Perencanaan Keuangan

5 Cara Menghemat Uang Agar Anggaran Hiburan Tak Jebol

cara menghemat uang

Ajaib.co.id – Milenial merupakan kalangan yang kerap memberikan perhatian dan anggaran lebih pada hiburan. Sayangnya, kebiasaan ini kemudian kerap menjadi sumber masalah keuangannya. Karena itu, lebih baik kamu membenahi kebiasaan ini dan belajar cara menghemat uang untuk kebutuhan hiburanmu.

Penganggaran bulanan merupakan kunci untuk mendapatkan kehidupan finansial yang sehat. Sayangnya, menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukan bukanlah yang mudah untuk dilakukan. Daripada berakhir di rekening tabungan, kerapkali uan yang dimiliki kemudian habis untuk belanja bulanan, membayar tagihan listrik dan lainnya.

Belum lagi jika tergoda bujuk rayu diskon dan belanja online. Ada satu lagi yang jadi kebiasaan terkini anak muda milenial yakni berlangganan channel hiburan baik Netflix, Spotify atau masih banyak lainnya. Kebiasaan yang awalnya sekedar jalan mencari hiburan ini kini sudah jadi statement gaya hidup.

Bahkan banyak yang kerap mengalokasikan dana cukup besar untuk biaya ini meskipun tidak kerap memanfaatkannya sehari-hari. Untuk berhenti juga seringkali tidak terpikirkan karena kekhawatirkan akan membutuhkannya di kemudian hari. Tanpa kamu sadari, kebiasan ini kemudian jadi sumber kebiasan boros yang sulit untuk mengubahnya.

Berbenah Kebiasaan Mencari Hiburan, Cara Menghemat Uang Paling Pas Bagi Milenial

Menurut laporan Charles Schwab pada tahun 2017, generasi milenial lebih tertarik menggunakan uang mereka untuk membeli kenyamanan dan kemudahan. Lebih dari itu, generasi milenial lebih tertarik dengan kebebasan dalam mengeksplorasi layanan maupun produk sesuai dengan keinginan mereka.

Sejumlah laporan juga menyebutkan bahwa milenial lebih tertarik pada akses bukan kepemilikan. Sebagai contoh, pada tahun 2016, CNBC Amerika Serikat merilis berita mengenai tingkat kepemilikan rumah di Amerika Serikat turun sebesar 62,9%.

Hal ini disebabkan oleh pola konsumsi milenial yang cenderung menunda pembelian “besar” dan lebih memilih untuk menyewa. Cara ini dianggat sebagai salah satu cara menghemat uang sekaligus untuk mengalokasikan dana yang terbatas untuk banyak kebutuhan. Dengan menyewa maka milenial beranggapan jika bisa membeli bahan makanan lebih enak namun tetap memiliki akses misalnya pada hunian yang nyaman.

Lebih dari itu, ketertarikan milenial untuk menikmati akses yang bebas ternyata juga merambah pada dunia hiburan yang sekarang lebih dikenal sebagai streaming media. Kebiasaan milenial ini menyebabkan perusahaan yang menyediakan layanan streaming menggunakan subscription model dalam menjalankan bisnis mereka.

Perusahaan tersebut tidak menggunakan model fix subscription atau langganan tetap, dimana konsumen membayarkan uang untuk seperangkat layanan atau produk yang tetap. Akan tetapi, konsumen diberikan kebebasan yang sangat luas untuk mengeksplorasi produk atau layanan yang tersedia. Tentu layanan tersebut menjadi alternatif yang sangat cocok dengan gaya hidup milenial.

Namun benarkan cara ini efektif untuk lebih hemat uang? Nyatanya banyak pula yang mengeluhkan gaya hidup ini merusak tatanan keuangan mereka. Banyak yang bilang kebiasaan berlangganan hiburan adalah sumber banyaknya pengeluaran yang tidak terkontrol.

Cara Menghemat Uang

Hiburan membuat hidupmu boros? Berarti ada yang salah dengan perencanaan keuangan kamu. Sekarang ini, kamu harus pintar mengelola anggaran agar bisa berinvestasi untuk kehidupan di masa tua nanti. Namun jangan khawatir, ada lho cara menghemat uang yang bisa kamu lakukan.

1. Periksa Layanan Berlangganan

Coba cek lagi tagihan bulananmu. Ada berapa banyak tagihan berlangganan yang harus kamu bayar setiap bulan? Ada berapa banyak yang benar-benar bermanfaat untuk kebutuhanmu dan kerap kamu gunakan? Ada berapa channel film yang kamu miliki?

Apakah kamu benar-benar membutuhkan beberapa layanan streaming televisi dan musik? Berapa banyak kotak langganan atau majalah yang muncul di email kamu setiap bulan? Sejumlah pertanyaan tersebut mungkin bisa membantu memetakan pengeluaran bulananmu untuk sektor hiburan.

Luangkan sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal yang bahkan tidak kamu gunakan, tonton, atau baca. Jika kamu mencoba untuk menghemat uang ekstra, mengurangi jumlah langganan akan menghemat banyak biaya. Cara menghemat uang ini mungkin tidak mudah dilakukan pertama kali namun jelas jitu agar kamu bisa punya sisa uang lebih banyak tiap bulannya.

2. Kreatif Menyiasati Gaya Hidup

Mitos: Mengeluarkan uang pada kencan berarti mengamankan cinta dalam hidup kamu.

Kenyataannya kamu bisa bersenang-senang dan jatuh cinta saat masih berhemat. Isi keranjang piknik dengan popcorn, apel, bermacam-macam keju, dan cokelat (tentu saja) – lalu bawalah suasana yang menyenangkan. Bawa pulang bungkus makanan atau makan langsung sambil streaming acara favorit kamu.

Jelajahi lorong toko buku bekas sebelum mengambil kopi dan hidangan penutup. Nikmati proses untuk menghibur diri di tanggal kreatif yang kamu tentukan. Jangan tergoda memberikan barang mewah yang sebenarnya tidak sanggup kamu biayai hanya demi mendapatkan pasangan.

Saat ini ada tren memamerkan barang mewah yang diberikan oleh pacar sehingga pemberian yang wah kerap jadi andalan. Namun sebenarnya kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli barang yang di luar jangkauan dompetmu. Jangan asal ikuti gaya hidup ala Nagita Slavina kalau penghasilanmu belum sekelas Raffi Ahmad.

3. Evaluasi Pilihan Televisi

Jika kamu membayar harga tinggi untuk paket televisi kabel kamu dan menonton sangat sedikit saluran, kamu tidak sendirian. Banyak orang melakukannya dan terlambat menyadari jika hal ini memperburuk kondisi keuangan mereka. Cobalah untuk berhenti berlangganan televisi kabel.

Banyak orang menyadari bahwa mereka dapat menghemat uang dan masih mendapatkan semua pertunjukan yang mereka inginkan (dan banyak lagi!) dengan beralih ke pilihan lain. Lihat ke YouTube, Hulu, Netflix atau layanan streaming lokal. Coba tonton episode terbaru yang ditayangkan secara online.

Tukarkan saja tagihan kabel itu dengan opsi yang lebih murah tapi masih mengagumkan. Lebih jauh lagi, rajinlah mencari promo terbaru untuk bisa mendapatkan harga terbaik. Kamu bisa tetap dapat tontonan berkualitas tanpa harus bersikap boros tiap bulan.

4. Cari Hiburan Gratis

Orang bilang saat ini tidak ada yang gratis, apalagi hiburan. Namun rasanya di era internet ini banyak cara untuk mendapatkan hiburan gratis. Mungkin akan sedikit sulit jika kamu ingin mendapatkan layanan gratis yang legal namun bukan sesuatu yang mustahil.

Hiburan gratis sangat bagus ketika ada buku, buku audio, e-book, film, dan presentasi atau pertunjukan dari seniman-seniman berbakat yang sedang membuat satu acara. Bisa pula dengan mendatangi pemaran atau pertunjukkan teater tepi jalan yang tak kalah menariknya.

Di mana kamu bisa mendapatkan hiburan atau acara-acara semacam itu? Salah satunya di perpustakaan setempat kamu. Biasanya pihak perpusatakaan mengadakan acara seminggu sekali dengan seniman-seniman lokal. Carilah info sebanyak mungkin karena sebenarnya acara seperti ini sangat banyak dan rutin digelar.

Kemudian, mulailah mencari hiburan tanpa biaya. Apakah ada museum gratis di dekat sini? Taman bermain apa yang ada di daerah kamu? Apakah mereka menyelenggarakan film, festival, atau acara? Atau mungkin kamu dekat dengan pasar petani?

Adakah musisi lokal daerahmu menawarkan konser gratis? Acara komunitas apa yang ditawarkan di sekitarmu? Biarkan telinga kamu terbuka dan lihatlah ke luar. Simpan uang di saku dan bersenang-senanglah.

5. Nikmati Dunia Luar

Ada seluruh dunia di luar sana, menunggu untuk dieksplorasi dengan murah. Tentu saja, ada banyak cara untuk menikmati dunia dengan biaya yang murah, atau mungkin gratis. Misalnya saja mendaki, bersepeda, backpacking, menaiki transportasi umum, atau hal-hal lainnya yang bisa memberikan kamu gairah hidup.

Jangan terpaku pada hiburan modern semata. Hiburan lawas bisa jadi alternatif sekaligus cara menghemat uang terkini. Kelebihan lainnya, kamu jelas bisa lebih sehat dan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak. Jadi selain bisa hidup hemat, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang seru.

Cara menghemat pengeluaran tidak selalu dilakukan dengan hal yang sulit. Kamu bisa mencari alternatif untuk mendapatkan hiburan namun tetap berhemat. Kalau dipikir ulang, orang pada dekade yang lalu tidak bergantung pada langganan online untuk tetap bisa merasa terhibur. Kamu juga bisa melakukannya dan mendapatkan keuangan yang jelas lebih sehat kan?

Artikel Terkait