Harga Tabung Gas 12 Kg Resmi Lebih Mahal Ketimbang Oplosan

Teliti Membeli, Harga Tabung Gas 12 Kg Resmi Lebih Mahal Ketimbang Oplosan
Teliti Membeli, Harga Tabung Gas 12 Kg Resmi Lebih Mahal Ketimbang Oplosan

Tabung gas elpiji merupakan salah satu kebutuhan hidup bermasyarakat, untuk masyarakat bawah biasanya akan menggunakan tabung gas 3Kg, namun masyarakat menengah atas akan memilih tabung gas 12 Kg. Berapa harga tabung gas 12 kilogram saat ini?

Seperti diketahui, harga gas elpiji 3 kg disubsidi pemerintah, karena itu harganya jauh lebih murah. Sementara gas 12 kg dijual tanpa subsidi. Di mana, harga tabung gas elpiji kosong mencapai Rp400.000.

Hati-Hati Tabung Gas Palsu

Namun, ketika membeli tabung gas elpiji kosong, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, di luar sana, ada banyak tangan jail yang menjual tabung gas oplosan dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya, harga tabung gas 12 kg yang oplosan di bawah Rp200.000. Sangat menggiurkan bukan bagi orang yang belum tau harga pasarannya?

Ketika Anda membeli tabung gas elpiji kosong, pemeriksalah terutama pada bagian tutup tabung yang bersegel. Tabung gas resmi milik pertamina memiliki tutup yang dilengkapi oleh barcode.

Tabung gas elpiji dengan barcode bisa kamu cek dan scan keasliannya menggunakan ponsel pintar dan akan menunjukkan tempat pengisian. Tentunya, sebagai masyarakat yang cerdas, Anda harus jeli membedakan tabung gas elpiji yang resmi dan yang dioplos. Dan perlu diketahui, pengisian tabung gas oplosan tidak sesuai prosedur dan standar dari Pertamina meski dijual dengan harga murah. 

Harga Resmi Tabung Gas

Sebagai informasi tambahan, harga pembelian di agen dan pangkalan resmi Pertamina menggunakan harga resmi. Untuk elpiji 3 kg menggunakan Harga Eceran Tertinggi (HET) resmi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat yaitu Rp16.500 per tabung. 

Sedangkan untuk isi ulang elpiji 12 kg (tabung biru) seharga Rp139.000 per tabung, Bright Gas 12 kg seharga Rp141.000 per tabung, Bright Gas 5,5 Kg seharga Rp65.000 dan elpiji 50 Kg seharga Rp593.000 per tabung.

Untuk mengetahui agen dan pangkalan resmi LPG Pertamina, kamu bisa menghubungi Contact Pertamina di nomor 1500 000 atau mengenalinya melalui papan nama yang terpasang. Contact Pertamina juga menyediakan layanan antar Bright Gas langsung ke rumah kamu, jadi kamu tidak perlu repot lagi membawa gas ke rumah. Dengan layanan seperti ini, Pertamina mengharapkan masyarakat bisa mengakses agen atau pangkalan resmi LPG Pertamina lebih mudah.

Bahaya Tabung Oplosan

Meski murah, tabung oplosan merupakan tindakan yang sangat berbahaya. Pembukaan dan penyuntikkan tabung gas secara paksa yang tidak sesuai prosedur aman bisa berakibat terjadinya insiden. Hal ini sangat berisiko baik untuk pelaku dan pengguna selanjutnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pertamina menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan adanya tindakan yang dicurigai sebagai penyalahgunaan di sekitar. Laporan bisa disampaikan ke pihak kepolisian terdekat untuk mendapat penanganan sesuai prosedur.

Dukungan masyarakat yang mewaspadai lingkungan sekitarnya tentu sangat membantu kepolisian dalam menindak para pelaku penyalahgunaan LPG seperti ini. Sekali lagi, pengoplosan sangat berbahaya baik bagi para pelaku maupun masyarakat umum sebagai pengguna selanjutnya,” papar Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati, dikutip dari laman resmi Pertamina.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, diharapkan kamu bisa lebih berhati-hati ketika memebeli ya. Jangan sampai harga yang murah justru membahayakan keselamatan kamu dan keluargamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait