Tips Keuangan untuk Mahasiswa Agar Sehat Finansial

tips keuangan untuk mahasiswa
tips keuangan untuk mahasiswa

Butuh tips keuangan untuk mahasiswa? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikan kiat dan tips keuangan untuk mahasiswa agar tidak kesulitan selama pendidikan

Perguruan tinggi adalah masa eksplorasi, pembelajaran, dan pertumbuhan. Ini juga saat ketika sebagian besar kehidupan keuangan kamu masih dalam roda pelatihan. Jika kamu masih tinggal di rumah orang tua, dua item keuangan terbesar kamu diselesaikan – kamar dan makan. Ini berarti kamu mengelola anggaran yang jauh lebih mudah daripada setelah kamu lulus.

Inilah saat-saat kamu dapat mengatur kebiasaan finansial yang baik yang akan membantu kamu dengan baik setelah lulus. Dan mungkin saja hingga kamu sudah menjadi orang tua.

Berikut adalah enam tips keuangan untuk mahasiswa agar dapat sehat finansial.

Mulai Membangun Kredit

Setelah kamu lulus, salah satu angka terpenting dalam hidup kamu adalah skor kredit kamu. Ini adalah angka tiga digit yang memberi tahu kreditor seberapa layak kamu mendapatkan pinjaman.

Di masa lalu, hanya bank dan perusahaan kartu kredit yang peduli.

Hari ini, siapa pun yang memberikan kredit apa pun akan peduli. Tuan tanah akan memeriksa kredit kamu karena memiliki hak untuk memilihmu menyewa tanahnya atau tidak.

Pengusaha memeriksa kredit kamu sebagai bagian dari pemeriksaan latar belakang. Jika kamu memiliki skor kredit yang buruk, atau tidak memiliki riwayat kredit, akan lebih sulit bagi kamu untuk mendapatkan banyak hal dalam hidup.

Dalam beberapa kasus, seperti pinjaman, kamu membayar lebih banyak. Dalam kasus lain, mereka mungkin menyangkal skor kredit kamu dan memberikan beban yang lebih besar lagi.

Mulai membangun kredit di sekolah. Dapatkan kartu kredit kamu sendiri atau minta orang tua kamu untuk menambahkan kamu sebagai pengguna resmi. Semakin awal memulai, semakin baik.

Hindari Utang Kartu Kredit

Utang kartu kredit dapat menahan kamu secara finansial selama bertahun-tahun, karena tingkat bunganya sangat tinggi. Jika kamu dapat menetapkan anggaran, membelanjakan lebih sedikit dari yang kamu hasilkan, dan menjauh dari utang kartu kredit bergulir, kamu akan jauh lebih maju dari rekan-rekan kamu.

Jika kamu melunasi tagihan kartu kredit kamu setiap bulan, kamu membangun kredit tanpa membayar bunga besar dan biaya keuangan. Membangun kredit tidak mengharuskan kamu memiliki saldo yang banyak di rekening kamu, namun riwayat kreditmu yang akan dijadikan bahan pertimbangan.

Jadi, jagalah riwayat kredit kamu untuk tetap stabil dan jangan lupa untuk tidak telat membayar tagihan yang mengatasnamakan kamu.

Buat Anggaran

Penganggaran adalah keterampilan hidup yang paling mudah ketika kamu memiliki dunia keuangan yang terbatas. Penganggaran adalah saat kamu membuat rencana pengeluaran dan tabungan.

Dengan rencana pengeluaran, kamu mencoba memperkirakan berapa banyak yang kamu habiskan setiap bulan dalam berbagai kategori. Seiring bulan berjalan, kamu melacak apa yang kamu lakukan terhadap anggaran kamu. Setiap uang yang tersisa masuk ke dalam tabungan.

Ada banyak cara untuk membuat dan melacak anggaran. Ada juga banyak alat gratis untuk membantu kamu melakukan ini dan kamu dapat mengunduhnya di toko aplikasi di smartphone kamu.

Tujuannya adalah untuk membiasakan diri membangun dan melacak anggaran kamu. Karena kehidupan finansial kamu sederhana, untuk saat ini, anggaran ini akan mudah diatur. Setelah kamu terbiasa, kamu bisa melakukannya setelah lulus ketika kamu memasuki dunia nyata.

Bangun Dana Darurat Kecil-kecilan

Dana darurat adalah dana yang bisa kamu andalkan di saat keadaan sedang kritis. Ketika kamu memiliki sedikit uang ekstra, letakkan ke arah dana darurat. Dana ini melindungi kamu jika kamu harus berurusan dengan keadaan darurat keuangan segera atau mendesak.

Saat kamu kuliah, keadaan darurat ini kecil. Seiring bertambahnya usia, kamu akan mendapatkan lebih banyak tanggung jawab, jumlah potensi darurat meningkat.

Misalnya, jika kamu memiliki mobil, kamu akan bergantung padanya untuk membawa kamu ke dan dari tempat kerja. Bagaimana jika kamu berencana pergi untuk mengendarainya suatu pagi dan ternyata mobil kamu mogok?

Atau ban kamu melindas paku saat perjalanan pulang malam sebelumnya? Meskipun kecil, ini adalah keadaan darurat yang tidak akan kamu perhitungkan dalam anggaran kamu.

Ini adalah saat dana darurat dapat masuk. Dengan dana darurat, kamu dapat menghindari biaya pinjaman pada kartu kredit. Kamu sekarang dapat membuat keputusan dari posisi keamanan finansial dan bukan dari kepanikan.

Pelajari Cara Berinvestasi

Menyimpan uang akan memulai usaha kamu, tetapi berinvestasi akan membuatnya tumbuh.

Membangun kekayaan membutuhkan belajar cara berinvestasi dan kamu dapat melakukannya dengan sangat sedikit hari ini.

Kamu adalah seorang mahasiswa yang mempelajari hal-hal baru lainnya tetapi dalam prosesnya, pelajari juga tentang tentang bagaimana investasi bekerja. Kamu akan tergoda oleh semua penasihat-robo dan investasi alternatif, tetapi hindari godaan itu karena menambah kompleksitas sebelum kamu siap.

Cukup pelajari tentang pasar, bagaimana dampak biaya investasi kamu, dan tetap konsisten selama beberapa tahun mendatang.

Selamat Bersenang-senang

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, ingatlah bahwa perguruan tinggi adalah waktu bagi kamu untuk mencoba hal-hal baru ketika kamu memiliki sangat sedikit yang dipertaruhkan.

Ingatlah untuk bersenang-senang dan lulus tanpa penyesalan. Jika kamu mengikuti tips keuangan sederhana ini, kamu tidak perlu khawatir tentang keuangan kamu ke depannya. Dan jadilah pintar dalam mengatur keuangan pribadimu, mulailah saat kamu baru lulus SMA dan kamu akan menjadi ahlinya saat kamu lulus dari kuliah. Hal ini sangat bermanfaat untuk kehidupanmu setelah kuliah.

Jadi, mana tips keuangan untuk mahasiswa yang akan kamu jalani terlebih dahulu?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait