Dunia Kerja

Keuntungan Bekerja di Bank ini yang Banyak Diincar Anak Muda

keuntungan bekerja di bank

Ajaib.co.id – Apa keuntungan bekerja di bank? Kenapa bekerja di bank masih menjadi pilihan bagi sebagian anak muda? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Sebagian besar di antara kamu mungkin tahu betul bahwa sektor perbankan adalah salah satu dari beberapa sektor yang membolehkan lulusan berbagai jurusan mendaftar untuk bekerja di dalamnya.

Hal ini sempat membuat stigma pekerja bank adalah orang-orang yang tidak mau dan tidak mampu mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang ditekuni selama kuliah.

Padahal, tidak selamanya orang-orang yang bekerja di bank adalah mereka yang tidak mau dan tidak mampu mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan kuliah.

Kecintaan dan kemampuan terhadap pekerjaan di bank bisa muncul setelah menjalaninya, apa lagi jika ada beberapa keuntungan bekerja di bank yang bisa dinikmati.

Redaksi Ajaib merangkum keuntungan bekerja di bank melalui artikel berikut.

1. Peningkatan Jenjang Karier

Jangan bayangkan bekerja di bank akan selalu menjadi teller atau customer care. Ada berbagai jenis pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan keilmuan yang kamu miliki, misalnya menjadi tim pemasaran di kantor pusat atau masuk dalam jajaran tim teknologi informasi yang jadi tulang punggung sistem digital dan keamanan suatu bank.

Semua jenis pekerjaan di bank membuka kesempatan untuk peningkatan jenjang karier, tentunya itu jadi salah satu keuntungan bekerja di bank. Apalagi jika kamu adalah fresh graduates yang menjalani program Management Trainee (MT) / Officer Development Program (ODP) / Program Pengembangan Staff (PPS).

Tak hanya bekerja, orang-orang yang terdaftar di program ini biasanya mendapatkan pelatihan agar kelak bisa menjadi pemimpin. Walau prosesnya bertahun-tahun dan kebanyakan program mensyaratkan harus menjalani program di berbagai kantor cabang, semua akan terbayar saat karier melesat.

2. Kesempatan Mendapatkan Pelatihan

Sektor perbankan adalah salah satu dari tonggak perekonomian di Indonesia yang diawasi ketat oleh berbagai lembaga pemerintahan. Hal ini tentu menuntut karyawan bank untuk selalu teliti dan berhati-hati dalam bersikap.

Menjadi teliti dan berhati-hati tidak muncul begitu saja. Hampir semua bank di Indonesia menerapkan pelatihan bagi karyawannya. Pelatihan yang dilakukan biasanya cukup beragam, seperti kredit, pemasaran, manajemen risiko, pengendalian internal, hingga pengembangan kemampuan tambahan seperti negosiasi dan teknologi digital agar mampu bersaing.

Pelatihan-pelatihan yang diberikan bank adalah hal yang berharga untuk dijadikan bekal ilmu. Tentunya hal ini masuk dalam keuntungan bekerja di bank yang berikutnya.

3. Gaji dan Tunjangan Tinggi

Gaji dan tunjangan adalah sesuatu yang diberikan berdasarkan kualifikasi dan kemampuan. Menariknya, sektor perbankan adalah salah satu sektor yang berani memberikan gaji besar bagi karyawannya. Gaji dan tunjangan yang besar ini masuk dalam keuntungan bekerja di bank.

Laporan dari Robert Walters awal tahun ini menyebutkan bahwa gaji pegawai sektor bank dan layanan keuangan di Indonesia cukup besar. Chief Executive Officer (CEO) bank di tahun 2020 adalah lebih dari Rp5 miliar per tahun atau Rp416 juta per bulan, lebih tinggi Rp4,8 miliar per tahun dibanding tahun 2019.

Bagaimana dengan staf? Biasanya fresh graduates akan mendapatkan gaji sekitar Rp3,5 – Rp7,5 juta per bulan dan akan meningkat sesuai dengan kinerja dan prestasi. Belum lagi bonus yang akan didapatkan jika berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

4. Kemudahan Mengajukan Pinjaman

Keuntungan bekerja di bank yang berikutnya tentunya kesempatan untuk mendapatkan kemudahan saat mengajukan pinjaman. Bukan rahasia, hampir semua bank akan memberikan fasilitas pinjaman atau kredit pemilikan rumah (KPR). Tentunya ini akan sangat membantu kamu yang memang berencana untuk memiliki rumah dengan jaminan pekerjaan di bank tempatmu bekerja.

5. Bekerja Sesuai Jadwal yang Ditentukan

Ini merupakan keuntungan bekerja di bank yang relatif karena tidak semua pekerjaan memiliki jam kerja yang sama. Namun, biasanya karyawan bank yang jadi frontline memiliki jadwal kerja Senin-Jumat, 8 jam per hari. Libur juga sudah pasti bisa didapatkan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Beberapa jenis bidang pekerjaan seperti personal banker, wealth management, auditor terkadang harus menjalani lembur karena tuntutan pekerjaan seperti pembuatan proposal dan laporan yang panjang dan membutuhkan ketelitian.

6. Tampak Bergengsi

Hal ini rupanya masih jadi stigma yang beredar di masyarakat sehingga bisa masuk dalam salah satu keuntungan bekerja di bank. Para orangtua yang merupakan Generasi X biasanya masih mengharapkan anak mereka bekerja di sektor yang mapan ditambah mengenakan baju seragam.

Tidak ada yang salah dengan hal itu selama kamu yakin untuk menjalankan pekerjaan di bank dengan jujur dan berintegritas. Pada akhirnya, orangtua manapun biasanya akan bahagia melihat anak-anaknya bahagia saat bekerja.

7. Membangun Jaringan Bisnis

Ini adalah keuntungan bekerja di bank yang berikutnya. Beberapa bidang pekerjaan di bank seperti wealth management, Account Officer (AO), atau Funding Officer (FO) mengharuskan karyawannya mampu untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa mendapatkan klien yang bisa meningkatkan pendapatan dan keuntungan bank.

Jika komunikasi yang dilakukan baik, relasi bisnis pun akan terbentuk. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat di masa yang akan datang.

Itu dia beberapa keuntungan bekerja di bank yang bisa kamu rasakan. Tentunya semua hal di atas bisa didapatkan selama kamu mampu bekerja dengan baik, jujur, dan berintegritas. Bagaimana? Apakah kamu masih tertarik untuk bekerja di bank?

Tak hanya artikel mengenai keuntungan bekerja di bank, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai dunia perbankan termasuk berbagai instrumen investasinya di blog Ajaib. Ayo kunjungi blog Ajaib sekarang juga untuk informasi lengkapnya. 

Artikel Terkait