Emas

Modal Kecil Bisa Nabung Emas Lho, Ini Tipsnya!

cara investasi emas dengan modal kecil

Ajaib.co.id – Ada cara nabung emas dengan modal kecil yang bisa dilakukan, namun tetap mendapatkan keuntungan. Seperti apa caranya? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Dari dulu hingga sekarang, nabung emas selalu menjadi instrumen investasi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Hal ini karena beberapa kelebihan yang dihasilkan emas ketika dijadikan investasi dengan jangka waktu yang cukup lama.

Jika kamu memiliki emas yang dibeli pada beberapa tahun silam, harganya pasti akan meningkat jauh sekarang dibanding harga pada saat kamu membelinya.

Bagi seorang pemula yang ingin mencoba berinvestasi, emas bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Apalagi cara nabung emas dengan modal kecil bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih emas sebagai instrumen investasi dengan modal kecil. Nah, sebelum kamu mengetahui cara nabung emas dengan modal kecil, ada baiknya kamu memahami alasan mengapa harus memilih emas sebagai instrumen investasi.

Hal ini karena keuntungan yang dihasilkan emas sangatlah banyak. Ada beberapa hal yang membuat emas menjadi instrumen investasi yang paling direkomendasikan. Berikut kelebihan yang dihasilkan ketika kamu berinvestasi emas:

  • Harga emas akan terus meningkat karena permintaan emas di berbagai negara juga terus meningkat sehingga produksi emas yang belum mengimbangi permintaan tersebut akan menyebabkan harga terus meningkat.
  • Keberadaan emas yang tahan akan inflasi di setiap negara juga menjadikan emas sebagai pilihan dalam berinvestasi. Nilai mata uang yang terus tergerus karena inflasi tidak akan mempengaruhi nilai emas di beberapa tahun mendatang.
  • Sifat emas sebagai investasi yang mudah dicairkan atau disebut likuid juga menjadi alasan banyak diburu orang. Ketika kamu memiliki emas pada jumlah gram tertentu, kamu dapat menjualnya dengan mengikuti harga jual emas saat ini dan mendapatkan uang dari hasil jual secara langsung.
  • Investasi emas bisa dilakukan dengan modal kecil, di mana kamu dapat membeli emas di toko emas atau langsung melalui Antam dengan pembelian minimal yaitu 1 gram. Akan tetapi, di beberapa media online yang menyediakan investasi emas, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari 0,01 gram.

Di balik keuntungan besar yang bisa kamu dapatkan saat berinvestasi emas, ada kelemahan yang bisa membuat kamu rugi ketika berinvestasi emas. Berikut ini yang menjadi kelemahan dalam berinvestasi emas:

  • Risiko hilang yang dapat terjadi pada waktu tertentu ini biasanya jika kamu menggunakan emas juga sebagai perhiasan yang digunakan.
  • Risiko terjadinya tindak kriminal seperti emas yang kamu simpan di rumah dapat dibobol atau dimaling, jika tidak menyimpan emas dengan baik dan aman.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan kamu saat berinvestasi emas, ada baiknya untuk menyimpan emas di tempat yang aman. Jika kamu memiliki emas dalam jumlah banyak, tidak ada salahnya untuk membeli brankas sebagai tempat penyimpanan emas.

Setelah kamu meyakinkan diri untuk memilih emas sebagai media investasi, kamu bisa mengikuti beberapa tips dan cara investasi emas dengan modal kecil. Walaupun mencoba dengan modal kecil, bukan berarti keuntungan yang dihasilkan tidak besar. Kamu bisa mengikuti cara investasi emas dengan modal kecil berikut ini.

Investasi Emas Melalui Pegadaian

Selain sebagai lembaga penyedia pinjaman uang dengan jaminan barang, kini pegadaian juga menyediakan pembelian emas batangan untuk kebutuhan investasi. Bagi kamu yang ingin tahu cara investasi emas dengan modal kecil, Pegadaian bisa menjadi solusi.

Dengan menyediakan layanan investasi emas lewat program-program yang dibuat Pegadaian berikut ini kamu bisa mewujudkan impian untuk berinvestasi emas dengan modal kecil:

Membeli Emas Batangan secara Tunai

Investasi emas jenis ini memberikan kamu kesempatan untuk memiliki emas dengan langsung mendatangi cabang Pegadaian terdekat dan membawa uang tunai untuk membeli emas. Kamu bisa mempersiapkan sejumlah uang yang dapat membeli emas mulai dari 1 gram.

Membeli Emas Batangan secara Cicilan

Pegadaian juga memberikan cara untuk memiliki emas dengan cara mencicil. Dengan membayar uang muka sebesar 20% dari harga emas yang akan dibeli, lalu menentukan jangka waktu cicilan hingga 36 bulan.

Membeli Emas Batangan secara Kolektif

Layanan emas yang satu ini dapat kamu terima dengan cara kolektif yaitu mencari orang lain minimal 6 orang, lalu membayarkan uang muka senilai 20% dan dicicil hingga 36 bulan.

Investasi Emas melalui Tabungan Emas Digital

Kecanggihan teknologi membuat proses pembelian emas dapat dilakukan semakin mudah saat ini yaitu dengan tabungan emas. Sistem tabungan emas ini merupakan salah satu cara investasi emas dengan modal kecil. Di mana, kamu dapat membeli emas dengan harga senilai 0,01 gram atau lebih. Tergantung dengan modal yang kamu miliki.

Tabungan emas ini sifatnya tidak fisik atau bisa dikatakan emas digital. Kamu tidak perlu menyimpan emas di rumah karena nilai emas yang kamu investasikan di tabungan emas tidak ada fisiknya.

Akan tetapi, sistem perhitungan investasi ini mengikuti harga emas di pasaran. Ada beberapa platform yang menyediakan layanan tabungan emas baik secara online atau datang ke gerainya langsung.

Misalnya saja pada tabungan emas di Pegadaian, kamu bisa membuka tabungan emas di pegadaian dengan pembelian awal yaitu 0,01 gram. Akan tetapi, jika kamu membuka tabungan emas di Pegadaian, kamu tetap bisa merilis emas fisik ketika nilai emas yang diinvestasikan sudah genap nilainya seperti 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, dan seterusnya.

Kamu juga akan dikenakan biaya pembukaan rekening tabungan emas sebesar Rp55.000, namun mengikuti harga emas saat ini berupa biaya titip selama 1 tahun senilai Rp30.000, biaya materai Rp6.000, dan pembelian saldo awal yaitu emas senilai 0,01 gram Rp6.500 jika harga emas per gramnya Rp650.000, serta biaya administrasi senilai Rp12.000.

Selain Pegadaian, ada juga beberapa aplikasi online yang dapat kamu gunakan untuk berinvestasi emas secara digital. Dengan harga beli di awal sebesar 0,01 gram dan biasanya tidak membutuhkan biaya-biaya tertentu, menjadi langkah awal kamu untuk memulai investasi emas dengan modal kecil dan dapat menghasilkan keuntungan.

Nah, beberapa cara investasi emas dengan modal kecil ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin memulai investasi emas. Sebenarnya masih banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa berinvestasi emas, namun modal yang dibutuhkan pastinya tidak sedikit. Jadi, kamu tetap bisa berinvestasi emas dengan modal kecil.

Selain itu, ada juga instrumen investasi yang dapat kamu gunakan dengan modal kecil, salah satunya adalah investasi reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib yang merupakan media investasi online ini dapat membantu berinvestasi reksa dana dengan modal kecil.

Berinvestasi reksa dana juga dapat membantu kamu dalam merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait