Yuk Kenalan dengan 5 Wanita Muslimah Inspiratif di Dunia

wanita muslimah inspiratif
wanita muslimah inspiratif

Lima Wanita Muslimah inspiratif di dunia ini membuktikan bahwa mimpi tidak bisa dihalangi. Siapa saja mereka? Simak dalam ulasan yang telah redaksi Ajaib himpun ini.

Bukan rahasia lagi jika kini posisi dan kesetaraan wanita berbanding lurus dengan laki-laki. Seorang wanita muslimah, sesuai dengan ajaran islam pada dasarnya memang tak diwajibkan untuk berkarier. Hanya di era serba modern ini, tidak ada satupun orang yang diperbolehkan untuk membatasi orang lain dalam menjalankan haknya termasuk sekolah tinggi dan berkarir.

Tak jarang banyak wanita muslimah yang memiliki pendidikan tingi sekaligus karir yang cemerlang. Namun demikian wanita muslimah tetaplah pada kodratnya saat berada di rumah, yakni sebagai seorang ibu dan juga sebagai seorang istri yang memiliki peran penting dalam keluarga.

Meski demikian, sepak terjangnya wanita dalam menciptakan beragam terobosan-terobosan yang memukau dunia patut diacungi jempol. Mengapa tidak ?

Banyak wanita muslimah inspiratif yang mampu menjalankan perannya sebagai tokoh-tokoh penting dunia dengan ilmu yang ia peroleh. Siapa saja? Simak ulasan berikut ini :

Heraa Hashmi

Heraa Hasmi merupakan seorang wanita muslimah inspiratif keturunan India – Amerika. Ia muncul sebagai wanita muslimah inspiratif usai memutuskan membela Islam yang dipandang sebelah mata akibat terror yang sempat terjadi. Dalam orasinya Heraa menunjukkan kepada dunia bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi perdamaian. Ia membuat Google Spreadsheet yang mengundang banyak mata melihat data mengenai aturan Islam yang melarang terorisme.

Tak sia-sia, usaha Heraa membuahkan hasil dimana Google Spreadsheet yang ia buat menjadi viral. Saat ini Spreadsheet sukses berkembang menjadi sebuah situs bernama Muslim Condemn.

Ibtihaj Muhammad

Seorang wanita muslimah yang juga seorang atlet anggar asal Amerika Serikat bernama Ibtihaj Muhammad berhasil memenagkan medali perunggu dalam Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 di Brasil. Selain menjadi atlet, Ibtihaj juga memiliki sebuah brand fashion bernama Louella.

Ia juga menjalin bisnis dengan Peter Westbrook seorang pendiri Peter Westbrook Foundation atau organisasi yang membina anak-anak yang ingin belajar anggar. Ibtihaj dikenal sebagai atlet wanita muslimah yang senantiasa menggunakan hijabnya dan membuktikan bahwa wanita sanggup melampaui batas dalam mengejar mimpi dan menjadi apa yang mereka inginkan namun tetap dalam batasan sebagai wanita muslimah.

Tawakkul Karman

Wanita muslimah ini adalah seorang jurnalis wanita muslimah sekaligus aktivis yang membela hak asasi manusia. Tawakkul merupakan wanita muslimah yang mampu menentang rezim

Yaman pimpinan Presiden Ali Abdullah Saleh yang semapt mengalami masalah polotik di selatan jazirah Arab.

Tawakkul Karman juga dijuluki sebagai Ibu Revolusi karena memiliki sikap yang kritis dan berani. Ia menerima penghargaan Nobel Perdamaian pada 2011.

Hana Tajima

Hana adalah trendsetter wanita muslimah di dunia. Kiprahnya dalam bidang fashion sukses membawanya menjadi wanita muslimah yang dikenal saat ini. Hana merupakan seorang mualaf yang cukup lama mempelajari ilmu filsafat. Hana sukes menjadi wanita muslimah inspiratif melalui tulisannya dalam blog pribadinya.

Kesuksesan Hana dalam bidang fashion membawa Hana dilirik oleh brand ternama seperti UNIQLO yang tertarik untuk berkolaborasi dan menjadikan Hana sebagai ikon fashion Muslim sekaligus influencer dunia.

Dalia Mogahed

Dalia Mogahed adalah wanita muslimah pertama yang menjabat sebagai penasehat gedung putih. Tugas Dalia Mogahed adalah meningkatkan persepsi Amerika Serikat di mata umat Muslim saat masa pemerintahan Barack Obama.

Sebelum berkarier di Gedung Putih, Dalia Mogahed sudah lebih dahulu meluncurkan buku yang ia tulis bersama dengan John L. Esposito dengan judul ‘Who Speaks for Islam? What a Billion Muslims Really Think’.

Seabagai wanita muslimah, Dalia memiliki pengaruh yang cukup penting dalam dunia politik di Amerika Serikat. Dalam sebuah wawancara bersama Al-Arabiya, Dalia menyampaikan bahwa jilbab yang ia kenakan bukanlah menjadi penghalang dirinya untuk memiliki karir di Gedung Putih serta berpolitik.

Baginya, memberi ide dan pemikiran yang bisa melibatkan seluruh warga Amerika untuk tujuan yang mulia adalah hal yang akan terus ia lakukan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait