Reksa Dana

Wajib Tahu, Begini Cara Kerja Reksa Dana Syariah

Cara Kerja Reksa Dana Syariah
Cara Kerja Reksa Dana Syariah

Ajaib.co.id – Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang sekarang cukup diminati banyak orang selain saham. Hal itu karena kemudahan pengelolaannya dibandingkan investasi saham.

Di reksa dana kamu akan dibantu oleh Manajer Investasi. Jika saham sudah ada segmen saham syariah, reksa dana syariah juga bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin investasi reksa dana sesuai dengan ketentuan syariah.

Mengenal lebih dekat reksa dana syariah

Perekonomian berbasis syariah bukan hal yang baru lagi di Indonesia. Menjadi negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia, Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menerapkan perekonomian syariah. Kamu bisa melihat penerapannya di perbankan, bahkan hingga ke investasi saham dan reksa dana.

Reksa dana syariah yang mulai diminati karena beberapa kemudahan dan keuntungan yang ditawarkannya. Kamu bisa saja memasukinya karena siapa saja diperbolehkan mencoba berinvestasi di reksa dana. Pihak Bursa Efek Indonesia juga memperkenalkan reksa dana ini secara masif kepada masyarakat agar bisa memahami seluk-beluk dan sistemnya dengan baik.

Seperti yang telah disebutkan di atas, perbedaan reksa dana dengan saham yang paling signifikan adalah jika di saham investasinya kamu lakukan seorang diri, dan kamu yang melakukan analisisnya sendiri.

Sedangkan di reksa dana, modal yang kamu sediakan akan dikelola oleh Manajer Investasi, orang yang sudah ahli dalam mengelola reksa dana sehingga bisa menguntungkanmu. Manajer Investasi yang nanti akan menyalurkan modal darimu pada perusahaan-perusahaan yang memiliki prospek yang bagus.

Kamu sendiri bisa ikut andil dengan berdiskusi bersama Manajer Investasi, tapi akan lebih afdol ketika ada yang membantumu juga. Oleh karena itu kamu pun tidak perlu capek-capek melakukan analisis yang mendetail sekali.

Kamu tidak perlu memantau pasar modal sesering itu karena ada Manajer Investasi yang bisa diandalkan. Kamu juga jadi punya orang ahli yang bisa diajak diskusi setiap saat ketika kamu ingin mengambil keputusan soal investasi ini.

Reksa dana juga risikonya lebih rendah ketimbang investasi saham yang jelas-jelas risikonya tinggi, tapi tentunya keuntungan yang akan kamu dapatkan tidak akan sebesar di investasi saham, kecuali ketika kamu masuk ke reksa dana saham yang risikonya sama dengan investasi saham pada umumnya.

 Reksa dana yang konvensional saja sudah banyak jenisnya, sekarang ditambah lagi dengan reksa dana yang berbasis syariah. Pilihan untukmu pun jadi lebih banyak yang sesuai dengan prinsip dan kinerjamu.  

Cara mendaftar ke reksa dana berbasis syariah

Saat ini sudah cukup banyak perusahaan Manajer Investasi reksa dana yang menyediakan produk reksa dana syariah. Jadi, kamu bisa membeli produk reksa dana berbasis syariah ini di perusahaan Manajer Investasi yang tersedia di Indonesia dan melalui APERD atau Agen Penjual Reksa Dana.

Saat ini banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan reksa dana berbasis syariah. Jadi, kamu bisa langsung memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan produk investasi ini.

Cara untuk mendaftarnya pun mudah. Biasanya kamu hanya memerlukan tabungan dengan namamu sendiri, lalu KTP. Apalagi sekarang cara mendaftarnya tinggal dilakukan diaplikasinya saja.

Yang membedakan reksa dana berbasis syariah dengan yang konvensional adalah pengelolaannya. Ini yang perlu kamu tahu mengenai sistem investasi di reksa dana syariah.

Daftar Efek Syariah (DES)

Daftar Efek Syariah atau disingkat dengan DES ini merupakan daftar perusahaan berbasis syariah yang disusun oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setiap enam bulan sekali sesuai dengan kinerjanya.

Dari daftar ini Manajer Investasi akan lebih mudah menemukan produk reksa dana berbasis syariah yang sesuai dengan kriteria risiko investor. Diperbaharui setiap enam bulan sekali karena perusahaan mana pun pergerakannya pasti sangat dinamis, dan hanya perusahaan-perusahaan terbaik yang sesuai dengan prinsip syariah yang bisa masuk ke dalam daftar tersebut.

Cleansing

Pada praktiknya, bisa saja modal yang dikelola di reksa dana berbasis syariah ini tidak sesuai dengan syariah karena hal tertentu. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada proses cleansing untuk investasi ini, ini yang memang membedakan reksa dana syariah dengan yang konvensional.

Misalnya, ada pendapatan yang berasal dari giro bank custodian yang mengendap dalam beberapa waktu. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip syariah, dan akan masuk ke proses cleansing terlebih dahulu. Cara melakukan cleansing adalah dengan menyalurkan dananya untuk kegiatan amal.

OJK dan Dewan Pengawas Syariah atau DPS

Kamu pasti sudah tahu bahwa Otoritas Jasa Keuangan akan melakukan pengawasan untuk memastikan semua kegiatan investasi dan kegiatan berhubungan dengan keuangan lainnya sesuai dengan aturan negara. Jika di reksa dana berbasis syariah ditambah lagi dengan Dewan Pengawas Syariah yang memastikan bahwa pengelolaan modal reksa dana itu sesuai dengan syariah.

Apabila tidak sesuai, maka akan dilakukan cleansing. Ketika harus dilakukan cleansing, maka DPS yang akan merekomendasikan ke mana uang tersebut harus diamalkan. Jadi, semua kegiatan ini akan diperhatikan oleh DPS.

Jika kamu tertarik memberikan modal di produk reksa dana berbasis syariah, kamu bisa memulainya dari sekarang. Seperti yang sudah kamu dengar sebelum-sebelumnya, semakin lama kamu berinvestasi, maka keuntungan yang kamu dapatkan pun akan semakin tinggi.

Kamu juga bisa investasi reksa dana syariah di Ajaib dengan modal yang sangat minim. Ajab adalah aplikasi yang menyediakan layanan jasa trading saham dan reksa dana yang cocok untuk pemula. Jangan  ragu untuk mengunduh aplikasi kami secara gratis.

Artikel Terkait