Banking

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit yang Perlu Kamu Tahu

perbedaan kartu debit dan kredit

Masih belum yakin mengenai perbedaan kartu debit dan kredit? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan mengulasnya lebih dalam agar kamu lebih mengetahui perbedaan kartu debit dan kredit. Disimak ya!

Perbedaan kartu debit dan kredit adalah dari mana uang itu berasal. Ketika kamu melakukan pembelian dengan kartu debit, uang itu diambil dari rekening giro kamu, yang merupakan uang kamu sendiri. Ketika kamu melakukan pembelian dengan kartu kredit kamu, uang itu dipinjam dari bank kamu, yang harus kamu bayar sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

Apa Itu Kartu Debit dan Kredit?

Kartu debit adalah pengganti uang tunai. Ketika kamu menggunakannya, kamu menarik dana kamu sendiri dari rekening bank kamu.

Dengan cara ini, kamu tidak mendapatkan bunga dari pembelian kamu, menjadikan kartu debit sebagai opsi yang solid jika kamu mencoba menghindari bunga dan menghindari utang.

Sedangkan, kartu kredit adalah alat pembayaran yang memungkinkan kamu meminjam uang dari bank setiap kali kamu melakukan pembelian. Karena itu, kamu memiliki akses ke kumpulan uang yang bukan milik kamu, dan kamu harus membayar kembali jumlah pinjaman dalam masa tenggang, biasanya antara 21 dan 25 hari.

Jika kamu gagal membayar tagihan tepat waktu, perkirakan dikenakan biaya penalti dan bunga, yang membuat pembelian kamu lebih mahal daripada pembelian yang sebenarnya.

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Kartu debit memiliki beberapa kesamaan dengan kartu kredit. Kartu debit, seperti kartu kredit, memiliki nomor rekening 16 digit dan tanggal kedaluwarsa serta kode keamanan 3 digit. Namun, ada beberapa perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang akan membantu kamu memutuskan kartu mana yang akan menjadi kartu utama kamu.

1. Kartu debit didanai oleh uang di rekening tabungan, sementara kartu kredit ditautkan ke jalur kredit

Pembelian kartu debit kamu dikurangkan dari saldo rekening tabungan kamu. Setiap pembelian dengan kartu debit mengurangi jumlah saldo rekening tabungan dan memberi kamu lebih sedikit uang untuk pembelian tambahan. Ketika kamu melakukan pembelian kartu debit, kamu tidak membuat utang apa pun. Kartu kredit kamu, di sisi lain, ditautkan ke jalur kredit. Pembelian kamu ditambahkan ke saldo kartu kredit yang harus dibayar kembali.

2. Kartu debit tidak memerlukan pembayaran minimum bulanan

Karena pembelian kartu debit kamu dibayar dari uang di rekening giro kamu, kamu tidak perlu melakukan pembayaran bulanan pada kartu debit kamu. Kamu mungkin harus mempertahankan saldo minimum untuk menghindari biaya bulanan, tetapi saldo minimum bukanlah keharusan.

Saldo kartu kredit memang membutuhkan pembayaran minimum bulanan. Gagal melakukan pembayaran minimum yang diwajibkan dapat mengakibatkan biaya keterlambatan, suku bunga lebih tinggi, dan kerusakan pada kredit kamu.

3. Pembelian kartu debit tidak dikenakan bunga

Karena kamu tidak meminjam uang, tidak ada biaya keuangan terkait dengan pembelian kartu debit kamu. Bahkan, tergantung pada rekening tabunagn kamu, kamu sebenarnya dapat memperoleh bunga pada saldo rekening kamu. Kartu kredit membebankan bunga pada saldo tabungan yang kamu bawa kecuali jika tarif promosi berlaku.

4. Penggunaan kartu debit tidak akan memengaruhi kredit kamu

Kartu debit dan penggunaan rekening tabungan kamu tidak secara rutin dilaporkan ke biro kredit dan tidak termasuk dalam skor kredit kamu. Ini berarti kamu tidak dapat membangun kredit dengan kartu debit.

Penggunaan kartu kredit, di sisi lain, secara langsung berdampak pada skor kredit kamu. Menangani kartu kredit secara bertanggung jawab penting untuk menjaga skor kredit yang baik. Ada satu pengecualian: jika pembelian kartu debit kamu melebihi saldo di rekening kamu dan kamu gagal membersihkan saldo, bank kamu dapat melaporkan saldo terutang ke biro kredit.

5. Kamu dapat meningkatkan batas pengeluaran kamu sendiri

Dengan kartu debit kamu dapat menghabiskan uang sebanyak yang tersedia di rekening tabungan kamu. Menyetor lebih banyak uang akan memungkinkan kamu untuk membelanjakan lebih banyak.

Dengan kartu kredit, kamu hanya dapat menghabiskan hingga batas kredit yang diberikan oleh penerbit kartu kredit kamu. Untuk meningkatkan kemampuan pengeluaran kamu, kamu harus menunggu penerbit kartu kredit kamu menaikkan batas kredit kamu.

6. Penarikan tunai lebih murah dengan kartu debit

Ketika kamu menggunakan kartu debit kamu untuk menarik uang di ATM, kamu menghadapi maksimum dua biaya ATM: satu dari operator bank ATM dan satu dari bank kamu.

Kekurangan kartu kredit adalah kamu akan dikenakan biaya ATM ketike melakukan penarikan uang tunai di ATM. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya penarikan tunai dan saldo penarikan uang tunai kamu, dan mungkin dikenakan bunga lebih tinggi.

Haruskah Kamu Menggunakan Kartu Kredit atau Debit?

Jika kamu tidak peduli dengan skor kredit dan kamu tidak ingin membayar dengan uang yang tidak kamu miliki – kartu debit adalah cara yang harus dilakukan. Plus, jika kamu sering bepergian ke luar negeri, kartu debit sangat ideal untuk penarikan melalui mesin ATM karena kamu tidak akan membayar biaya penarikan ATM.

Di sisi lain, jika kamu ingin membangun kredit dan berpotensi mendapatkan hadiah (rewards) atas pembelian kamu. Sehingga melakukan transaksi kartu kredit mungkin merupakan pilihan yang tepat. Pastikan untuk membayar saldo kamu tepat waktu, jika tidak, akan dikenakan biaya lebih dari nilainya.

Kesimpulan

Kedua jenis kartu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-asing. Di mana, sebagai pemegang kartu debit memungkinkan kamu membelanjakan uang yang kamu miliki di rekening tabunganmu daripada membawa uang tunai.

Sementara sebagai pemilik kartu kredit memungkinkan kamu meminjam uang dari bank, yang harus kamu bayar tepat waktu untuk menghindari membayar biaya denda dan bunga. Tetapi sebelum melakukan salah satu dari metode pembayaran ini, pastikan kamu membandingkan opsi kamu untuk membuat pilihan yang tepat. Selain itu, dengan kartu kredit, kamu juga bisa menikmati cicilan 0 persen lho! Sehingga bisa membantu kamu menjaga arus kas tiap bulannya.

Itulah perbedaan kedua kartu ini. Bila kamu mencari informasi menarik lainnya, kamu bisa terus update informasi dari Ajaib ya. Selain membahas hal-hal terkait perbankan, Ajaib juga memberikan informasi menarik mengenai investasi, perencanaan keuangan, hingga bisnis dan kerja sampingan.

Artikel Terkait