Bisnis & Kerja Sampingan

Entrepreneur Adalah Pengusaha, Benar atau Punya Perbedaan?

entrepreneur adalah orang yang pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dan mengambil peluang kapanpun ada kesempatan.

Ajaib.co.id – Mayoritas orang Indonesia masih beranggapan kalau pengusaha dan entrepreneur itu sama. Memang sih, pengusaha dan entrepreneur terlihat sama. Namun, ada yang membedakannya. Seperti yang dikatakan Dwi Larso, Ph.d, seorang pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. 

Sedangkan seorang entrepreneur adalah orang yang memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam suatu bisnis. Jika kamu memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang akan dijalani akan dapat terus bertahan.

Apa itu Entrepreneur?

Entrepreneur diartikan sebagai seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru, dan aturan baru. Pengertian entrepreneur yaitu seeorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta aset yang lainnya pada suatu kombinasi untuk mengatasi dan melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya.

Sedangkan menurut seorang ahli, Schumpter (1942) mendefinisikan entreprenueur sebagai seorang inovetor yang kreatif, sebagai inovator yang kreatif mereka dilihat sebagai seorang yang menyimpang dari segi sosial, menyimpang karena memilih yang berbeda dari orang kebanyakan, ketika memilih untuk mendirikan bisnisnya sendiri mereka ingin berkarya menghasilkan yang terbaik.

Sementara menurut Lognecker (2000), entrepreneur adalah seorang yang memulai atau mengoperasikan sebuah bisnis, sedangkan menurut Zimmerrer dan Scarborough (2002) entrepreneur adalah seorang yang bekerja untuk menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumberdaya yang diperlukan untuk mendirikannya.

Tujuan Entrepreneur

Seorang entrepreneur memiliki tujuan yang cukup banyak dan perlu dilakukan mereka sebagai seorang entrepreneur yaitu:

1. Menjaring dan membuka lapangan pekerjaan baru

Semakin berkembangnya usaha, maka semakin membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelolanya. Hal inilah yang melatarbelakangi banyaknya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar. Menambah lapangan pekerjaan adalah salah satu tujuan utama seorang entrepreneur yang juga bisa membantu mengurangi pengangguran yang ada. Dengan berkembangnya usaha yang diciptakan para enterpreneur, maka masyarakat yang kesulitan mendapat pekerjaan ataupun masih kekurangan secara finansial dapat terbantu.

2. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Seorang entrepreneur biasanya memiliki jiwa kreatif, kompetitif, dan kaya akan ide, inovasi ataupun terobosan baru yang membantu bisnisnya untuk terus berkembang. Tujuan entrepreneur yang satu ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang memang ingin sebuah pembaharuan dengan memiliki usahanya sendiri. Dengan saling berbagi ide ataupun inspirasi, masyarakat juga akan tergerak untuk mencoba membuka usaha.

3. Meningkatkan jumlah entrepreneur yang berkualitas

Dengan menularkan semangat berwirausaha, hal ini juga akan membantu meningkatkan jumlah wirausahawan yang ada pada suatu daerah. Ketika karyawan yang pernah bekerja membuka usahanya sendiri, hal ini akan semakin menambah peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

4. Menebarkan semangat untuk berinovasi

Saat ini, banyak masyarakat yang mulai memiliki pola pikir yang berbeda dengan masyarakat sebelumnya. Berbagai inovasi serta ide akan selalu berkembang dan bervariasi. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang menjual makanan dengan variasi yang berbeda di setiap kota. Makanan adalah contoh umum yang mudah menjadi sebuah tren. Hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengembangkan inovasi dalam berwirausaha. Sebuah inovasi dan kreativitas tidak selalu terpaku pada suatu hal, dan jika produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih, maka akan semakin naik nilai jualnya.

Sifat yang Wajib Dimiliki Entrepreneur

Ketika kamu tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur, maka ada beberapa sifat yang harus kamu miliki seperti:

1. Percaya Diri

Entrepreneur harus punya sifat percaya diri yang dimulai dari diri sendiri, tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat dan saran orang lain. Namun, bisa menggunakan saran tersebut sebagai masukkan, dan percaya diri dalam mengambil segala keputusan apapun.

2. Memiliki Mindset Positive

Mindset entrepreneur menjadi sebuah ukuran kekuatan seorang entrepreneur dalam memegang kendali bisnis yang dijalankan. Di mana, mindset adalah hal yang penting karena dapat mempengaruhi perkembangan bisnis yang dijalani. Namun menjadi seorang entrepreneur tidak hanya sekedar berhubungan dengan hal-hal teknis seperti menghandle karyawan, produksi, klient, akan tetapi juga bagaimana cara mengatur mindset. Dan seorang entrepreneur harus fokus pada prestasi yang ingin dicapai, bukan mengutamakan prestige atau gengsi.

3. Pengambilan Risiko

Cara pengambilan risiko sangat memengaruhi dunia usaha yang penuh risiko dan tantangan. Sehingga, sebagai entrepreneur, kamu perlu memerhatikan bagaimana cara menanggung risiko dengan penuh pertimbangan dan segala risiko tersebut dapat diatasi dengan tenang dan menggunakan pemikiran yang luas, seperti hal nya dalam mengatasi kesulitan keuangan dalam bisnis.

4. Berorientasi Pada Masa Depan

Seorang entrepreneur juga harus memiliki visi ke depan atau berpikir kedepan, hal tersebut karena dalam menjalankan usaha bukan hanya untuk didirikan sementara tapi selamanya. Sehingga sebelum mendirikan usaha atau bisnis perlu dilakukan penyusunan rencana dan strategi yang matang.

5. Kepemimpinan

Dalam diri entrepreneur haruslah memiliki jiwa pemimpin yang dapat dijadikan teladan bagi karyawan lainnya. Sebagai pemimpin yang baik, kamu harus mendengar saran dan kritik dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.

6. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas ialah kemampuan mengembangkan ide baru dan menemukan cara baru dalam melihat peluang atau permasalahan yang akan dihadapi seorang entrepreneur kedepannya. Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menggunakan solusi kreatif dalam mengisi peluang hingga mampu membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.

7. Memiliki Rancangan Bisnis

Seorang entrepreneur juga harus memiliki rancangan dalam bisnisnya. Mereka harus membuat konsep untuk menentukan brand atau bisnis yang ia bangun, visi misi perusahaan, melakukan analisa pasar, proyeksi kenaikan harga, menentukan harga jual produk, hingga melihat berbagai peluang lain yang mungkin bisa dikembangkan dalam produknya sehingga memiliki ciri khas atau pembeda dengan kompetitor sejenis.

8. Pantang Menyerah

Seorang entrepreneur juga harus memiliki sifat pantang menyerah pada satu keadaan. Tidak mudah menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, namun kamu harus selalu belajar untuk menemukan solusi agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

Pengusaha Vs Entrepreneur

Perbedaan antara pengusaha dan entrepreneur bisa kamu bedakan melalui beberapa hal ini.

1. Tujuan

Biasanya, seorang pengusaha menjalankan aktivitas wirausaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih stabil dan menjadi sukses. Sementara entrepreneur lebih peduli pada perubahan di sekitarnya dan melihat peluang usaha yang ada. Seorang entrepreneur juga menjalankan usahanya dengan mengejar passion untuk mencapai tujuan akhir yang memberikannya kesenangan dan kepuasan.

2. Waktu

Pengusaha tidak suka membuang waktu, mereka akan selalu mengecek jam untuk memastikan tidak ada pekerjaan atau kegiatan yang tertunda dan harus diselesaikan di luar jam kantor. Entrepreneur bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya dan membuat produknya lebih sempurna. Karena menurut seorang entrepreneur, produk adalah sebuah karya besar yang harus ia kembangkan untuk memuaskan pelanggannya.

3. Risiko

Pengusaha akan selalu melakukan perhitungan dalam menjalankan bisnis, karena mereka akan mengambil risiko yang telah dihitung dan dikelola. Kalaupun bisa, mungkin mereka tidak menginginkan uangnya hilang sedikitpun atau mengalami kebangkrutan. 

Berbeda dengan entrepreneur, mereka dapat mengambil risiko yang tidak masuk akal sekalipun. Demi mengejar passion, mereka tidak peduli terhadap waktu dan uang yang mereka habiskan. Meski begitu, mereka melakukannya dengan senang dan penuh semangat, sehingga banyak dari entrepreneur yang mengambil risiko besar justru mendapatkan hasil yang luar biasa.

4. Sikap

Seorang pengusaha biasanya akan merasa nyaman dengan apa yang telah mereka lakukan secara rutin, sehingga tidak berharap adanya perubahan dan hanya mementingkan bisnisnya berjalan lancar tanpa hambatan. Sedangkan, seorang entrepreneur akan terus menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman dan tren, serta selalu mengubah pola pikir untuk membuat bisnisnya terus berkembang dan besar, tanpa ada batasan.

5. Ide

Pengusaha biasanya akan memilih ide atau memanfaatkan peluang yang sedang tren di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Sedangkan, seorang entrepreneur meupakan inovator yang menciptakan ide produk atau bisnis pertama kalinya. Sehingga, mereka biasanya rela menghabiskan waktu, energi, dan uang untuk membuat ide bisnisnya sendiri. Biasanya, seorang entrepreneur sejati memiliki ide orisinil dan berbeda dari yang pernah ada, bahkan terkadang idenya unik dan di luar dugaan.

6. Definisi Sukses

Keduanya juga memiliki perbedaan ketika mendefinisikan kata sukses. Di mana, menurut kacamata pengusaha, sukses adalah keberhasilan bisnis dan pelaksana kepentingan bisnis yang meliputi dirinya sendiri, partner bisnis, karyawan, pelanggan, investor, dan juga komunitas. Sedangkan, seorang entrepreneur melakukan pekerjaannya dan membiarkan perjalanan bisnisnya yang akan mendefinisikan kesuksesan yang akan ia capai kedepannya. 

Jadi, apakah kamu menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha? Untuk menjadi pengusaha maupun entrepreneur kamu harus pantang menyerah dan berani mengambil risiko. Namun, ketika kamu memiliki ide bisnisnya yang luar biasa dan berani untuk membuat inovasi dengan mencari solusinya, kamu adalah seorang entrepreneur sejati.

Nah, pengusaha ataupun entrepreneur, kamu tetap harus menyisihkan pendapatan atau keuntungan yang kamu dapatkan dari usaha untuk investasi. Dengan investasi kamu bisa mendapatkan keuntungan besar, yang mungkin kedepannya kamu butuhkan untuk menambah modal usaha. Untuk memulai investasi, kamu bisa memanfaatkan Ajaib sebagai platform atau aplikasi investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana maupun saham, kapan dan di mana saja secara online. Jadi tunggu apalagi? Investasikan sebagian penghasilan kamu di Ajaib sekarang!

Artikel Terkait