Terbaru, Inilah Harga Tabung Gas LPG 12 Kg & Keuntungannya!

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan liquefied petroleum gas atau yang disingkat dengan LPG. Ini merupakan salah satu jenis bahan bakar yang digunakan oleh masyarakan Indonesia, sebagai pengganti kompor yang menggunakan minyak tanah.

Di Indonesia, selain kemasan 3 kg, ada pula tabung gas 12 kg, yang saat ini ditawarkan dengan harga rara-rata di angka Rp200 ribuan dalam kondisi kosong.

Perlu kamu tahui, pada tahun 2013 lalu, Pertamina meluncurkan produk LPG 12 kg dengan merek Bright Gas. Elpiji 12 kg terbaru ini diklaim memiliki keunggulan dibandingkan elpiji 12 kg konvensional yang berwarna biru.

Keunggulan pertama LPG Bright Gas 12 kg adalah memiliki dua katup pengaman, sehingga bisa menambah tingkat keamanan tabung dan mencegah kebocoran gas. Produk ini memiliki teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) dan fitur keamanan segel resmi Pertamina yang menjamin kualitas maupun isi LPG di dalam tabung.

Harga Tabung Gas LPG Kg

Jika kamu ingin berganti dari tabung gas 3 kg ke tabung gas 12 kg, tidak sulit menemukan penjual yang menawarkan tabung gas kosong di pasaran. Di beberapa situs jual beli online harga tabung gas LPG 12 kg bekas bekas saat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp150 ribuan-Rp225 ribuan.

Sementara, untuk harga tabung gas 12 kg kosong dalam kondisi baru, sekarang dijual di kisaran harga Rp250 ribu hingga Rp300 ribuan per tabung.

Keunggulan Menggunakan LPG

LPG merupakan gas hidrokarbon produksi dari kilang minyak dan gas dengan komponen utama gas propane (C3H8) dan butane (C4H10). Di Indonesia, LPG digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. 

Konsumen LPG bervariasi, mulai dari rumah tangga, kalangan komersial (restoran, hotel), hingga industri. Di kalangan industri, LPG digunakan sebagai bahan bakar di industri makanan, keramik, gelas, serta bahan bakar forklift. Selain itu, LPG juga bisa digunakan sebagai bahan baku pada industri aerosol serta refrigerant ramah lingkungan.

Dibandingkan dengan bahan bakar lain, penggunaan LPG diklaim lebih menguntungkan, karena beberapa alasan, di antaranya:

1. Hasil pembakaran LPG lebih bersih dengan tingkat emisi yang rendah.

2. Pembakaran LPG menghasilkan nilai kalori yang tinggi dan stabil.

3. LPG dapat didistribusikan ke daerah manapun menggunakan skid tank, hingga ke daerah yang jauh dari supply point. Pada tekanan atmosfer, LPG memang berbentuk gas, tetapi untuk kemudahan distribusinya, bentuknya diubah menjadi cair dengan memberi tekanan. Dengan bentuk cair ini, LPG menjadi lebih mudah didistribusikan dalam tabung ataupun tangki.

4. Cocok untuk produk yang sensitif dalam hal bau. Hasil pembakaran LPG tidak meninggalkan bau, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar ataupun bahan baku untuk industri yang produknya sensitif terhadap bau.

5. Penggunaan gas ini akan ikut menunjang tuntutan dunia akan penggunaan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan.

Itulah harga tabung gas 12 kg terbaru. Ketika sudah mengetahui harga dan keunggulannya, jangan sampai kamu tergiur harga murah. Karena saat ini banyak beredar tabung gas palsu yang bisa menyebabkan kecelakaan tabung rusak maupun meledak. Ini tentu merugikan kamu bukan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait