekening saham, KSEI adalah lembaga penjamin sentral investasimu. KSEI juga menyediakan laporan emiten yang bisa dipantau langsung oleh investor.

Jika kamu baru mau mulai berinvestasi saham, redaksi Ajaib merangkum semua yang perlu kamu tahu soal KSEI termasuk perannya di pasar modal Indonesia.

Cara Kerja KSEI

KSEI merupakan suatu lembaga yang melindungi investor di pasar modal. Salah satu peraturan yang diterbitkan oleh KSEI adalah Single Investor Identification atau SID. Peraturan ini dikeluarkan sebagai satu-satunya identitas nomor untuk para investor yang diterbitkan oleh KSEI. Di mana, ketika kamu ingin melakukan investasi di Pasar Modal Indonesia, maka kamu butuh SID tersebut sebagai nomor identitas.

Lalu, bagaimana cara mereka bekerja? Hal apa saja yang disediakan atau mereka lakukan sebagai lembaga kustodian. Di bawah ini adalah peran KSEI dan cara kerjanya dalam pengelolaan saham itu sendiri.

1. Pembukaan Rekening Efek

Pihak broker ataupun pialang pertama-tama akan membuka rekening untuk investor atau nasabah. Rekening tersebut diperlukan agar investor bisa mulai melakukan investasi.

2. Pembukaan Sub Rekening dan RDN

Dalam tahap inilah peran penting KSEI akan mulai terlihat. Dalam memulai transaksi jual-beli saham maupun instrumen lainnya, maka kamu memerlukan RDN atau Rekening Dana Nasabah.

Selain itu, hal lainnya yang harus dilakukan adalah membuka sub rekening dan membuat Single Investor Identification (SID) di dalam KSEI. Sehingga, nantinya kamu akan memiliki SID dan RDN masing-masing dan tidak bisa digabungkan dengan investor lainnya.

3. Kepemilikan Dana dan Saham

Dalam hal kepemilikan dana, seluruh transaksi nantinya akan dimutasikan oleh pihak RDN setiap investor. Untuk saham sendiri kepemilikan dan efek lainnya akan berada di sub-rekening. JIka kamu menggunakan jasa broker, maka sub-rekening yang dibuat di KSEI adalah murni milik kamu saja dan terpisah dengan pihak broker.

Sehingga, jika nantinya terjadi suatu hal yang tidak terduga, seperti pihak broker sudah tidak beroperasi lagi, maka kepemilikan saham kamu akan tetap aman.

Fasilitas yang Disediakan oleh KSEI

Selain menyediakan SID untuk investor, fasilitas lainnya yang disediakan oleh lembaga KSEI adalah AKSes. AKSes adalah singkatan dari Acuan Kepemilikan Sekuritas, media yang bisa digunakan oleh investor untuk memonitor setiap kegiatan yang terdapat di dalam sub rekeningnya. Baik itu untuk keperluan jual beli reksa dana, obligasi, saham, serta efek lainnya.

Manfaat AKSes untuk para investor adalah agar bisa mengakses data kepemilikan efek dan melakukan mutasi di sub-rekening. Layanan ini juga mampu memberikan rasa aman, karena kepemilikan sub rekening bisa dimonitor kapan saja. Selain itu, fasilitas AKSes KSEI juga mampu menyajikan informasi dan berbagai data secara transparan.

Untuk menggunakan AKSes para investor tidak akan dikenakan biaya apapun dan hanya memerlukan data pribadi saja. Jadi, layanan ini sangat memudahkan dan membantu investor ke hasil investasi yang dilakukannya.

Apa Saja Aktivitas KSEI?

KSEI didirikan dengan tujuan untuk menyediakan jasa kustodian sentral dan penyelesaian transaksi yang wajar, teratur, dan efisien. Maka itu, ada beberapa jasa yang diberikan KSEI agar bisa memenuhi tujuan tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Jasa Kustodian

Untuk memenuhi jasa kustodian, KSEI melakukan layanan penyetoran efek/dana dan penarikan efek. Dalam penyetoran efek, KSEI menerima permohonan deposit melalui Pemegang Rekening (Perusahaan Efek dan Bank Kustodian) dengan menyerahkan sertifikat Efek asli yang sudah teregistrasi atas nama investor.

Sedangkan untuk penarikan efek, KSEI melayani jasa Permohonan Penarikan Efek ke Emiten dari bentuk elektronik menjadi bentuk sertifikat Efek.

2. Jasa Pengelolaan Aset

KSEI melayani 4 jasa pengelolaan aset, yaitu pendaftaran pembukaan rekening efek, perubahan data pemegang rekening, pentupan pemegang rekening, dan pemblokiran/lepas blokir pemegang rekening.

Untuk membuka rekening efek, partisipan yang merupakan Perusahaan Efek (Anggota Kliring dan Non Anggota Kliring), Bank Kustodian, Emiten/Biro Administrasi Efek (BAE) dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) harus mendaftarkan diri terlebih dulu sebagai pemakai jasa dan menandatangani Perjanjian Pendaftaran Rekening Efek.

Selain pembukaan, ada jasa penutupan rekening yang dilakukan KSEI. Permohonan ini bisa dikabulkan selama Pemegang Rekening KSEI sudah mengosongkan Rekening Efek dan menyelesaikan seluruh kewajibannya pada KSEI.

3. Jasa Penyedia Infrastruktur Investasi

KSEI adalah lembaga yang menyediakan platform untuk transaksi pengelolaan investasi. salah satunya adalah pengelolaan Reksa Dana. Sistem pengelolaan Reksa Dana ini bernama Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST) yang bisa memberikan standarisasi, efisiensi, dan monitoring real time untuk semua aktivitas pengelolaan investasi.

4. Jasa Penyelesaian Transaksi

KSEI adalah lembaga yang mampu menyelesaikan proses transaksi di bursa maupun di luar bursa. Saat ini perdagangan transaksi bursa dibagi menjadi 3 pasar, yaitu Pasar Reguler, Pasar Tunai, dan Pasar Negosiasi. Sedangkan teknis penyelesaian transaksi di luar bursa dilakukan dengan cara pemindahbukuan efek dan/atau dana antar rekening Efek di KSEI.

5. Jasa Tindakan Korporasi

Tindakan Korporasi yang bisa diproses oleh KSEI adalah Tindakan Korporasi Wajib dan Tindakan Korporasi Sukarela. Jenis Tindakan Korporasi Wajib adalah pembayaran bunga obligasi, pembayaran pokok obligasi, pembagian dividen tunai, pembagian dividen saham, dan Distribusi Hak Memesan Efek Terlebih Dulu (HMETD).

Selain itu, ada ada juga tindakan pembagian saham bonus, Distribusi Waran, dan Mandatory Conversion dengan mengubah jumlah efek yang dimiliki Pemegang Rekening akibat Merger dan Akuisisi serta Stock Split/Reverse Split.

Jasa Tindakan Korporasi Sukarela adalah jasa yang dilakukan KSEI selama ada instruksi/respon Pemegang Rekening/Investor untuk melakukan Tindakan Korporasi. Contoh Tindakan Korporasi Sukarela adalah Pelaksanaan HMETD dan Proxy Voting, berupa perhitungan jumlah suara yang tercatat untuk kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

6. Jasa Lainnya

KSEI adalah lembaga yang bisa memberikan berbagai jasa lainnya selain yang sudah disebutkan di atas, yaitu jasa Initial Public Offering (IPO) dan Penawaran Tender.

Proses yang dilakukan KSEI saat IPO adalah pemberian sistem KSEI pada Pemegang Rekening untuk melakukan pembelian saham baru atas IPO. Selain itu, KSEI juga akan mendistribusikan saham yang dialokasikan ke Pemegang Rekening sesuai data yang diterima Emiten atau BAE.

Penawaran Tender yang jadi layanan KSEI adalah penawaran pembelian atau penjualan Efek oleh pihak tertentu pada pihak lain. KSEI menyediakan sistem Penawaran Tender yang membuat KSEI bisa memblokir Efek yang ditawarkan oleh Pemegang Rekening hingga tanggal penjatahan.

Manfaat KSEI bagi Investor

Karena menjadi kustodian sentral, tak heran KSEI menyediakan jasa yang sangat beragam. Namun, apa sesungguhnya manfaat KSEI bagi para investor, terutama bagi kamu yang memang ingin atau sudah melakukan investasi saham?

Setiap investor yang melakukan investasi saham pasti memiliki AKSes KSEI. Fasilitas inilah yang bisa dimanfaatkan kamu untuk berbagai hal berikut:

  • Kamu bisa mengakses data kepemilikan Efek serta mutasinya yang disimpan di sistem KSEI hingga 30 hari terakhir secara real time
  • Kamu bisa melakukan pengecekan laporan portofolio yang ada di beberapa Perusahaan Efek atau Bank Kustodian
  • Kamu bisa membuka Sub Rekening Efek yang bisa dimonitor sendiri melalui KSEI sehingga akan merasa lebih aman untuk berinvestasi
  • KSEI menyediakan manfaat tambahan informasi Pasar Modal secara transparan untukmu para investor.

Itu dia peran KSEI di Pasar Modal yang tentunya akan memudahkan proses investasi saham. Jika kamu sudah benar-benar berniat menjadikan saham sebagai salah satu instrumen investasi, Ajaib bisa jadi platform pilihan.

Ya, kini kamu bisa melakukan jual beli saham secara online melalui Ajaib yang menawarkan biaya transaksi hingga 50% lebih murah. Kamu juga bisa melakukan pembukaan Rekening Saham dan Rekening Dana Nasabah yang tentunya juga terdaftar di sistem KSEI. Ayo miliki saham pertamamu sekarang bersama Ajaib.

Artikel Terkait