Waspadai Penipuan Undian Berhadiah, Ini Tipsnya

Undian Berhadiah

Saat ini tidak sedikit pihak-pihak yang memanfaatkan situasi untuk melakukan penipuan berkedok undian berhadiah. Dari mulai SMS, telepon bahkan email banyak memberikan pesan mengenai promo undian berhadiah, yang pada dasarnya adalah penipuan.

Walupun trik ini sudah cukup jadul untuk konsep penipuan di era digital saat ini, namun tidak sedikit orang yang sukses tertipu dan membuang uangnya sia-sia. Trik penipuan ini sangat sering terjadi di mana pelaku penipuan mengirimkan SMS atau telepon yang menyatakan bahwa Anda menang hadiah sejumlah uang tunai jutaan rupiah atas undian berhadiah, atau mendapatkan hadiah mobil.

Selanjutnya Anda diminta untuk menghubungi nomor terkait dan mengirimkan nomor rekening Anda dengan iming-iming hadiah dalam jumlah yang tidak sedikit.

Salah satu contohnya:

Nasabah Yth rek anda dinyatakan resmi mendapat hadiah dari berkah BRIpoin dan kode cek anda 1234567. Untuk info, klik http://berkahpoinbri.blogspot.com.

Bahkan belum lama ini, sempat heboh mengenai SMS penipuan yang mirip dengan undian berhadiah, SMS ini dikenal dengan nama ‘mama minta uang’. Bentuk SMS ini tidak jauh berbeda dengan SMS undian atau kuis berhadiah, hanya saja konsep penipuannya yang berbeda. Pada akhirnya si penipu juga akan meminta uang untuk ditransfer.

Jika hanya satu atau dua kali Anda memperoleh SMS seperti ini, mungkin masih dapat dimaklumi. Namun jika terjadi berkali-kali, ini akan sangat meresahkan dan sekaligus Anda dibidik menjadi target penipuan.

Inilah beberapa tips agar Anda terhindar dari penipuan undian berhadiah:

1.   Hubungi Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta pihak operator memblokir nomor-nomor ponsel yang digunakan untuk menipu korban. Anda bisa menghubungi BRTI dan menjelaskan kronologis yang terjadi, kemudian wewenang BRTI melakukan pemblokiran nomor telepon pelaku penipuan.

2.   Melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan membuka layanan Financial Customer Care (FCC) sebagai sarana pengaduan SMS palsu yang diterima masyarakat. Caranya dengan mengirimkan screen capture ke emai : konsumen@ojk.go.id atau telepon ke layanan 1-500-655.

3.   Melapor ke Kominfo melalui email : aduankonten@mail.kominfo.go.id, yang disertakan dengan bukti screen capture dari SMS penipuan. Saat ini kominfo banyak menangani pengaduan masyarakat terkait dengan penipuan, konten negatif dan perilaku tidak seharusnya yang merugikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

4.   Perhatikan website yang dikirimkan oleh penipu berkedok undian berhadiah. Jika Anda jeli, tidak mungkin sebuah perusahaan besar yang memberikan Anda undian berhadiah dengan nilai fantastis menggunakan website dengan domain gratis, seperti blogspot atau wordpress.

5.   Meminta uang muka atau meminta Anda mentransfer sejumlah uang dengan berbagai alasan yang tidak logis untuk mencairkan dana undian atau rejeki berhadiah yang dikatakan Anda menangkan.

Sayangnya, setelah anda melakukan transfer uang, akan ada saja alasan penipu untuk membuat Anda yakin melakukan transfer lagi dan lagi hingga saldo Anda terkuras.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait