Saham

Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi Perlu Tetap Ada

tempat jual beli saham

Ajaib.co.id – Jika kamu bertanya: di manakah tempat jual beli saham dan obligasi? Jawabannya adalah: Biasanya di Bursa Efek, atau disebut juga dengan Pasar Modal. Bursa Efek di Indonesia ada beberapa, yang paling populer di antaranya adalah Indonesia Stock Exchange (IDX), atau nama jadulnya: Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diresmikan pada 10 Agustus 1977 dan punya perwakilannya di kota besar lain yaitu: Bursa Efek Surabaya (BES), atau disebut juga Surabaya Stock Exchange (SSX) dan Bursa Efek Indonesia perwakilan Medan.

Tempat jual beli saham dan obligasi yang paling populer dan selalu dijadikan kiblat perdagangan saham secara global di antaranya adalah: London Stock Exchange, Hong Kong Stock Exchange, Euronext Stock Exchange, Shanghai Stock Exchange,Tokyo Stock Exchange, Nasdaq, dan New York Stock Exchange.

Fungsi Bursa Efek bagi Pengusaha, Investor dan Masyarakat Selain Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi

Sumber Pendapatan Negara

Melalui pajak menjadi sumber pendapatan Negara. Dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham dan setiap transaksi di bursa efek akan dikenakan pajak, dan diatur berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf g Undang-Undang PPh.

Penghimpun Dana

Melalui penerbitan obligasi dan penjualan saham, akan jadi sarana bagi negara dan perusahaan untuk menghimpun dana dari masyarakat. Menjual saham ke bursa efek melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek Indonesia adalah cara perusahaan mendapatkan dana, begitu juga penerbitan obligasi berupa Corporate & Government Bond oleh Pemerintah.

Instrumen Investasi

Alternatif sarana/instrumen bagi investor untuk melakukan investasi dengan sejumlah dana di Bursa efek. Aset yang dimiliki bisa dengan mudah dipindahkan dari suatu perusahaan ke perusahaan lain untuk memperoleh keuntungan oleh para Investor.

Pendorong Produktivitas

Dengan adanya bursa efek, dunia investasi memiliki pendorong perkembangan yang membantu masalah modal kerja bagi pengembangan usaha, baik itu milik pemerintah maupun perusahaan, sehingga produktivitas berbagai perusahaan akan semakin meningkat.

Indikator Pertumbuhan

Seluruh aktivitas dan volume perdagangan di bursa efek memberikan pedoman bahwa aktivitas dunia usaha berjalan dengan baik dan menjadi indikator pertumbuhan perekonomian negara.

Sarana Pemerataan Pendapatan

Keuntungan yang diperoleh perusahaan yang menerbitkan saham akan diberikan dividen kepada para pemilik saham tersebut melalui pasar modal. Maka, penjualan saham melalui pasar modal dapat dianggap sebagai sarana untuk pemerataan pendapatan.

Menciptakan Lapangan Kerja

Industri lain yang berdampak sangat signifikan terhadap terciptanya peluang lapangan kerja baru dapat terdorong muncul dan berkembang berkat adanya Bursa Efek.

Surat-surat Berharga (Efek) yang Diperdagangkan di Bursa Efek

Saham

Ini adalah surat berharga yang menjadikan pemiliknya sebagai pemilik perusahaan, dan disebut juga sebagai pemegang saham (shareholder atau stockholder). Ada 2 macam saham yaitu:

  • Saham preferen (preferred stock) – saham jenis ini memiliki hak terlebih dahulu untuk menerima laba dan memiliki hak laba kumulatif. Hak untuk mendapatkan laba yang tidak dibagikan pada suatu tahun yang merugi, tetapi akan dibayar pada tahun mengalami keuntungan disebut Hak Kumulatif.
  • Saham biasa (common stock) – adalah jenis saham yang baru akan menerima laba setelah laba saham preferen dibayarkan. Bahkan, apabila perusahaan bangkrut, pemegang saham biasa inilah yang akan menderita terlebih dahulu dan paling merugi.

Obligasi

Surat pernyataan utang dari si penerbit surat terhadap pemegang surat di dalam pasar modal disebut dengan Surat Obligasi. Penerbit obligasi adalah pihak yang berutang, sementara pemegang obligasi adalah pihak yang berpiutang. Data tentang jatuh tempo pembayaran utang, beserta bunganya (kupon) yang menjadi kewajiban penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi dituliskan di dalam obligasi. Di Indonesia umumnya jangka waktu obligasi yang berlaku 1 – 10 tahun. Penerbitan obligasi juga bertujuan menghimpun dana dari masyarakat, sebagai sumber pendanaan bagi kinerja bisnis sebuah perusahaan, ataupun dalam konteks Pemerintah adalah sebagai sumber pendanaan untuk membiayai sebagian defisit anggaran belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Selain 2 yang paling populer di atas, ada pula jenis surat berharga (Efek) lain seperti: Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif, Kontrak Berjangka atas Efek, dan setiap derivative dari Efek.

Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi Online

Saham dan obligasi adalah investasi yang potensial namun sayangnya masih sedikit masyarakat Indonesia menggelutinya. Mungkin karena tingkat literasi keuangan tentang bursa efek dan saham masyarakat Indonesia masih rendah dibanding perbankan, asuransi, pembiayaan, gadai dan dana pension (sumber: survei literasi OJK).

Jika tradisi sebelumnya memang di Bursa Efek, saat ini tempat jual beli saham dan obligasi sudah bisa dilakukan di situs-situs online, yang menjadi cara termudah untuk melakukan investasi saham bagi pemula. Sebagai investor milenial, kamu bisa menghemat waktu dengan jual- beli saham via online menggunakan smartphone ataupun laptop, biaya lebih murah, dan lebih cepat dalam melakukan transaksi saham. Meskipun aplikasi jual-beli saham via online sudah umum digunakan para broker dengan banyak fitur kemudahannya, masih banyak investor pemula yang khawatir memulainya.

Berikut ini adalah persiapan dan langkah-langkah mudah berjual-beli saham via online, yang bisa diikuti oleh investor milenial:

  1. Pilih broker saham
  2. Buka rekening saham
  3. Buka rekening dana nasabah
  4. Setor modal
  5. Transaksi jual-beli saham online

Jika kamu penasaran dengan jenis-jenis aplikasi trading saham online untuk pemula yang sudah resmi terdaftar di OJK, dan ingin mencoba belajar melakukannya sendiri, berikut ini adalah pilihannya:

  • Stockbit
  • Ipotultima dari Indopremier
  • Most dari Mandiri Sekuritas
  • BNI Sekuritas
  • Mirae Sekuritas

Aplikasi-aplikasi di atas ini memberikan kesempatan cara trading saham online gratis dengan simulasi dan trial. Kamu baru perlu membayar saat mulai benar-benar melakukan trading jual-beli saham di Bursa Efek Indonesia.

Peran Lebih Dari Sekedar Tempat Jual-Beli Saham dan Obligasi

Meski online trading jauh lebih murah dalam hal deposit modal dan biaya transaksi trading, kekurangannya pun tetap ada, yaitu ketidakstabilan koneksi internet dan gangguan sistem bisa mengakibatkan kamu tak bisa melanjutkan beronlinetrading. Bagi seorang investor jangka panjang, hal itu nggak jadi masalah, tetapi bagi Trader harian itu sangat merugikan karena bisa menghilangkan banyak peluang keuntungan. Maka Bursa Efek masih memiliki fungsi besar sebagai basis bagi kegiatan offline trading, di mana kamu bisa menggunakan cara mudah dengan menghubungi broker kamu dan memintanya menghandle semua kebutuhanmu untuk bertransaksi saham. Di samping itu, selain sekedar tempat jual-beli Saham dan Obligasi, Bursa Efek Indonesia juga aktif mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal yang melahirkan pelaku-pelaku pasar baru yang andal, yang akan terus menghidupkan dunia pasar modal Indonesia.

Nggak ada lagi yang perlu kamu ragukan untuk memulai karirmu sebagai investor saham milenial, apakah mau via online ataupun mager di BEI. Tetapi, jangan lupa untuk selalu minimalkan resikonya dengan mendiversifikasikan portofoliomu ke dalam investasi yang berisiko lebih rendah seperti investasi reksa dana di Ajaib yang berintegritas, fleksibel dan menguntungkan dengan aplikasi mudah, menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan. Ajaib tetap jadi pilihan cerdas untuk kaum milenial!

Bacaan menarik lainnya:

Halim, A. (2005). Analisis Investasi. Jakarta: Alfabeta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait