Investor Pemula

8 Tips Investasi Emas Batangan Antam Bagi Pemula

Investasi emas menjadi salah satu tren yang tidak ada habisnya sejak zaman dahulu. Banyak orang percaya bahwa investasi ini bisa menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan, terutama investasi emas batangan PT Aneka Tambang (Antam). Tapi kapan saat yang tepat kamu mulai berivestasi. Apakah sekarang saat yang tepat untuk berinvestasi emas? Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh pemula yang baru ingin mencoba untuk investasi emas.

Ketika kamu sudah mengetahui kapan waktu yang tepat beli emas, hal berikutnya yang harus kamu tentukan adalah strategi membeli dan memilih emas. Di bawah ini adalah beberapa tips investasi emas batangan Antam yang bisa kamu tiru dan ikuti. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Karakter Emas

Karena sifatnya yang sangat lunak, maka dalam aplikasinya (perhiasan/batangan) emas logam mulia antam perlu dilebur dengan logam lain agar menghasilkan warna tertentu sesuai kebutuhan. Sebagai hasil peleburan tersebut, maka kita akan mendapatkan 2 perbedaan yaitu perbedaan warna dan nilai karat. Mengenai perbedaan warna, hasil peleburan emas dengan logam lain akan menghasilkan warna yang berbeda-beda.

Waktu dan Harga

Waktu terbaik untuk berinvestasi emas adalah ketika kita sudah mempunyai rencana keuangan yang jelas sebagai tujuan investasi emas. Selain itu, pada waktu tersebut kita telah mempunyai uang yang memang dialokasikan untuk investasi emas.

Pastinya emas adalah kategori investasi jangka panjang. Dalam artian emas cocok untuk mendukung rencana keuangan yang baru akan kita lakukan pada jangka waktu 1-2 tahun ke depan. Karena emas akan menunjukkan keperkasaannya pada rentang waktu minimal 1 tahun.

Sertifikat Resmi dan Asli Antam

Pastikan ketika kita membeli logam mulia emas batangan, kamu mendapatkan sertifikat Antam yang asli dan fisik emas batangan yang juga asli. Meskipun keduanya sangat sulit untuk dipalsukan, namun kehati-hatian tetaplah diperlukan. Jika berminat membeli lampu UV, harganya variatif, namun dengan uang Rp50.000 mestinya kamu sudah bisa mendapatkan lampu UV yang cukup bagus untuk melakukan pengecekan. Kamu juga bisa mengeceknya melalui aplikasi CertiEye.

Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, ada baiknya kamu menentukan terlebih dulu tujuan investasi kamu. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk mencapai tujuan investasi. Misalnya, kamu ingin berinvestasi untuk dana pendidikan anak 5 tahun ke depan, atau ingin berinvestasi untuk dana pensiun, dana darurat, dan sebagainya.

Menjual Kembali Emas

Pertama yang perlu kamu ketahui jika ingin melakukan penjualan kembali (buyback) emas batangan adalah mengetahui harga jual pasaran. Hal ini bisa mudah kita ketahui dengan menelusuri web logammulia, di sana terdapat buyback price. Harga tersebut bisa kamu jadikan patokan. Jika cocok dengan harga buyback Antam, kamu bisa langsung ke Antam untuk menjual kembali emas batangan kamu. Cara dan prosedurnya mirip seperti saat membeli emas batangan langsung di Antam.

Nabung Emas, Altrenatif Investasi Emas

Memulai investasi emas membutuhkan modal yang cukup banyak, apalagi per 31 Januari 2020 kemarin, harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk berada di level Rp690.000 per gram. Jumlah ini cukup besar untuk sebagian orang yang ingin berinvestasi. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk investasi emas adalah dengan menabung emas.

Menabung emas ini tidak perlu modal yang cukup banyak, mulai dari Rp100.000, kamu sudah bisa menabung emas. Pegadaian menjadi salah satu lembaga menabung emas yang bisa membantu kamu membeli emas batangan antam LM (logam mulia). Dengan menabung emas di Pegadaian, kamu bisa menentukan kapan emas itu bisa kamu cairkan dan cetak. Misalnya, ketika emas kamu sudah 10 gram, kamu bisa meminta Pegadaian mencetak emas tersebut dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk membeli mobil, rumah, biaya haji, umroh, menikah, asuransi kesehatan keluarga, liburan , pendidikan anak, dan sebagainya.

Investasi Emas vs Investasi Lain

Tak seperti saham dan mata uang kripto pada umumnya, menyimpan emas justru menghasilkan keuntungan. Karena mampu terhindar dari inflasi dan suku bunga tinggi, investasi emas bisa dibilang lebih aman dibanding instrumen investasi lainnya. Fluktuasi emas tidak se-ekstrem fluktuasi saham maupun mata uang kripto.

Sediakan Tempat Penyimpanan Emas yang Aman

Ketika kamu memilih untuk berinvestasi emas, berarti kamu harus menyediakan tempat penyimpanan emas yang aman dan tidak mudah untuk ditemukan oleh orang lain. Biasanya, seorang investor akan membeli deposit box untuk menyimpan emas batangan miliknya. Namun, harga deposit box cukup mahal dan harus kamu simpan di tempat yang sulit untuk dijangkau orang lain. Selain deposit box, kamu juga bisa menyewa dan menyimpan emas tersebut melalui Pegadaian. Dengan menyewa tempat di Pegadaian, biasanya kamu hanya akan dikenakan biaya sewa yang tidak terlalu besar dan dibayarkan per tahun.

Dalam berinvestasi emas batangan, sebaiknya kamu lakukan sendiri langsung tanpa melibatkan pihak ketiga. Kenapa? Karena bernvestasi emas itu mudah dan bisa kamu lakukan tanpa bantuan orang lain. Berapapun emas batangan antam, 1 kg atau hanya beberapa gram, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu harga emas batangan antam terbaru.

Nah, bagi kamu yang masih belum yakin bisa berinvestasi emas, kamu bisa memilih investasi lain yang juga aman seperti emas dan memiliki keuntungan yang cukup stabil. Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih dan memberikan kamu keuntungan besar dengan risiko yang tidak terlalu besar sepeti saham. Return yang diberikan investasi jenis ini juga lebih stabil, sehingga bisa membantu kamu mencapai tujuan investasi.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja secara online. Selain itu, dengan Ajaib kamu bisa menentukan tujuan investasimu dengan mudah, mulai dari dana pensiun, dana darurat, dana pendidikan, dana traveling, dan sebagainya.

Selain itu, dengan investasi reksa dana, kamu tidak perlu melakukan analisis secara mendalam mengenai perusahaan yang ingin kamu berikan dana. Karena, dengan memilih reksa dana, pengelolaan dana yang kamu simpan akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi yang kamu pilih, kamu hanya perlu memonitor dana tersebut dengan baik dan melihat berapa keuntungan yang kamu dapatkan dalam investasi tersebut.

Selain itu, dalam reksa dana pun ada beberapa jenis yang perlu kamu ketahui, mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, obligasi, dan sebagainya. Jadi, ketika kamu ingin berinvestasi, kamu harus menentukan terlebih dulu jenisreksa dana yang ingin kamu pilih. Di mana, jenis-jenis reksa dana ini memiliki risiko yang tinggi hingga besar. Ketika kamu memilih reksa dana dengan return tinggi, maka risiko yang kamu dapatkan pun tinggi, sedangkan ketika kamu memilih reksa dana dengan return rendah, maka risikonya pun juga rendah. Jadi tunggu apalagi? Sisihkan uangmu sekarang dan mulai berinvestasi emas sekarang juga!

Bacaan menarik lainnya:

Sartono, Agus. (2010). Manajemen keuangan : Teori dan Aplikasi, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait