Cryptocurrency

Valuasi Koin Kripto Fluktuatif, Mana Yang Layak Dikoleksi?

Koin Kripto
Koin Kripto

Ajaib.co.id – Valuasi koin kripto menunjukkan pergerakan yang anomali setiap harinya. Betapa tidak setelah naik dalam hitungan jam, tiba-tiba nilainya bisa jadi jeblok hanya dalam hitungan detik.

Kapitalisasi pasar koin kripto mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$ 2,0 triliun pada awal April lalu tepatnya 5 April 2021. Kenaikan selama beberapa bulan terakhir menarik permintaan dari investor institusional dan ritel.

Adapun, valuasi koin kripto sampai saat ini turun karena isu negatif yang dipicu kebijakan China yang melarang lembaga keuangan seperti bank dan fintech pembayaran untuk menyediakan layanan transaksi uang kripto. Negara tersebut juga mengingatkan investor agar tidak memperdagangkan uang kripto spekulatif.

Dikutip dari Coinmarketcap, kapitalisasi pasar koin kripto secara global pada Senin (12/7/2021) adalah sebesar US$1,39 triliun, melemah 0.37% dari hari sebelumnya. Adapun volume perdagangan koin kripto pada dalam waktu 24 jam tepat sebelum Senin (12/7/2021) pukul 20.45 WIB mencapai US$57,89 miliar yang berarti adalah kenaikan sebesar 8,27% persen dari hari sebelumnya.

Sementara itu total volume perdagangan DeFi (Decentralized finance) menyentuh US$6,03 miliar, atau sekitar 10,42% dari total volume perdagangan koin kripto dalam 24 jam terakhir. Volume dari semua perdagangan koin yang stabil mencapai US$42,76 miliar yang adalah 73,86% dari total volume perdagangan koin dalam 24 jam terakhir.

Valuasi Koin Kripto Terbesar

Hingga Senin (12/7/2021), terdapat 5.620 jenis koin yang merupakan bagian dari koin kripto. Namun hanya beberapa diantaranya yang memiliki kapitalisasi terbesar. Beberapa yang terbesar dalam urutannya adalah sebagai berikut:

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan pada 2009  oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara.

Dengan menggunakan sistem peer to peer (P2P), bitcoin bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal yang mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Harga Bitcoin per Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB mencapai angka US$33,63. Suplai bitcoin saat ini adalah 18,75 juta. Dengan demikian, kapitalisasi bitcoin mencapai US$627,42 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi diantara semua jenis koin kripto.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah mata uang kripto yang dibuat oleh Vitalik Buterin tahun 2013. Ethereum adalah jaringan blockchain peer-to-peer publik yang diresmikan tahun 2015. Ethereum juga adalah platform software terdesentralisasi.

Harga ethereum per Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB mencapai angka US$2.104. Suplai ethereum saat ini adalah 116,66 juta. Dengan demikian, valuasi koin kripto ini mencapai US$245,07 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi kedua setelah bitcoin.

3. Tether (USDT)

Tether atau USDT adalah aset digital berbasis blockchain yang merupakan representasi dari mata uang Amerika Serikat yakni dolar Amerika Serikat. Dengan demikian harganya punya stabil pada posisi $1.

Pada Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB, suplai tether pun cukup besar yakni 62,2 miliar. Adapun, valuasi koin tether mencapai US$62,23 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi ketiga setelah bitcoin dan ethereum.

4. Binance Coin (BNB)

Koin yang akrab disebut BNB ini adalah mata uang digital yang dikeluarkan oleh perusahaan platform koin kripto digital dengan merek dagang Binance Exchange. Binance sendiri bersaing ketat dengan Ethereum dalam mengembangkan sistem transaksi digital.

Binance coin per Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB dihargai US$324,34. Suplai binance coin saat ini adalah 153,43 juta. Dengan demikian, valuasi koin kripto ini mencapai US$49,53 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi keempat.

5. Cardano (ADA)

Cardano adalah tipe koin kripto yang ramah lingkungan karena tidak bergantung pada komputer untuk memproses transaksi dan menghasilkan koin yang baru.

Charles Hoskinson, pendiri Cardano mengatakan jaringan cardano menggunakan energi yang sangat sedikit yakni berkisar 0,01 persen jaringan bitcoin. Cardani juga dapat digunakan untuk membangun smart contract, protokol dan aplikasi terdesentralisasi sehingga nilainya lebih terukur dibandingkan koin kripto lainnya.

Pada tempat kelima terdapat koin kripto cardano. Pada Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB, harga cardano lebih tinggi sedikit dibandingkan tether, lebih tepatnya US$1,34. Suplai cardano adalah setengah dari tether yakni 31,94 miliar. Adapun, valuasi koin cardano mencapai US$42,73 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi kelima.  

6. Ripple (XRP)

Ripple sebenarnya adalah perusahaan Amerika Serikat yang menyediakan layanan untuk pembatasan lintas batas pada industri keuangan dengan cara menghilangkan perantara sehingga menghemat biaya dan waktu transaksi. Nah, dalam jaringan tersebut koin yang digunakan adalah XRP.

XRP per Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB dihargai US$0,63. Suplai XRP saat ini adalah 46,17 miliar. Dengan demikian, valuasi koin kripto ini mencapai US$29,28 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi keenam.

7. Dogecoin (DOGE)

Siapa yang tidak kenal dengan koin kripto satu ini? Dogecoin melejit namanya setelah di pom-pom oleh pendiri Tesla dan SpaceX yakni Elon Musk. Dogecoin dibuat oleh Jackson Palmer seorang manager di Adobe Inc. sebagai sindiran kepada koin kripto.

Doge sendiri berjalan layaknya bitcoin dan Ethereum pada teknologi blockchain. Jaringannya menggunakan kriptografi untuk menjaga semua transaksi aman. Harga dogecoin per Senin (12/7/2021) pada pukul 20.55 WIB mencapai angka US$0.21.

Suplai bitcoin saat ini adalah 130,4 miliar. Dengan demikian, kapitalisasi bitcoin mencapai US$27,53 miliar atau merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi ketujuh diantara semua jenis koin kripto.

Nah, berikut tujuh valuasi koin kripto terbesar saat ini. Namun, dibandingkan berinvestasi pada instrumen koin kripto, lebih baik untuk membenamkan uang pada instrumen yang riil seperti saham.

Pada aplikasi investasi Ajaib kamu bisa berinvestasi pada saham-saham dengan potensi kenaikan yang lebih besar namun juga tetap stabil ke depannya. Tunggu apa lagi, investasi di Ajaib aja yuk!

Artikel Terkait