Universitas Swasta Terbaik 2019 dan Peluang Kerja Lulusannya

universitas swasta terbaik
universitas swasta terbaik

Pada hari Jumat (16/8/2019) Kemenristekdikti sempat mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah 17 Universitas Swasta Terbaik pada tahun 2019. Tentunya hal ini bisa bermanfaat untuk mendorong para pelaku pendidikan tinggi di Indonesia agar dapat memaksimalkan kualitas pendidikan bagi generasi muda Indonesia.

Kelebihan Universitas Swasta Terbaik

Mayoritas calon mahasiswa, memimpikan untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Namun demikian, bukan berarti bahwa PTS bukan pilihan yang bagus. Faktanya, saat ini Indonesia memiliki banyak sekali Pergurutan Tinggi Swasta. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik, tidak kalah dengan Universitas Negeri.

Ada beberapa alasan untuk memilih Universitas Swasta. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Lokasi

Banyak yang memilih universitas negeri untuk berkuliah dikarenakan biaya kuliahnya yang relatif lebih murah. Namun demikian, tidak jarang untuk dapat berkuliah di universitas negeri seorang mahasiswa harus pergi keluar kota, provinsi bahkan keluar pulau. Dimana biaya hidup bisa jadi membengkak. Oleh karena itu, memilih Universitas Swasta Terbaik yang ada di kotamu bisa jadi pilihan.

Peluang Diterima Lebih Besar

Persaingan masuk Universitas Negeri memang bisa dikatakan sangat berat. Apalagi dengan jalur SBMPTN. Pada tahun 2019 ini saja, dari 714.652 peserta SBMPTN hanya 168.742. Atau peluang rata-rata kelulusan SBMPTN adalah 1 : 6. Namun, untuk jurusan-jurusan favorit di universitas negeri favorit, persaingannya bisa lebih ketat lagi.

Apalagi, perlu stsrategi khusus agar bisa lolos SBMPTN. Bahkan mereka yang memiliki prestasi bagus di SMA, belum tentu bisa lolos SBMPTN. Sementara peluang untuk masuk Universitas Swasta jauh lebih besar daripada SBMPTN. Sehingga kamu bisa kuliah di jurusan yang sesuai minat dan bakatmu.

Tidak Kalah Berkualitas

Siapa bilang kalau universitas swasta selalu memiliki kualitas lebih rendah dari universitas negeri? Faktanya, ada banyak jurusan di universitas swasta yang memiliki akreditasi A, sementara jurusan yang sama memiliki akreditasi lebih rendah di universitas negeri. Oleh karena itu, sangat tidak tepat jika lulusan universitas swasta dicap kurang bermutu.

Faktanya, banyak Universitas Swasta yang telah bekerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri. Selain itu, banyak juga universitas swasta yang lulusannya banyak dicari oleh perusahaan. Yang pasti, jangan sembarangan memilih perguruan tinggi. Pastikan kamu mendaftar di Universitas Swasta Terbaik yang terdaftar dan berkualitas.

Daftar 17 Universitas Swasta Terbaik 2019

Berikut ini adalah 17 Universitas Swasta Terbaik 2019

  1. Universitas Telkom
  2. Universitas Islam Indonesia
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Universitas Katolik Parahyangan
  5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  6. Universitas Surabaya
  7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  8. Universitas Tarumanagara
  9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  10. Universitas Ahmad Dahlan
  11. Universitas Muhammadiyah Malang
  12. Universitas Sanata Dharma
  13. Universitas Trisakti
  14. Universitas Kristen Petra
  15. Universitas Islam Bandung
  16. Universitas Pancasila
  17. Universitas Katolik Soegijapranata

Ketujuh belas UNS tersebut menyediakan beragam program studi yang bisa dipilih para mahasiswa baru.

Prospek Lulusan Universitas Swasta Terbaik

Pada dasarnya, dibandingkan asal universitas, hasil pendidikan dan kepribadian umumnya lebih diutamakan oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan hanya mensyaratkan minimal IPK. Ada sebagian perusahaan yang mengharapkan lulusan universitas berkualitas, baik negeri atau universitas swasta terbaik. Namun yang paling penting lagi, adalah kualitas diri yang akan kamu presentasikan di depan HRD perusahaan. Itu yang akan menentukan peluang kerja tertinggi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait