Umroh Murah Backpacker, Bagaimana Legalitas dan Keamanannya?

umroh murah
umroh murah

Umroh ala backpacker adalah solusi bagi umat muslim yang ingin mengunjungi tanah suci namun terkendala biaya. Menunaikan ibadah umroh backpacker sering disebut umroh murah karena selisih biaya cukup jauh daripada yang ditawarkan agen tur dan travel. Harganya lebih ramah di kantong karena tidak dikenakan biaya jasa agensi yang mengurus berbagai keperluan kita.

Implikasinya, semua proses umroh kita kerjakan secara mandiri. Umroh mandiri, demikian biasa disebut, harus mengurus visa, tiket, penginapan, dan rute perjalanan secara pribadi. Meskipun kesannya ribet namun umroh mandiri cocok buat generasi milenial yang hobi melancong dan berjiwa petualang.

Umroh hemat ini memang menggiurkan untuk dicoba. Namun harus diakui pertanyaan soal legalitas dan keamanannya masih selalu terbayang di kepala. Jangan sampai kita malah dianggap wisatawan ilegal dan terciduk imigrasi sana. Belum lagi soal keamanannya umroh secara mandiri di Arab Saudi.

Legalitas Umroh Murah Backpacker

Umrah mandiri legal dan tidak melanggar peraturan selama mengantongi visa yang sesuai. Sejauh ini belum ada peraturan yang menyatakan jika umroh mandiri ilegal. Untuk milenial yang masih muda, berwawasan dan masih punya energi menyiapkan perjalanan sendiri tentu ini jauh lebih menarik.

Meski demikian, umroh harus dilengkapi dengan visa khusus umroh dan bukan visa ziarah. Pengajuan visa ini harus dilakukan sebelum berangkat melalui biro yang terdaftar sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Indonesia. Harap diingat jika pengajuan visa umroh tidak bisa dilakukan secara personal dan harus melalui biro.

Tips untuk kamu yang berniat pergi umroh mandiri, coba cari grup umroh backpacker di media sosial. Grup ini biasanya akan banyak memberikan informasi soal pengurusan visa umroh mandiri dan network yang dibutuhkan. Selain itu, kini juga makin banyak agendi yang memberangkatkan umroh mandiri. Hal ini salah satunya karena peminatnya semakin tinggi setiap tahun.

Keamanan Umroh Backpacker

Umroh dengan cara ini membuat kita bebas dari agenda kelompok sehingga jauh lebih fleksibel. Resikonya adalah tempat tinggal, kegiatan maupun keamanannya tidak terjamin oleh agen perjalanan ibadah. Misalnya kamu menginap di penginapan khusus backapcker maka barang-barangmu harus kamu jaga sendiri.

Kekurangan lain dari umroh murah ini adalah semua detail kegiatan yang harus kamu atur sendiri ini kemungkinan bisa mengganggu konsentrasi beribadah. Hal yang juga kerap dilupakan peserta umroh backpacker adalah kebutuhan pemandu atau muthowif. Pemandu sangat dibutuhkan jika kamu baru pertama kali melaksanakan umroh.

Biaya Umroh Backpacker

Umroh backpacker banyak diminati karena harganya jauh lebih murah. Selisih harganya bisa sampai Rp5 juta bahkan jika dibandingkan dengan promo umroh dari berbagai biro ibadah umroh. Kamu bisa berangkat ke tanah suci hanya dengan biaya sekitar Rp10 juta saja. Meskipun lebih murah, jumlah ini sebenarnya cukup besar apalagi buat kamu yang bergaji UMR.

Agar mimpi mengunjungi rumah Tuhan terealisasi, kamu bisa mengalokasikan dana untuk berinvestasi. Ajaib menyediakan paket investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dana besar di masa mendatang. Kebutuhan dana umroh yang kamu inginkan bisa menjadi target investasi untuk dipilih dan diterapkan bersama Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait