Cryptocurrency

Wallet Indodax & Tips Menjaga Keamanannya

Wallet Indodax & Tips Menjaga Keamanannya

Ajaib.co.id – Wallet Indodax bukan istilah yang asing bagi orang-orang yang melakukan investasi bitcoin di Indonesia. Namun, bagi yang belum tahu betul, Indodax adalah salah satu marketplace untuk melakukan jual beli sekaligus menjaga keamanan bitcoin atau aset kripto lainnya, mata uang digital yang populer dunia digital karena diharapkan bisa ditambang untuk memberikan kekayaan.

Selain Indodax, ada beberapa marketplace bitcoin yang cukup populer di Indonesia seperti Pintu, Blockchain.com, Exodus, Bitcoin Wallet, dan beberapa nama lainnya. Walau demikian, Indodax rupanya masih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang berinvestasi di bitcoin sehingga mengalami perkembangan yang luar biasa.

Kali ini redaksi Ajaib merangkum serba-serbi Indodax dan Wallet Indodax, spesial untuk kamu yang sedang mempertimbangkan ingin melakukan investasi bitcoin dan sedang mencari referensi.

Sejarah Indodax

Awalnya Indodax bernama Bitcoin Indonesia, didirikan di Bali pada Februari 2014. Empat tahun berjalan, Bitcoin Indonesia akhirnya berubah menjadi Indonesia Digital Asset Exchange yang disingkat Indodax dan bisa diakses melalui indodax.com pada tahun 2018. Kini Indodax mengeklaim telah menjadi marketplace aset kripto terbesar di Indonesia.

Indodax=Platform Jual Beli Kripto

Indodax bukanlah sistem pembayaran menggunakan bitcoin, melainkan platform marketplace jual beli kripto, termasuk bitcoin sebagai salah satu bentuknya. Selain bitcoin, ada beberapa aset lainnya yang diperjualbelikan melalui wallet Indodax seperti Ripple, Ethereum, Zcash, OKB, Ravencoin, dan lain-lain.

Wallet Indodax

Wallet bitcoin adalah tempat penyimpanan saldo bitcoin yang bisa di-install dalam PC, smartphone, hingga cloud. Wallet Indodax ada di dalam platformnya dalam bentuk alamat, sehingga kamu bisa mengaktifkan dan menggunakannya untuk mengirim dan menerima bitcoin. Namun kamu juga bisa membuat wallet pribadi untuk bertransaksi bitcoin.

Cara Membuat Wallet Indodax

Wallet Indodax bisa dibuat di vipindodax.com. Kamu bisa mengakses halaman tersebut lalu klik register. Setelah itu, masukkan data-data yang diperlukan dan lanjutkan pendaftaran hingga mendapatkan email berisi link aktivasi akun.

Jika kamu sudah klik link tersebut, kamu akan diarahkan untuk masuk ke dalam akun dengan memasukkan email dan kata kunci yang sudah didaftarkan. Verifikasi nomor handphone juga akan dilakukan, jadi pastikan kamu punya nomor handphone-nya aktif untuk menerima kode PIN yang akan dikirimkan melalui SMS untuk proses aktivasi akun.

Jika akun sudah aktif, kamu akan bisa menggunakannya untuk menerima bitcoin, belum bisa untuk melakukan transaksi. Agar fitur ini bisa terbuka, kamu harus melakukan verifikasi penuh dengan cara klik verifikasi di tampilan awal akun.

Setelah itu, isi data dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk menyerahkan hasil pindai kartu identitas resmi yang masih berlaku seperti KTP atau SIM dan foto diri membawa tulisan permohonan untuk diverifikasi. Email verifikasi akan masuk ke email yang kamu daftarkan dalam waktu 1×24 jam jika memenuhi persyaratan.

Tips Menjaga Keamanan Wallet Indodax

Wallet atau dompet adalah benda yang harus dijaga keamanannya. Begitu juga dengan wallet bitcoin dalam wallet Indodax. Beberapa indikasi yang menunjukkan akun diretas sehingga tidak aman adalah adanya transaksi keuangan dan aset yang tidak dikenal di riwayat transaksi kamu, adanya perubahan data pada akunmu, dan muncul notifikasi perubahan setelan keamanan tanpa sepengetahuanmu.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan wallet Indodax milikmu.

1. Lakukan Enskripsi

Enkripsi wallet dan smartphone yang kamu gunakan untuk melakukan transaksi bisa jadi langkah pertama untuk menjaga keamanan wallet Indodax milikmu. Selain itu, gunakan kata sandi yang kuat (mengandung kombinasi huruf, tanda baca, angka, punya panjang 16 karakter). Hindari menggunakan sandi yang mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir, angka berurutan, huruf berurutan, atau nomor telepon. Kalau kamu kesulitan mengingat sandi, kamu bisa menuliskannya lalu simpan di brankas.

2. Buat Cadangan Wallet

Cadangan wallet bisa jadi perlindungan kalau tiba-tiba PC/laptop/smartphone kamu rusak atau hilang. Gunakan banyak tempat sebagai pencadangan, online maupun offline.

3. Aktifkan Fitur Keamanan Tambahan

Salah satu fitur keamanan tambahan yang direkomendasikan oleh Indodax adalah Google Autheticator. Google Authenticator bisa diunduh terpisah di Google Play Store, App Store dan bisa juga dipasang di PC/laptop. Jika aplikasi ini sudah terpasang, kamu akan diminta memasukkan PIN saat login maupun penarikan uang.

4. Rajin Update Aplikasi, Operating System, dan Browser

Aplikasi atau software bitcoin biasanya selalu melakukan perbaikan dan pemeliharaan stabilitas dan keamanan lewat pembaruan (update). Jadi, sebisa mungkin selalu lakukan pembaruan ke aplikasi atau software terbaru agar kamu untuk menjaga keamanan wallet Indodax kamu.

Regulasi Jual Beli Kripto di Indonesia

Regulasi pemanfaatan aset kripto diatur oleh Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melalui Peraturan Menteri Perdagangan RI No.99 Tahun 2018 tentang Ketentuan Umum Penyelenggaraan Berjangka Aset Kripto.

Peraturan ini mengatur aset kripto adalah salah satu komoditi yang layak dijadikan sebagai subjek kontrak berjangka yang diperdagangkan di pasar berjangka.

Itu dia beberapa hal mengenai wallet Indodax yang dirangkum redaksi Ajaib. Kalau kamu masih penasaran tentang informasi lainnya seputar bitcoin atau aset kripto bisa kamu baca di blog Ajaib.

Artikel Terkait