Aplikasi Saham Online yang Aman & Tepercaya

Tips Memilih Aplikasi Saham Online yang Aman & Tepercaya
Tips Memilih Aplikasi Saham Online yang Aman & Tepercaya

Di era digital saat ini semua kemudahan sudah berada dalam satu genggaman. Tinggal klik barang yang kamu inginkan sudah bisa kamu dapatkan. Hal ini berlaku juga ketika kamu ingin memiliki saham. Gunakan aplikasi saham online untuk membeli saham yang kamu inginkan. 

Sebenarnya ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih aplikasi saham yang aman dan cocok untuk investor yang masih pemula. Di bawah ini, Ajaib akan memberikan kamu beberapa tips cara memilih aplikasi saham online untuk mulai berinvestasi.

Tips Memilih Aplikasi Saham Online

Memulai investasi dengan membeli saham menggunakan aplikasi saham online cukuplah mudah. Namun, maraknya aplikasi tersebut membuat kebanyakan orang bingung memilih aplikasi mana yang tepat untuk mengawali langkah baik ini. Wajar jika hal itu kamu alami saat ini. Di bawah ini adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan ketika ingin memilih aplikasi saham online.

#1 Pilih Aplikasi yang Terdaftar OJK

Pertama kamu harus perhatikan benar-benar apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar OJK atau belum. Hal ini perlu kamu perhatikan demi keamanan saat kamu akan mulai melakukan investasi saham. 

Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK tentu telah membuktikan kredibilitas serta akuntabilitas layanannya. Lembaga tersebut juga telah dipastikan aman dalam menjalankan layanan investasinya. 

Jadi, jika kamu ingin memulai investasi saham secara aman dan tepercaya, memilih aplikasi investasi yang telah terdaftar di OJK adalah suatu keharusan. Kamu bisa memulai berinvestasi menggunakan aplikasi saham online Ajaib yang jelas sudah terdaftar di OJK.

#2 Pilih Aplikasi yang Cocok untuk Investor Pemula

Bagi kamu investor pemula yang ingin berinvestasi harus memastikan bahwa aplikasi saham online yang kamu pilih bisa mempermudah kamu dalam melakukan investasi. Seperti aplikasi Ajaib yang sudah jelas didesain untuk investor pemula. Aplikasi Ajaib akan secara otomatis akan merekomendasikan reksa dana terbaik untuk kamu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot melakukan analisis. Kemudahan ini tentu akan membantu kamu saat akan melakukan investasi. Download aplikasinya sekarang dan mulailah berinvestasi dengan aman dan mudah.

#3 Melihat Rating & Ulasan di Google Play Store

Sebelum kamu melakukan penginstalan aplikasi saham perhatikan rating dan ulasan aplikasi tersebut di layanan konten digital seperti Google Play Store. Hal ini benar-benar perlu kamu perhatikan, jangan sampai kamu memilih dan menggunakan aplikasi saham yang memiliki rating dan ulasan yang kurang baik.

Menurut support.google.com “rating konten dan ulasan digunakan untuk menjelaskan tingkat kedewasaan konten aplikasi”. Jadi semakin tinggi rating dan ulasan, maka aplikasi tersebut tergolong aplikasi yang tepercaya.

Daftar Aplikasi Saham Online Terbaik

Setelah mengetahui beberapa tips memilih aplikasi trading saham online yang aman untuk digunakan. Hati-hati dalam memilih aplikasi saham, jangan sampai harapan kamu untuk berinvestasi pupus karena salah memilih aplikasi. Lalu, aplikasi apa saja yang cocok buat kamu para pemula?

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi saham online yang bisa kamu gunakan untuk melihat pergerakan saham maupun membeli saham dengan mudah.

#1 RTI Business

Aplikasi saham online yang satu ini menjadi salah satu aplikasi yang sering direkomendasikan untuk para investor dan trader saham. Di mana, dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan data dan informasi terbaru dari Bursa Efek Indonesia secara realtime.

Dengan aplikasi ini, investor dapat dengan mudah melakukan analisa fundamental, misalnya pada tab Financials, kamu bisa melihat gambaran kinerja perusahaan dalam 5 tahun terakhir mulai dari income statement, balance sheet, cash flow, earnings, profitability, hingga growth.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui detail transaksi saham tertentu pada hari tersebut dan histori pergerakan sahamnya dalam sebulan. Kamu juga bisa melihat berbagai jadwal aksi korporasi perusahaan, seperti dividen, right issue, RUPS, IPO, dan lainnya.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur simulasi trading saham, yaitu IDX Virtual Online Trading yang berguna bagi pemula dan ingin belajar dan berlatih investasi atau trading saham dengan mudah. Kenapa? Karena fitur ini mirip sekali dengan standar aplikasi dari perusahaan sekuritas, sehingga memberikan kamu pengalaman nyata seperti sedang melakukan transaksi sungguhan.

RTI Business juga memiliki fitu lainnya, seperti order book, buy, sell. order list, trade list, holdings (portfolio), account, dan notifikasi. IDX Virtual Online Trading memberikan virtual dana senilai Rp100 juta untuk modal awal.

#2 Nabung Saham Go

Bagi kamu yang belum pernah main saham sebelumnua, kamu bisa coba belajar investasi saham dengan cara yang unik, menyenangkan, dan nyaman, seperti saat bermain game. Nabung Saham Go, aplikasi yang dikreasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan bisa memberikan kamu pengalaman sesungguhnya dalam bermain saham. Setelah mendownload aplikasi ini, kamu bisa melakukan pendaftaran dan masuk ke permainan. Di mana, di awal permainan, kamu akan didemokan untuk memulai karir sebagai salaryman dengan pendapatan Rp2.000/10 detik dan akan diberi cash game senilai Rp100 juta. Cash game ini dapat ditingkatkan dengan cara transaksi saham, upgrade skill, dan menjawab quiz yang ada.

Di dalam game ini akan ada 10 saham yang bisa ditransaksikan dan perubahan harga otomatis terjadi setiap 1 menit dengan batas kenaikan 20 persen dan batas penurunan 10 persen. Ini dia kekurangan aplikasi Nabung Saham Go, di mana harga saham tidak mengikuti real market. Padahal, jika mengikuti real market, kita bisa belajar saham secara nyata.

Nah, namun pada aplikasi ini akan ada portofolio yang akan menampilkan laporan mengenai investasi saham yang sudah dimiliki dan disajikan lengkap dengan perhitungan profit/loss berdasarkan harga saham terakhir.

#3 Stockbit

Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar cara bermain saham dengan fitur virtual trading yang disediakan. Di sini, kamu bisa melakukan demo trading saham sesuai pergerakan data bursa saham Indonesia yang sesungguhnya. Kamu juga bisa melakukan investasi atau trading saham online secara real. Aplikasi ini bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas, jadi ketika kamu ingin melakukan real trading, kamu harus mendaftarkan diri kamu menjadi nasabah Sinarmas Sekuritas.

#4 Ajaib

Ajaib merupakan salah satu platform yang dapat membantu kamu melakukan transaksi jual beli saham dengan mudah, dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja secara online. Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi saham yang lainnya adalah aplikasi ini menggunakan bahasa dan istilah investasi yang mudah dipahami, meski bagi investor pemula. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siapapun investor, baik pemula maupun profesional.

Selain itu, bagi investor pemula yang masih belum memahami mengenai pasar saham dan perusahaan sekuritas lainnya, Ajaib menyediakan blog yang membahas mengenai dunia saham hingga update informasi mengenai pasar modal, harga saham, instrumen investasi, dan sebagainya. Nah, di Ajaib juga kamu bisa membuka rekening saham hingga memulai investasi sesuai dengan tujuan kamu bermain saham.

Bagaimana memilih saham yang cocok buat kamu? Ajaib punya banyak pilihan saham yang bisa kamu pilih dan juga bagian dari daftar saham pilihan manajer investasi terbaik. Sehingga, ketika kamu ingin memulai investasi di Ajaib, dana kamu akan dikelola dengan mudah dengan manajer investasi profesional dari Ajaib. Menarik bukan?

Sampai di sini masih ingin menunda untuk bermulai investasi? Yuk mulai cek Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk belajar dan memonitor investasi saham dengan musah. Jika ada pertanyaan, kamu dapat meninggalkan komentar melalui kolom di bawah ini dan selamat berinvestasi.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Pasar Modal. Bandung : Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait